Ini Dia, Pesona Tempat Wisata di Kabupaten Soppeng yang Berpadu dengan Alam

Diposting pada

Bagi Anda para traveler maupun penikmat weekend, pasti akan selalu update dengan berbagai informasi tempat wisata terbaru yang harus dikunjungi. Apalagi di kawasan Sulawesi Selatan yang kaya akan pemandangan alam dan tempat-tempat unik. Maka, apabila berkunjung ke provinsi ini, pastikan untuk singgah di kabupaten Soppeng ya! Kabupaten Soppeng atau yang dikenal dengan Bumi Latemmamala ini menawarkan beragam tempat wisata dengan daya tariknya sendiri. Kabupaten Soppeng yang berpusat kota di Watansoppeng ini juga disebut kota Kalong dengan luas daerah mencapai 1.500 km2.

Ada apa saja di kabupaten Soppeng? Nah, biar tidak penasaran, berikut ini akan kami ulas berbagai tempat wisata di Kabupaten Soppeng yang terbaru sekaligus sedang hits dikunjungi. Jangan lupa, ajak keluarga maupun teman-teman terdekat biar suasana liburan menjadi makin seru.

Desa Mattabulu Soppeng


Jika Anda telah merencanakan liburan ke Soppeng, maka sebaiknya kunjungilah desa Mattabulu Soppeng sebagai destinasi pertama Anda. Hal ini karena tempat wisata ini menawarkan beragam pemandangan alam yang menarik untuk dinikmati. Salah satunya adanya pohon-pohon pinus yang berjejer di atas tanah desa Mattabulu. Di tempat ini, para pengujung diijinkan untuk mendirikan tenda sekaligus berkemah diakhir minggu. So, biar lebih kekinian, bisa juga rencanakan kemah bersama teman-teman dekat di tempat wisata ini.

Tak hanya dapat menikmati jejeran pohon pinus, salah satu pesona alam tempat wisata di Kabupaten Soppeng terutama Desa Mattabulu ini terdapat di kawasan puncak gunung Cirowali. Nah, di puncak ini, Anda dapat singgah di Tellongeng Meriam yang merupakan objek wisata dengan ciri utama pemandangan pusat kota Sopeng dari ketinggian sehingga nampak mempesona dan begitu indah. Beberapa trend wisata yang lagi hits adalah adanya beberapa spot kekinian berupa Lembah Cinta. Di Lembah Cinta ini, tersedia lagi spot untuk berfoto atau selfie seperti gardu pandang, sangkar burung, dan juga pohon jomblo untuk menikmati pemadangan alam yang cantik dari ketinggian. Wah, bakalan jadi view romantis ketika lagi bersama orang tersayang bukan?

Nah, bagi Anda yang berminat ke desa Mattabul, datang saja ke alamat ini. Tepatnya berada di desa Mattabulu, Lalabata, Soppeng, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Datae


Rekomendasi kedua dari tempat wisata di Kabupaten Soppeng yang patut Anda kunjungi adalah air terjun Datae. Wah, adanya pemandangan air terjun ini dijamin bakalan menjadikan mata Anda lebih segar . Menariknya lagi, Anda juga dapat tracking sambil berwisata di tempat ini karena letaknya yang berada di tengah hutan. Keistimewaan dari air terjun ini adalah adanya kejernihan airnya yang benar-benar bening. Hal ini dipengaruhi juga karena akses ke lokasi yang terbilang sulit sehingga jarang terjamah oleh orang-orang. Tak hanya pesona air terjun saja yang dapat Anda nikmati, melainkan tebing-tebing tinggi dan juga lekukan batuan yang indah. Untuk datang ke lokasi ini, silakan langsung saja ke alamat desa Bulie, Marioriawa, Soppeng, Sulawesi Selatan.

Puncak Gunung Sewo


Ada lagi nih rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Soppeng yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu puncak Gunung Sewo. Tempat ini merupakan opsi kedua untuk menikmati pemandangan alam sekaligus panorama kota Soppeng dari atas puncak. Tinggal datang saja ke puncak Sewo sembari mengajak teman-teman Anda. ketahuilah ini, puncak Sewo merupakan daerah yang paling tinggi di Soppeng, apalagi lokasinya di tengah-tengah kota. Jadi, Anda dapat leluasa memandangi kota ini dari berbagai sudut.

Tak hanya pemandangan alam dan view kota Soppeng, di puncak Sewo ini menawarkan suasana negeri di atas awan. Pesona tersebut akan dapat diperoleh ketika Anda berkunjung di area puncak ini pada pagi hari. Maka, puncak ini masih diselimuti oleh awan. Suasana itulah yang menjadikan momen seolah berada di atas awan. Lantas, tunggulah beberapa saat sembari matahari terbit karena ada momen spesial yang dapat Anda nikmati berupa sunrise maupun sunset. Boleh juga lho berkemah di area. Selain menambah pengalaman bersosial bersama teman-teman, Anda juga memperoleh vitamin mata dan kesegaran yang hakiki. Lokasi puncak ini terdapat di Bila, Lalabata, Soppeng, Sulawesi Selatan.

Pemandian Air Panas Lejja


Rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Soppeng lain yang patut Anda kunjungi adalah pemandian air panas Lejja. Ada apa sih di tempat ini? Sesuai namanya, maka tempat ini menawarkan tempat pemandian air panas bagi pengunjung dengan suhu air mencapai 60 derajat Celcius. Jangan salah, pemandian ini selalu ramai dikunjungi lho! Apalagi ketika seharian berwisata ke spot-spot kota Soppeng, maka lelah Anda dapat terobati dengan mandi di pemandian air panas Lejja. Tak hanya dapat menikmati aliran air panasnya saja, tetapi Anda juga dapat memandangi pesona alam disekitar tempat pemandian. Yang tak kalah serunya, tempat pemandian ini menawarkan efek relaksasi yang mampu mengatasi stres maupun kondisi tubuh yang tidak sehat. Jadi, dijamin bakalan segar kembali deh usai mandi! Nah, untuk datang ke lokasi ini, pemandian ini ada di desa Bulu, Marioriawa, Soppeng, Sulawesi Selatan.

Goa Coddong


Soppeng memang jawaban dari destinasi wisata dengan keindahan alam yang hakiki. Pasalnya, selain tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas, ada lagi pemandangan alam lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Gua Coddong. Di tempat ini, menawarkan fenomena alam berupa batu gamping karst. Menurut sejarah, fenomena tersebut telah terjadi berjuta tahun yang lalu. Dulu, gua Coddong dimanfaatkan oleh manusia purba untuk berlindung dari cuaca buruk maupun binatang buas. Ketahuilah, dari gua inilah ditemukan adanya tengkorak manusia yang katanya berupa spesies etnis bugis. Langsung saja datang ke desa Citta, Liliriaja, Soppeng, Sulawesi Selatan untuk menikmati pesona dalam gua Coddong. Secercah cahaya yang terlihat dari dalam gua ini seolah melambangkan petunjuk atau wasilah dari Ilahi.

Puncak Biccuing


Pesona puncak lain yang dapat Anda kunjungi selain gunung Sewo dan Desa Mattabulu adalah Puncak Biccuing. Lokasi ini berada di desa Biccuing, Botto, Lalabata, Kabup, Soppeng, Sulawesi Selatan. Langsung maps nama destinasi wisata puncak Biccuing saja, maka Anda akan diantar sampai ke lokasi. Ada apa saja di tempat ini? Sebenarnya, wisata ini adalah hasil sulapan sebuah desa sehingga menjadi seperti sekarang. Anda dapat menikmati pemandangan kota Soppeng di atas ketinggian disertai spot-spot unik yang tentunya instagramable. Diantaranya, monumen cinta, rumah pohon, anjungan Biccuing, juga ayunan langit yang menantang. Pastikan untuk mengabadikan momen Anda di puncak Biccuing dalam bentuk potret foto.

Nah, itulah beberapa rekomendasi dari tempat wisata di Kabupaten Soppeng yang patut Anda kunjungi. Pastikan untuk membuatnya dalam daftar destinasi perjalanan Anda biar tidak kelupaan dan dimanage dengan benar. Semoga, liburan Anda menyenangkan ya!