Inilah Tempat Wisata di Kabupaten Sidenreng Rappang yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Siapa sih yang tak ingin liburan di akhir pekan? Pasti setiap orang ingin meluangkan waktunya untuk sekedar bersantai, bahkan liburan di tempat-tempat wisata yang asyik sekaligus menarik bersama orang-orang terdekat. Nah, berbicara mengenai tempat wisata yang layak dikunjungi, berikut ini adalah rekomendasi destinasi hits di kabupaten Sidenreng Rappang. Penasaran? Yuk simak tempat wisata di Kabupaten Sidenreng Rappang di bawah ini!

Jika Anda menginginkan tempat wisata yang kekinian, maka Sidenreng Rappang jawabannya. Ya, kabupaten Sidenreng Rappang atau yang lebih dikenal dengan Sidrap in merupakan suatu kawasan di Sulawesi Selatan yang memiliki luas wilayah sekitar 2.506,19 km2. Kabupaten sidrap ini dikenal dengan sebutan apik yaitu Bumi Nene Mallomo yang telah ikonik dan terbagi menjadi 11 kecamatan. Sama halnya dengan wilayah di kabupaten sekitarnya, Sidrap menawarkan beragam destinasi wisata alami dan khas serta patut untuk dikunjungi. Apa saja kira-kira tempat wisata di Kabupaten Sidenreng Rappang tersebut?

Taman Wisata Puncak Bila


Salah satu tempat wisata yang terdapat di Sidrap dan sedang hits adalah taman wisata Puncak Bila. Lokasinya berada tepat di desa Bila Riase, kecamatan Pitu Riase, kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Jika bingung, akses saja google maps dan Anda akan sampai ke lokasi tujuan. Tempat ini berada di jarak 215 km dari arah utara ibukota provinsi Sulawesi Selatan dan juga 36 km dari arah timur ibukota Sulawesi Selatan.

Tempat wisata ini memiliki ciri khas berupa perpaduan keindahan alam dengan dengan konsep modern. Berkat inovasinya, Puncak Bila pun dinobatkan sebagai destinasi tempat wisata di Kabupaten Sidenreng Rappang yang terbaik pada tahun 2016 lalu disertai wahana yang lengkap. Ada apa saja sih di tempat wisata ini? Diantaranya, ada waterboom dan sepeda raksasa paling besar sedunia. Nah, sepeda raksasa terbesar inilah yang menjadi ikonik tempat wisata di Puncak Bila. Anda dapat menjadikan spot di sekitar sepeda raksasa ini sebagai tempat untuk mengambil foto bareng. Tak heran, banyak pengunjung berdatangan untuk antri berfoto di spot ini.

Berapa biaya tiket masuk ke tempat wisata Puncak Bila? Harganya cukup bervariasi ya, sesuai harinya. Untuk hari Senin sampai Jumat, biaya tiket masuk sebesar Rp15.000, untuk weekend hari Sabtu dan Minggu dikenakan biaya Rp20.000, sedangkan saat hari libur nasional kecuali Sabtu dan Minggu, dikenakan biaya masuk Rp25.000.

Selain wahana waterboom sebagai tempat bermain untuk basah-basahan, ada juga wahana lain seperti flying fox bagi yang menyukai tantangan, spot grass track untuk bermain motor ATV, juga hamparan lapangan dengan rumput hijau yang dapat digunakan sebagai area perkembahan. Bagi Anda yang kelelahan setelah menikmati wahana di berbagai spot, tersedia juga tempat untuk beristirahat berupa gazebo dalam jumlah yang banyak. Bagi pengunjung yang ingin menjelajah danau, kolam renang di area pegungungan, disediakan pula perahu dan kanoe boat lho. Ada juga tempat pemancingan yang dapat dimanfaatkan bagi yang hobi memancing. Jangan lupa untuk siapkan uang sebagai biaya tiket tiap wahana ya!

Kincir Angin Raksasa


Ada lagi tempat wisata di Kabupaten Sidenreng Rappang yang lagi hits dan booming yaitu Kincir Angin Raksasa. Sesuai namanya, spot ini menyuguhkan pemandangan diarea pegunungan disertai objek kincir angin raksasa sebagai spot foto yang epic. Di atas ketinggian ini, Anda dapat menikmati pemandangan alam di bawahnya. Untuk mencapai lokasi ini, silakan datang ke alamat desa Mattirosis, kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Uniknya, sebenarnya kawasan ini adalah kawasan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Dikarenakan pemandangannya yang asri dan indah disertai kincir angin raksasa, banyak orang berdatangan meski sekedar untuk berfoto. Ketahuilah, pembangkit listrik tersebut merupakan yang terbesar di Asia Tenggara lho!

Tak tanggung-tanggung, ada 30 turbin angin yang berada di bukit ini. Pemandangan alam yang dapat dilihat seperti sun rise di atas Pare-pare, kota, danau, dan juga kincir angin tentunya. Tersedia juga infrastruktur yang lengkap sebagai fasilitas pengunjung seperti area parkir, oleh-oleh, area komersial, toilet, dan kuliner khas setempat.

Taman Bulgeria Art Bonsai


Ada lagi tempat wisata di kawasan Sidrap yang tidak kalah menariknya yaitu taman Bulgeria Art Bonsai. Sesuai namanya, maka taman ini terdiri dari pemadangan aneka jenis tanaman bonsai. Paling tidak, ada 120 koleksi dari tanaman hias bonsai yang memanjakan mata pengunjung. Kalian, dapat berkeliling sekedar untuk mengamati tiap jenis bonsai, sekaligus berfoto ria dengan background tanaman bonsai tentunya. Untuk datang ke lokasi ini, silakan kunjungi ke alamat desa Bulo, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap, Sulawesi Selatan. Rekomended banget bagi pecinta tanaman hias atau fotografer yang ingin menciptakan keindahan juga hasil potret terbaru.

Pengunjung juga tak perlu khawatir soal akses masuk ke tempat wisata di Kabupaten Sidenreng Rappang Taman Bulgeria Art Bonsa ini karena free alias gratis. Jadi, jangan lupa untuk mengajak saudara atau teman terdekat. Sebagai studi lapangan atau pembelajaran sekolah juga bisa lho! Taman ini dijamin akan memberikan pembelajaran nyata sekaligus asli. Hanya saja, pastikan untuk menjaga kebersihannya dan jangan sampai merusak tanaman. Beberapa jenis tanaman bonsai yang tersedia yaitu bonsai serut, hokianti, sisir, dan juga beringin.

Ternyata, berdirinya taman Bulgeria ini tak lepas dari minat pemiliknya yang hobi menanam bonsai. Tersedia beberapa fasilitas bagi pengunjung seperti wifi yang dapat diakses gratis bagi pengunjung.

Danau Sidenreng


Danau Sidenreng yang berlokasi di desa Mojong, kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap, Sulawesi Selatan ini tak luput dari daftar tempat wisata di Kabupaten Sidenreng Rappang yang patut dikunjungi. Pasalnya, danau ini memiliki pemandangan yang bagus dan jangan sampai diabaikan. Para pengunjung diperbolehkan untuk berkeliling menikmati keindahan alam danau menggunakan fasilitas perahu kecil yang telah disediakan untuk disewa. Lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat perlombaan untuk perahu dayung sekaligus ritual adat. Sangat cocok sekali jika Anda datang sewaktu acara adat dimulai!

Bukit Larua Sidrap


Pilihan pemandangan alam lain yang patut Anda kunjungi adalah bukit Larua yang berlokasi di Larua, Pangkajenne, Sidrap, Sulawesi Selatan. Indahnya panorama rerumputan kecil di atas ketinggian dapat menjadi momen yang instagrammable bagi pengunjung.

Taman Usman Isa


Taman ini juga layak untuk dikunjungi sewaktu berada di kawasan Sidrap. Banyak pengunjung yang telah berdatangan untuk menikmati pemandangan taman sekaligus berfoto ria. Namun, lebih orang menjadikan tempat ini sebagai area jogging diwaktu sore hari.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Sidenreng Rappang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pastikan pula untuk mengajak orang-orang terdekat untuk menikmati momen pemandangan tersebut bersama. Terakhir, jaga kebersihan wisata alam tersebut biar terawat dan awet ya!