Eksplor Keindahan Tempat Wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud Berikut Ini

Diposting pada

Sulawesi Utara merupakan bagian dari Indonesia Tengah yang menyimpan banyak sekali keindahan alamnya, termasuk di Kepulauan Talaud. Sebagai wilayah yang paling luar di bagian Utara, membuatnya memiliki kekayaan bahari yang layak Anda eksplor.

Gugusan pulaunya dan pesonanya yang eksotis, tidak heran kalau banyak tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud yang menjadi favorit oleh para wisatawan yang sedang berlibur ke Sulawesi Utara. Bagi Anda yang penasaran ada apa saja di pulau ini, berikut beberapa daftar objek wisata yang bisa Anda kunjungi.

1. Desa Adat Bannada


Desa Adat Bannada terletak di wilayah terujung utara Pulau Karakelang dan menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud yang wajib Anda kunjungi untuk mengenal adat dan kekayaan masyarakat setempat. Menurut para ahli sejarah, desa ini dulunya menjadi tempat berdirinya Kerajaan Porodisa atau disebut juga dengan Kerajaan Payung Utara.

Anda yang masuk ke wilayah ini bisa langsung melihat aneka peninggalan sejarah, mulai dari bangunannya hingga makam-makamnya. Tapi ingat, saat masuk ke daerah ini juga Anda harus mematuhi peraturan yang ada, karena masyarakatnya masih sangat memegang hukum adat serta kepercayaan nenek moyangnya.

2. Pulau Sara


Tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud yang menjadi ikon dan sangat populer di kalangan wisatawan adalah Pulau Sara. Pulau tersebut merupakan pulau kecil di lautan Samudera Pasifik yang tidak berpenghuni tapi menyajikan keindahan alam yang luar biasa indah.

Pasirnya yang putih bersih, lautnya yang biru, dan ombaknya yang tenang menjadi alasan kenapa banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburnya di sini. Tidak perlu khawatir dengan tempat menginapnya, karena sudah disediakan cottage yang bisa Anda sewa untuk bermalam. Budget yang Anda butuhkan untuk berlibur ke sini sekitar Rp 3.000.000.

3. Pulau Karakelang


Pulau Karakelang merupakan tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud yang memberikan pesona bahari yang cantik. Pulau ini jugalah di mana Desa Adat Bannada berada, sehingga Anda bisa mnegunjunginya sekaligus juga setelah mengeksplor wilayah pulau ini yang lain.

Di sini terdapat berbagai pantai yang indah dan eksotis yang sayang kalau Anda lewatkan, apalagi saat sore atau pagi harinya di mana Anda dapat melihat matahari terbenam dan matahari terbit. Untuk fasilitasnya sendiri sebenarnya sudah cukup lengkap dengan diberikan penginapan mulai dari yang sederhana sampai mewah, restoran, dan lainnya. Budget yang Anda butuhkan untuk mengeksplor tempat ini yaitu sekitar Rp 3.000.000.

4. Danau Lotah Talaud


Danau Lotah Talaud berada di Desa Moronge yang menyajikan pesona danaunya yang cantik dan menawan. Suasananya sangatlah tenang dan menyejukkan karena di kelilingi oleh pepohonan rindang serta lebat di area danaunya. Saat sore hari, Anda dapat menikmati indahnya panorama matahari terbenam yang cantik.

Bagi Anda yang hobi memancing, di sini Anda bisa puas memancing ikan dengan berbagai macam jenis ikan dan ukuran. Siapa tahu ikan yang Anda dapat bisa Anda masak sendiri di vila-vila yang tersedia di dekat danau ini. Untuk masuk ke sini Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

5. Pantai Lobbo


Pantai Lobbo merupakan tempat wisata di Talaud yang tidak kalah menariknya dari objek wisata di Sulawesi Utara lainnya. Berada di Kecamatan Beo Utara, keeksotisannya sangat luar biasa, apalagi saat sore harinya ketika matahari terbenam yang memancarkan warna orange di air lautnya.

Pasirnya yang berwarna hitam dan halus menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur ke pantai ini, apalagi ombaknya yang cukup tenang membuat Anda bisa bermain-main atau berenang di tepiannya. Kalau Anda lapar, sebenarnya terdapat warung makanan di sekitar pantainya meski tidak banyak. Tapi, Anda bisa menikmati pantai ini secara gratis.

6. Pantai Karakelang


Pantai Karakelang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud dan menyimpan pesona lautnya yang indah. Pemandangannya yang sangat eksotis dan jarang dikunjungi wisatawan menjadi surga tersembunyi di daerah Sulawesi Utara. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di sini.

Anda dapat mengeskplor pantainya dengan menggunakan motor, sehingga sensasi berpetualang pun semakin Anda dapatkan. Anda pun juga bisa bermain voli atau bola kaki dengan puas di hamparan pasirnya yang sangat luas. Anda yang suka berselancar juga bisa melakukannya di sini dengan ombaknya yang cukup ganas. Tidak ada tiket masuk untuk ke pantai ini, tapi tetap butuh budget sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 untuk berkuliner dan menginap di sekitar pantainya.

7. Goa Weta


Goa Weta merupakan tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud yang menjadi saksi bisu masyarakat Talaud saat penjajahan Jepang dahulu. Berlokasi di Kecamatan Beo, Anda akan melihat panorama stalaktit dan stalakmit yang menawan.

Weta sendiri adalah nama yang orang yang saat penjajahan Jepang menemukan goa ini terlebih dahulu. Masyarakat Talaud dulunya tinggal di goa ini selama beberapa bulan dan hanya saat malam hari saja mereka keluar agar tidak ketahuan. Meskipun sangat menarik untuk dieksplor, Anda tidak akan menemukan fasilitas pendukung, seperti warung makan atau toilet. Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk apapun saat mengunjunginya.

8. Air Terjun Ampadoap


Di Kepulauan Talaud, terdapat objek wisata yang sangat populer yakni Air Terjun Ampadoap. Ampadoap sendiri diambil dari bahasa lokal yang artinya saling menghadap satu sama lain. 2 air terjunnya tidak setinggi di tempat lainnya karena hanya sektiar 5 meter saja.

Saat Anda mencoba memasuki airnya, hawanya sangat segar, apalagi airnya yang jernih. Suasananya semakin menyejukkan karena pepohonan di sekelilinginya sangatlah rindang dan lebat. Tapi, tidak ada fasilitas seperti warung atau toilet di sini, sehingga Anda harus membawa bekal sendiri. Sama seperti tempat wisata lainnya, di sini juga tidak dikenakan biaya tiket masuk.

9. Gua Batu Kapal


Gua Batu Kapal juga menjadi tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud yang cukup populer di sana. Di sini, Anda bisa melakukan ekplorasi sejarah yang cukup seru untuk dilakukan. Objek wisata ini berlokasi di puncak bukit dan ada sekitar 144 anak tangga yang harus Anda tempuh untuk menuju goa ini.

Dari cerita masyarakat sekitar, goa ini dulunya hanya dipakai oleh nenek moyang untuk bertapa atau bersemedi. Tapi, karena adanya longsor, mereka sudah tidak bisa lagi ke goa ini karena tertutup longsornya. Ada tidak akan dikenakan biaya apapun saat masuk ke goa ini.

10. Pulau Kabaruan


Pulau Kabaruan merupakan salah satu dari 4 gugusan pulau paling besar di daerah Talaud. Di pulau ini, terdapat banyak sekali fauna burung maleo yang cantik, sekaligus menjadi habitatnya yang indah. Selain terkenal sebagai habitat burung maleo, tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud ini juga terkenal dengan ekosistem bawah lautnya.

Bawah lautnya dipenuhi dengan terumbu karang dan biota serta hewan laut yang menarik untuk Anda lihat. Hutan bakaunya yang eksotis juga menjadi pelindung pantai agar tidak mudah terjadi abrasi. Terdapat beberapa restoran meskipun hanya sedikit. Untuk penginapan, biasanya mereka menyediakan cottage, bukan hotel besar. Budget yang dibutuhkan sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 4.000.000.