Keindahan Tempat Wisata di Kabupaten Kolaka Timur yang Memanjakan Mata

Diposting pada

Sulawesi Tenggara memiliki daerah yang menyimpan pesona alam yang begitu cantik dan sangat sayang kalau Anda tidak pernah mengunjunginya saat liburan panjang tiba. Kolaka Timur merupakan salah satu daerah di Sulawesi Tenggara yang keindahan alamnya tidak bisa dinikmati hanya sehari 2 hari saja.

Bagi Anda yang belum memiliki rencana liburan mendatang, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Kolaka Timur yang indah dan memanjakan mata. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa Anda masukan ke dalam catatan liburan Anda.

1. Puncak Ostar


Puncak Ostar adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Kolaka Timur yang berada di Desa Simbune, Kecamatan Tirawuta yang tidak pernah sepi dengan pengunjungnya, apalagi kawula muda-mudinya. Saat Anda memasuki wilayahnya, udaranya sangat segar dan sejuk karena di sekelilingnya terdapat hutan-hutan pinus yang membentang luas.

Saat Anda berada di atas Puncak Ostar, mata Anda akan dimanjakan dengan pesona alamnya yang indah. Bisa dilihat dari atas, jalanan Kolaka Raterate yang terlihat begitu asrinya karena di kelilingi dengan pegunungan yang penuh dengan pohon-pohon yang rindang. Terdapat tanah perkemahan untuk Anda yang ingin menginap. Untuk tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 10.000 saja per orang.

2. Taman Rekreasi Puncak Mowewe


Anda yang tidak bosan melihat pesona bukit yang hijau, bisa berkunjung ke Taman Rekreasi Puncak Mowewe yang terletak di Mowewe, Kolaka Timur. Meskipun baru saja diresmikan, tetap saja sudah banyak pengunjung yang penasaran dengan pemandangan yang disuguhkan dari Puncak Mowewe ini.

Udaranya yang sejuk dan menyegarkan bisa menjadi suasana yang cocok untuk Anda yang ingin melepas lelah dan stress dari hiruk pikuk bisingnya kota. Di sekelilingnya Anda akan melihat panorama gunung yang cantik. Terdapat warung makan kalau Anda terasa lapar dan toilet jika Anda ingin MCK. Untuk tiket masuknya sendiri masih sukarela atau belum ada patokan harga yang diberikan.

3. Gunung Mekongga


Bagi Anda yang suka mendaki gunung, pilihlah tempat wisata di Kabupaten Kolaka Timur, Gunung Mekongga sebagai lokasi pendakian Anda. Nama Mekongga sendiri berasal dari seekor burung raksasa, yakni Kongga. Karena burung tersebut meresahkan masyarakat sekitarnya, maka seorang bangsawan berani membunuh burung Kongga. Untuk mengenang jasanya, maka daerah ini diberi nama Mekongga.

Pendakian pertama perlu Anda lakukan mulai dari Dusun Surolako, Desa Rantebaru. Siapkan bekal minum dan makanan yang cukup karena Anda membutuhkan waktu 5 hari untuk sampai di puncaknya. Untuk tiket masuknya, sebenarnya Anda membayar untuk tour guidenya sekitar Rp 300.000.

4. Baros Farm House

Tempat wisata di Kabupaten Kolaka Timur selanjutnya dan cocok untuk Anda yang membawa buah hati yaitu Baros Farm House. Baros merupakan salah satu lokasi permandian yang berada di Desa Tawainalu, Kolaka Timur. Ketika Anda melihat airnya, warna airnya sangat jernih dengan warna kebiruannya.

Suasananya juga terasa alami karena di sekelilingnya terdapat pepohonan yang indah. Anda yang ingin menginap bisa langsung menyewa villa-nya dengan berbagai ukuran. Atau bagi Anda yang suka menyanyi bisa menyewa karaoke family yang harganya terjangkau. Ada juga wahana permainan air dan garden kids untuk anak-anak.

Tiket masuknya Rp 30.000 untuk orang dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak.

5. Hutan Pinus Sorombipi


Salah satu keindahan alam yang sayang sekali untuk Anda lewatkan yaitu Hutan Pinus Sorombipi yang berlokasi di sebelah kanan Kantor Bupati Koltim. Karena terletak di sana, tidak heran kalau tempat wisata di Kabupaten Kolaka Timur ini sangat mudah ditemukan.

Ketika Anda memasuki kawasannya, Anda akan langsung disuguhkan dengan pesona vegetasi pinus yang membuat hawa sekitarnya menjadi menyejukkan dan segar. Anda bisa beristirahat di gazebo dan hammock yang sudah pengelola sediakan. Tanah perkemahan pun juga sudah tersedia bagi Anda yang ingin menginap. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 saja per orang.

6. Pantai Mandra


Pantai Mandra merupakan ikon dari wisata di Kolaka. Nama pantai itu pun diambil secara unik karena berasal dari nama artis yang sangat terkenal di daerah tersebut pada tahun 1990, yakni Mandra. Pantai yang terletak di Kelurahan Lamokato, Kolaka ini tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat pagi hari yang ingin melihat matahari terbit dan sore hari saat melihat matahari terbenam.

Di pantai ini Anda juga dapat menikmati aneka keseruan, seperti bermain di tepi pantainya dengan ombaknya yang tenang atau berwisata kuliner di pinggiran pantainya. Banyak restoran di sekitar pantai ini yang menyajikan seafood yang lezat. Anda yang penasaran bisa langsung saja ke sini tanpa membayar tiket masuk apapun. Hanya saja membayar parkir sekitar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

7. Pulau Padamarang


Pulau Padamarang merupakan tempat wisata di Kabupaten Kolaka Timur yang pesonanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Meskipun begitu, pulau ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan, sehingga tidak terlihat sampah dan masih tertata rapi lingkungannya.

Di sini Anda disuguhkan pasir pantainya yang dipadukan dengan air lautnya yang jernih seperti kristal. Anda yang suka snorkerling dapat menikmati terumbu karangnya yang indah. Jangan lupa cicipi kulinernya yang berada di pinggiran pantainya yang harganya terjangkau. Anda akan dikenakan biaya Rp 50.000 untuk memasuki pulau ini.

8. Pantai Pitura


Tidak bosan-bosannya melihat pemandangan pantai yang penuh dengan pesona eksotisme seperti di Pantai Pitura yang berada di Kecamatan Watubangga. Pantainya memiliki pasir yang berwarna cokelat dan terbentang sangat luas, sehingga Anda bisa puas-puas bermain bola kaki atau voli di sini.

Anda yang ingin berenang tidak perlu khawatir dengan kondisi ombaknya karena tidak terlalu besar, sehingga cukup aman untuk dipakai berenang. Hawa udara khas pantai akan semakin menyegarkan karena di sekeliling pinggiran pantainya terdapat pepohonan yang rindang dan hijau. Pantai yang indah ini tidak akan dikenakan biaya tiket masuk saat Anda ingin menikmati semua pesonanya.

9. Air Terjun Uluiwoi


Air Terjun Uluiwoi menjadi tempat wisata di Kabupaten Kolaka Timur yang sangat tepat dikunjungi kalau Anda ingin terhindar dari keramaian kota. Sebagai surga tersembunyi di Kolaka Timur, air terjun ini berada di tengah hutan di area Desa Likuwalanapo, Uesi, Kolaka Timur. Untuk ke sini, membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam. Jadi, Anda harus membutuhkan banyak bekal makan, apalagi minuman karena akan melewati jalur hutan yang cukup jauh.

Tapi setelah sampai di tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan air terjunnya yang mempesona. Airnya yang dingin dan menyegarkan sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas lelah setelah berjalan jauh melewati hutan. Lokasinya yang berada di tengah hutan juga membuat suasananya terasa sangat alami dan sejuk.

Tidak ada fasilitas warung makan atau toilet di sini, sehingga Anda harus benar-benar mempersiapkan diri sebelum berjalan ke sini. Tidak ada biaya apapun saat memasuki wilayah objek wisata ini.