Inilah Tempat Wisata di Kabupaten Takalar yang Instagramable

Diposting pada

Takalar merupakan salah satu kabupaten dari provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki kondisi geografis berupa pantai, daratan, dan perbukitan. Keadaan alam itulah yang menjadikan kawasan tersebut kaya akan tempat wisata. Tak sedikit dari para wisatawan lokal maupun internasional yang berkunjung ke lokasi ini hanya untuk menikmati keindahan alam kabupaten Takalar.

Tak hanya sekedar menikmati panorama alamnya, wisatawan juga dapat mengabadikan momen bersama teman-teman atau keluarga dengan foto-fotoan di spot foto maupun bentang alam yang instagenic. Nah, tak perlu berlama-lama, yuk kita intip apa saja tempat wisata di kabupaten Takalar yang patut kalian singgahi!

Pantai Punaga


Sebelumnya kalian pasti sudah tahu jika kawasan Takalar ini memiliki kondisi geografis berupa pantai. Nah, di pantai Punaga inilah salah satu eksotisme alam bakalan kalian nikmati di Takalar. Menariknya lagi, lokasi pantai Punaga ini pernah menjadi salah satu lokasi untuk pengambilan film tenggelamnya kapal van Der Wijk. Adanya batu karang yang indah, pasir putih yang bersih, dan air yang cenderung tenang inilah yang menjadikan daya tarik bagi para pengunjung. Tak heran, usai populer setelah menjadi shooting pembuatan film, pantai ini menjadi lebih ramai dikunjungi. Jika sudah mampir ke sini, jangan lupa untuk selfie di spot yang instagramable ya!

Pulau Sanrobengi


Inilah rekomendasi tempat wisata di kabupaten Takalar yang tak kalah menarik dari pantai Punaga yaitu pulau Sanrobengi. Bahkan, bisa dibilang wisata ini surga dunia yang memancarkan pesona tak habis-habisnya. Kalian, tak hanya bisa menikmati panorama pantai disekitar pulau kecil ini, melainkan keindahan gugusan karang yang berada dibawah lautnya. Jika kalian hendak berlibur ke tempat ini, jangan kaget akan ceirta dukun obat yang beredar di kawasan ini ya! Meskipun hanya sebatas pulau kecil, namun fasilitas yang dimiliki sudah cukup lengkap lho! Mulai dari adanya gazebo, outbond, flying fox, dan masih banyak lagi. Untuk rekomendasi spot prewedding juga bukan ide yang buruk guys!

Telaga Ko’ Mara


Bermain basah-basahan entah mengapa selalu memberikan energi positif tersendiri bagi siapa saja. Nah, jika bosan dengan view kolam renang yang itu-itu saja, kalian bisa lho bermain air di spot tempat wisata di kabupaten Takalar yaitu telaga Ko’ Mara. Sesuai namanya, destinasi wisata ini berupa bentang alam berupa telaga dengan pemandangan yang asri. Lebih pentingnya lagi, kondisi air di telaga ini sangat jernih, sehingga cocok untuk bermain air tanpa takut kotor.

Lokasi tempat wisata ini tepatnya berada di desa Ko’ Mara, Polongbangkeng Utara, Takalar, Sulawesi Selatan. Dari pusat kabupaten Takalar sampai ke Ko’ Mara paling tidak berjarak 20 km. Jangan khawatir, jarak yang jauh tersebut langsung terobati oleh bentang alam yang eksotis nan seksi. Pemandangan batuan disertai air yang jernih bakalan melelahkan mata dan mengobati rasa lelah sekaligus mood kalian.

Pantai Puntondo


Nah, sekarang kita kembali ke destinasi wisata pantai yang sayang untuk dilewatkan yaitu pantai Puntondo. Entah mengapa, meskipun Indonesia kaya akan pantai, wisata ini selalu saja ramai untuk dikunjungi terutama pantai Puntondo yang berlokasi di desa Laikang, Mangngara’ Bombang, Takalar. Ada apa saja dari pantai Puntondo ini? Tentunya, pantai ini memiliki daya tarik bagi pengunjung seperti hamparan pasir yang putih, air laut yang tenang, sekaligus kondisi lingkungan sekitar yang penuh dengan kearifan lokal. Uniknya lagi, banyak spot foto yang instagramable dan patut Anda coba seperti di garis bebatuan di pinggir pantai dengan air laut yang tenang.

Pantai Topejawa


Ada lagi nih tempat wisata di kabupaten Takalar yang tak kalah menariknya yaitu pantai Topejawa. Keunikan dari pantai ini yaitu lingkungannya yang sudah dikelola dengan baik. Berbeda dengan pantai-pantai lain di kawasan kabupaten Takalar, objek wisata pantai Topejawa ini menyediakan wahana-wahana mainan yang masih berhubungan dengan air. Jadi, apabila kalian takut bersentuhan dengan air laut di sekitar pantai, boleh lho mencoba wahana air di pinggir pantai Topejawa. Tersedia juga gazebo-gazebo untuk menikmati panorama pantai yang indah beserta pasir yang putih bersih. Jika lapar, kalian juga dapat menikmati makanan yang dipesan di penjual sekitar pantai atau bekal yang dibawa dari rumah. Dijamin, momen liburan kalian akan menyenangkan. Jangan lupa, untuk masuk ke pantai ini dikenakan biaya tiket sesuai usia. Yaitu Rp25.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak ya!

PPLH Puntondo


Jika kalian bosan dan jenuh dengan pilihan wisata berupa pantai maupun yang berkaitan dengan air, kita rekomendasikan pilihan tempat wisata di kabupaten Takalar lain berupa PPLH Puntondo. PPLH atau Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup ini terletak di kawasan Puntondo, Laikang, Mangarabombang, Takalar. Jangan salah, sebenarnya lokasi ini bukanlah tempat wisata sepenuhnya. Melainkan, sebuah balai untuk pelatihan. Nah, keunikan dari PPLH ini memiliki daya tarik berupa bentuk bangunannya yang ramah lingkungan sehingga banyak orang tertarik untuk berkunjung. Desainnya mengambil konsep dari gaya Eropa, Makassar, dan Jawa sehingga memberikan eksotisme tersendiri bagi yang memandang. Tak heran, banyak pemudi yang berdatangan sekedar untuk berlibur atau melepas penat. Ketika sudah berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mengambil foto atau selfie di spot yang menarik ya!

Teluk Laikang


Ada lagi nih rekomendasi tempat wisata di kabupaten Takalar lain yang jangan sampai kalian lewatkan yaitu teluk Laikang. Lokasi pantai ini berada di bagian barat kabupaten Takalar. Untuk menuju teluk Laikang dari Takalar – Janeponto, kalian harus menempuh jarak paling tidak 24 km. Namun, jangan salah, pemandangan yang akan kalian dapatkan tidak kalah seru dari perjalanan yang cukup jauh tersebut. Yaitu berupa panorama air yang tenang, lanskap yang indah, juga spot foto yang tentunya instagramable. Dijamin kalian tak akan menyesal!

Pantai Bintang


Satu lagi tempat wisata yang dapat kalian tuju saat berada di kabupaten Takalar yaitu pantai Bintang. Lokasinya berada di jalan Karaeng Salamaka, Boddia, Galesong, Takalar, Sulawesi Selatan. Pantai ini memiliki keunikan berupa desain pinggir pantai yang lebih modern yaitu kolam renang. Ya, di kolam inilah pengunjung dapat memanjakan dirinya untuk berendam menikmati sensasi panorama di pinggir pantai. Ada juga pepohonan pantai yang indah dan nyaman dipandang. Paling bagus jika kalian mengunjungi pantai ini saat pagi hari untuk menikmati indahnya sunrise atau saat sore hari ketika sunset. Jangan lupa untuk mengambil foto dari angle terbagus demi mengabadikan momen kalian di pantai Bintang.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di kabupaten Takalar yang patut Anda kunjungi saat berada di Sulawesi Selatan. Jangan lupa ajak keluarga maupun kerabat terdekat untuk mengabadikan momen bersama di tempat wisata yang indah tersebut ya! Yuk mulai diagendakan!