Inilah Tempat Wisata di Kabupaten Sinjai yang Instagramable

Diposting pada

Liburan memang salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh siapapun. Dengan berlibur, maka akan memberikan kesegaran pada pikiran sekaligus melepas penat dan stres. Tak heran, baik pelajar maupun pekerja selalu memanfaatkan weekend untuk mengunjungi berbagai tempat wisata.

Berbicara mengenai tempat wisata, maka tak akan ada habisnya. Pasalnya, ada beragam pilihan tempat wisata yang terdapat di Indonesia. Salah satunya tempat wisata di Kabupaten Sinjai. Dimanakah lokasi tersebut? Kabupaten Sinjai merupakan bagian dari pulau Sulawesi Selatan dan berbatasan langsung dengan daerah lain yaitu kabupaten Gowa, Bone, dan juga Bulukumba. Sebagai salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan, kabupaten Sinjai menawarkan berbagai destinasi unik dan menarik untuk dikunjungi. Ada apa saja di daerah ini?

Diantaranya tempat wisata alam, cagar budaya, dan tempat bersejarah kota tersebut. Berbagai spot kekinian anak muda saat ini juga tersedia yang pastinya instagaramble. Tempat romantis untuk kencan dengan pasangan, dan tempat favorit lainnya. Tak hanya itu, kabupaten Sinjai juga menawarkan pilihan kuliner yang khas dan tentunya sangat disayangkan jika tidak dicoba. Nah, tak perlu berlama-lama lagi, yuk kita simak beragam tempat wisata di Kabupaten Sinjai berikut ini!

Benteng Balangnipa


Rekomendasi pertama dari tempat wisata di kawasan Sinjai yang patut Anda kunjungi adalah Benteng Balangnipa. Tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dari perjuangan rakyat setempat. Menurut literatur, Benteng Balangnipa ini telah berdiri kokoh sejak abad yang ke-15 dan didirikan oleh kerajaan Tellulimpoe pada tahun 1557. Dengan kata lain, pada zaman itu, Benteng Balangnipa dibangun atas perserikatan antara rakyat pribumi dari daerah Lamatti, Tondong, dan juga Bulo-bulo. Ketahuilah, benteng ini dibangun di atas tanah yang luas sekita 2500 meter persegi.

Di dalam benteng ini, terdapat berbagai porselin kuno yang berasal dari Ming, Shati, dan Ching. Ada juga sebuah meriam yang dibuat dari tembaga. Berbagai keramik-keramik khas Jepang dan Eropa juga masih ada. Ketahulah, keramik tersebut digunakan Belanda saat masih menjajah wilayah nusantara. Bagi pengunjung, dapat menyaksikan berbagai peninggalan sejarah tersebut dalam Benteng Balangnipa. Tempat wisata juga disarankan bagi pelajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah rakyat pribumi. Untuk datang ke benteng Balangnipa, lokasi ini berada di jalan Sungai Tangka, Balangnipa, Sinjai Utara, Sinjai.

Rumah Adat Karampuang


Jika Anda sudah berkunjung di tempat budaya Benteng Balangnipa, maka wajib mampir juga ke rumah adat Karampuang. Karampuang itu sendiri adalah sebutan atau nama dari salah satu kampung di Sinjai. Uniknya lagi, tempat ini masih menyimpan kebudayaan asli dari kota Sinjai. Diantaranya, terdapat dua rumah adat yang berstruktur Bugis kuno. Menurut sejarah, rumah pertama tersebut dihuni oleh To Matoa atau raja sedangkan rumah adat kedua tersebut dihuni oleh Gella atau kepala pemerintahan adat.

Tentunya, rumah adat Karampuang ini telah berusia sangat lama dan perlu untuk direnovasi. Menurut informasi yang beredar dari warga setempat, sebelum direnovasi, harus dilakukan upacara adat pengangkutan kayu terlebih dulu dari hutan. Upacara tersebut disebut dengan nama Madduik. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan penampakan tempat budaya ini, silakan datang ke alama desa Tompobulu, Bulupodo. Dari kota Sinjai paling tidak membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai.

Batupake Gojeng


Sinjai memang kawasan yang kaya akan tempat besejarah sekaligus tempat wisata bagi pengunjungnya. Selain Benteng Balangnipa dan Rumah Adat Karampuang, ada juga Batupake Gojeng. Menurut catatan dari sejarah, tempat Batupake Gojeng ini merupakan puncak taman purbakala yang digunakan sebagai benteng pengintaian dan juga markas pertahanan oleh Jepang. Di puncak inilah, tentara Jepang mengawasi kapal laut dan juga pesawat udara yang melintas di kawasan teluk Bone.

Karena lokasinya yang berada di puncak, maka wisatawan yang berkunjung juga mampu menikmati pemandangan pusat kota Sinjai. Pemandangan alamannya sangat eksotis dan indah yang terdiri dari hutan mangrove atau hutan bakau di desa Tongke-tongke bagian Sinjai Timur. Tak hanya itu, dari puncak ini juga terlihat deretan pulau-pulau sembilan yang notabene-nya masih berada di wilayah Sinjai. Untuk menuju ke tempat wisata di Kabupaten Sinjai ini, silakan datang ke alamat Taman Batupake Gojeng, Biringere, Sinjai Utara. Dari pusa kota Sinjai, jarak tempuhnya sekitar 2 km saja.

TPI LAPPA


Ketika pergi berlibur, biasanya wisatawan tak hanya penasaran dengan beragam keindahan tempat wisata di Kabupaten Sinjai. Melainkan, hal lain yang berbau kuliner. Ya, untuk wilayah Sinjai itu sendiri, rekomendasi tempat yang kaya akan kuliner adalah TPI Lappa yang difavoritkan oleh banyak pengunjung. Sesuai namanya, maka TPI Lappa adalah tempat pelelangan ikan dan juga transaksi berbagai hasil laut antara pembeli dan nelayan. Silakan datang ke lokasi untuk mendapatkan ikan pilihan segar dari nelayan langsung. Tak hanya transaksi ikan, para pengunjung yang kagum dengan hasil tangkapan nelayan juga boleh lho sekedar foto khususnya dengan ikan yang besar. Misalnya saja ikan cakalang atau tongkol.

Menariknya lagi, di TPI Lappa ini juga terdapat banyak rumah makan. Para pengunjung yang ingin merasakan sensasi makan ikan hasil melaut langsung, dapat membelinya dari nelayan dan minta dimasak oleh para koki di rumah makan area setempat. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, lokasinya berada di Lappa, Sinjai Utara. Jaraknya paling tidak sekitar 3 km dari pusat kota.

Bamboo Village Tanassang


Ada lagi nih, rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Sinjai lainnya yaitu Bamboo Village Tanassang. Spot ini sangat cocok bagi anak muda yang suka jalan-jalan dan selfie dengan pemandangan alam yang indah. Sesuai namanya, Kampung Bambu, maka lokasi taman ini terdapat berbagai ornamen bangunan yang terbuat dari bambu. Berbagai pemadangan alam juga dapat terlihat mulai dari kota Sinjai dari ketinggian, sun rise, sun set, keindahan laut, pesona Pulau Sembilan, dan juga spot lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk mencapai lokasi ini, silakan datang ke area depan kantor Bupati Sinjai, lingk Tanassang, Alehanuae, Sinjai Utara, Sinjai.

Bendungan PLTA Manipi


Pemandangan eksotis lain juga dapat Anda dapatkan dari tempat wisata di Kabupaten Sinjai lainnya yaitu bendungan PLTA Manipi. Tempat wisata ini berada di daerah dataran tinggi Sinjai dan berbatasan langsung dengan Malino, kabupaten Gowa sehingga tak heran jika suhunya hampir sama dengan daerah Malino. Di kawasan ini, juga menjadi tempat berkebun sayur mayu seperti kol, wortel, dan berbagai jenis sayur lainnya. Lokasi tempat wisata ini terdapat di Bonto Salama, Sinjai Barat.

Nah itulah beberapa beberapa tempat wisata di Kabupaten Sinjai yang direkomendasikan untuk Anda. Pastikan untuk tidak melewatkan satu tempat pun ya! Satu lagi, jangan lupa untuk mengabadikan momen instagramable di tempat wisata tersebut.