Keindahan Tempat Wisata di Kabupaten Jeneponto yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Diposting pada

Bosan dengan tujuan traveling yang hanya itu-itu saja? Kecewa karena tujuan wisata kurang disukai? Kini anda tidak perlu khawatir, karena terdapat begitu banyak keindahan yang bisa anda temui di tempat wisata di Kabupaten Jeneponto. Mulai dari keindahan alam yang masih asri, kuliner yang akan membuat pengunjung ketagihan, hingga pesona sejarah yang menarik anda ikuti.

Kabupaten Jeneponto sendiri merupakan wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Berkunjung di suatu tempat yang masih asri menjadi obat yang bisa menyegarkan pikiran setelah terlalu banyak penat karena rutinitas sehari-hari. Adapun untuk melengkapi wisata anda, kabupaten Jeneponto juga menyajikan berbagai tempat wisata yang bervariasi di bawah ini.

1. Wisata Danau Bulu Jaya


Salah satu pesona yang dimiliki oleh sebuah danau adalah airnya yang bersih. Hal ini lah yang dimiliki oleh wisata Danau Bulu Jaya. Terletak di Desa Bulu Jaya, danau tersebut termasuk salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Jeneponto yang sering dikunjungi. Bagaimana tidak, pengunjung akan dimanjakan dengan air danau yang bersih ditambah lagi dengan pemandangan sekitar yang menyegarkan mata.

2. Wisata Pantai Tamarunang


Pantai Tamarunang merupakan salah satu pantai yang menjadi unggulan tempat wisata di Kabupaten Jeneponto. Terletak di tamarunang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, para pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan laut luas dengan ombak yang bersahabat. Kalau anda hendak berkunjung di pantai Tamarunang tersebut, sebaiknya anda pilih waktu sore hari saat tidak terlalu panas.

3. Wisata Pantai Karsut


Sebagai wisata alam berupa pantai, Pantai Karsut memberikan pelayanan kepada pengunjung yang tidak biasa. Para pengunjung akan diperbolehkan memasuki wilayah pantai dengan gratis, dan hanya dikenakan biaya apabila menggunakan wahana yang tersedia di dalam area pantai. Juga terdapat villa kecil yang bisa digunakan pengunjung yang ingin bermalam di pantai ramah di Bulusibatang tersebut.

4. Wisata Air Terjun Tama’lulua


Selain memiliki wisata pantai yang memukau, kabupaten Jeneponto tersebut juga menyajikan berbagai wisata air terjun yang tidak kalah memukau, salah satunya adalah Air Terjun Tama’lulua. Apalagi kalau anda termasuk orang yang suka dengan spot foto yang bagus, maka wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Adapun lokasi wisata tersebut terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia.

5. Wisata Batu Siping


Keindahan destinasi wisata yang berada di Kabupaten Jeneponto ini seolah tidak terbatas. Termasuk destinasi wisata Batu Siping yang berada di Desa Garassikang. Merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Jeneponto yang paling disukai karena terdapat batu yang berbentuk unik sehingga membuat banyak orang penasaran. Tidak hanya itu, juga terdapat banyak spot yang bagus yang memanjakan.

6. Wisata Pulau Libukang


Selain terkenal dengan keindahannya, Pulau Libukang juga menjadi tempat wisata di Kabupaten Jeneponto yang memiliki nilai sejarah. Di pulau tersebut, anda bisa menemukan Puang Hawang, yang merupakan salah satu makam leluhur warga Pulau libukang. Sehinga, masih terdapat tradisi yang bernama nyekar yang dilakukan di pulau tersebut pada bulan puasa.

7. Wisata Pantai Ujung


Nah, untuk bisa masuk ke lokasi area Pantai Ujung, pengunjung harap menyiapkan Rp 5.000,00 saja. Biaya masuk yang cukup murah mengingat pengunjung akan disajikan dengan pemandangan pantai yang tak terlupakan. Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Ujung, anda menuju ke Perbatasan Jeneponto-Bantaeng, Desa Ujung Timur, Kabupaten Jeneponto.

8. Wisata Pantai Biringkassi


Menikmati keindahan pantai bersama orang terdekat sudah biasa. Tetapi, di Pantai Biringkassi ini, anda bisa menikmati pantai sekaligus jalan-jalan di jembatan panjang yang mengesankan. Menjadi spot yang bagus untuk berfoto dan tentunya untuk melepas penat karena rutinitas sehari-hari. Untuk mencapati lokasi pantai, anda bisa menuju Jalan HV Worang, Kecamatan Binamu.

9. Wisata Air Terjun Tuang Loe


Kalau anda ingin menikmati suasana alam secara langsung, maka anda harus berkunjung di air terjun Tuang Loe ini. Air bersih dan lingkungan sekitar yang masih asri akan membuat anda betah dan tidak ingin pulang. Curah air terjun yang cukup tinggi juga cocok untuk area berfoto. Adapun air terjun Tuang Loe ini berada di Desa Datara, Kabupaten Jeneponto.

10. Wisata Makam Raja-raja Binamu


Seperti yang disebutkan di awal, bahwa Kabupaten Jeneponto memiliki pesona yang bervariasi, dan makam Raja-raja Binamu ini akan membawa anda ke masa lalu. Terletak di Botoramba, Kabupaten Jeneponto, wisata yang satu ini memiliki nilai sejarah yang kental. Konon, makam tersebut sudah berusia ratusan tahun, dengan ciri khas pohon Asam yang meneduhi makam tersebut.

11. Wisata Pantai Garassikang


Tidak banyak pantai yang memiliki pemandangan yang se-eksotis Pantai Garassikang ini. Terletak di Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Pantai Garassikang merupakan pantai yang memiliki pemandangan eksotis karena keberadaan gugusan bebatuan yang akan membuat anda terpesona. Bahkan bisa dikatakan sebagai lokasi yang bagus sekali untuk mengambil foto maupun video.

12. Wisata Bukit Bossolo


Tempat wisata yang tidak kalah populer di Kabupaten Jeneponto adalah Bukit Bossolo. Dari atas bukit, para pengunjung akan disajikan panorama pemandangan yang memanjakan mata. Selain itu, biaya masuk wisata Bukit Bossolo pun tergolong murah yaitu hanya Rp 5.000,00 saja per orang. Adapun tempat wisata tersebut terletak di Desa Bontomanai, Kabupaten Jeneponto.

13. Wisata Lembah Hijau Rumbia


Dikatakan sebagai salah satu tempat wisata di Kabupaten Jeneponto yang paling cocok digunakan untuk bersantai. Suasana sejuk dan tenang akan membuat waktu traveling anda tidak terbuang sia-sia. Lembah Hijau Rumbia tersebut terletak di Tompobulu, Kabupaten jeneponto. Dan yang menariknya lagi, tempat tersebut berada di ketinggian diatas 1000 mdpl yang akan sangat berkesan.

14. Wisata Bukit Sinalu Bulu Jaya


Bukit Sinalu Bulu Jaya merupakan salah satu bukit yang tidak kalah menarik yang berada di Kabupaten Jeneponto. Sesuai namanya, bukit tersebut terletak di Desa Bulu Jaya, Kabupaten Jeneponto. Bagi anda yang suka melakukan kegiatan olahraga hiking, tempat wisata ini cocok untuk anda kunjungi. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan spot foto yang bagus ketika sudah sampai di atas bukit.

15. Wisata Britaria Kassi


Melakukan perjalanan ke Britaria Kassi tidak akan membuat anda menyesal. Di tempat wisata tersebut, anda akan disajikan dengan keunikan tempat wisata yang hanya ada di Britaria kassi saja. Terletak di Desa Kassi, Britaria Kassi tidak hanya menyajikan pantai seperti tempat wisata pada umumnya. Akan tetapi ada wahana unik berupa aliran air tawar yang mengalir di bibir pantai yang menakjubkan.

16. Wisata Air Terjun Musim Hujan


Dan, tempat wisata di Kabupaten Jeneponto yang yang terakhir adalah Air Terjun Musim Hujan. Pesona air terjun tersebut bisa anda dapatkan di Desa Bontotiro, Kecamatan Rumbia, kabupaten Jeneponto. Rasanya ada yang kurang apabila anda sudah berkunjung ke Kabupaten Jeneponto tetapi belum mampir di Air Terjun Musim Hujan tersebut. Jadi, kapan ini mau berkunjung ke sana?