Destinasi Wisata Pantai di Lombok Paling Bagus

Diposting pada

Liburan memang menjadi salah satu to do list yang patut untuk diwujudkan. Pasalnya, liburan memberikan rasa rileks dan hiburan ketika pekerjaan Anda terasa sangat rumit dan menyebabkan stress. Tak heran, ketika akhir minggu akses jalan menuju tempat wisata sangat ramai karena banyaknya orang ingin mendapatkan pencerahan dan tenaga untuk menghadapi hari esoknya. Nah, salah satu tempat tujuan wisata yang banyak dikunjungi adalah pantai. Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang, setiap masyarakat Indonesia tak perlu khawatir hendak pergi ke pantai mana. Hal ini dikarenakan pantai banyak ditemukan. Namun, bukan tempat wisata namanya jika tidak memiliki daya tarik. Berikut ini kami sampaikan beberapa rekomendasi wisata pantai di Lombok yang menarik dan mengagumkan.

Ya, diantara sekian pantai di Indonesia, wisata pantai di Lombok menjadi pilihan yang banyak diminati setiap orang di pelosok negeri maupun luar negeri. Hal ini tak lepas dari keelokan pantai yang dimiliki pantai Lombok. Kira-kira pantai apa saja yang sebaiknya Anda kunjungi? Yuk simak ulasannya berikut!

Pantai Gili Trawangan


Salah satu rekomendasi pantai di kawasan Lombok yang sebaiknya Anda kunjungi adalah Gili Trawangan. Lokasi pantai ini ada di pulan bagian barat Lombok. Ketahuilah, pantai ini menjadi destinasi favorit baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Mengapa? Ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di pantai ini mulai dari scuba diving, snorkeling, berkeliling dengan cidomo, berkendara dengan glass bottomoed boat, dan banyak aktivitas lainnya. Jadi, benar-benar suasana pantai yang sesungguhnya. Tentu, hal ini didukung oleh kondisi air pantai beserta pasang surut yang kecil sehingga tidak membahayakan para pengunjung. Keunikan dari pantai ini adalah adanya larangan bagi pengunjung untuk tidak menggunakan dan membawa kendaraan bermotor di tempat ini. Tujuannya tidak lain untuk mencegah adanya polusi dan kealamian ekosistem laut beserta pantai. Wah, menarik bukan?

Dengan pemandangan air laut yang tenang, pasir putih yang menyejukkan mata, juga lingkungan yang alami dijamin akan memanjakan tiap mata yang memandang. Untuk dapat mencapai lokasi ini, berikut akses lokasinya yang dapat Anda tempuh dari kota Mataram. Dimulai dari rute Mataram menggunakan angkutan kemudian mencapai Rembiga lanjut Pemenang, dan lanjut menuju Trawangan dari pelabuhan Bangsal.

Sebelumnya, telah dibahas bahwa tidak diperkenankan membawa kendaraan bermotor. Maka, Anda diberi dua pilihan untuk dapat menikmati pesona wisata pantai di Lombok ini berupa sepeda atau cidomo. Jangan khawatir, ada kok tempat penyewaannya. Untuk tarif sewa perhari sepeda yaitu antara 50k-75k rupiah. Sedangkan untuk berkeliling dengan cidomo perhari sewanya 75k-100k rupiah. Di kawasan pantai ini juga tersedia berbagai akomodasi mulai dari homestay dan resort mewah. Tersedia pula mesin ATM yang dapat Anda gunakan untuk tarik tunai sehingga tak perlu membawa uang cash terlalu banyak. Lalu, bagaimana dengan biaya untuk menikmati fasilitas pantai seperti snorkeling? Ya, untuk fasilitas snorkeling disediakan dengan biaya 120k rupiah yang dimulai pukul 10.30 WITA sampai dengan 15.00 WITA.

Pantai Senggigi


Rekomendasi pantai kedua yang patut Anda kunjungi adalah pantai Senggigi. Pantai ini merupakan jenis pantai tersohor di pulau Lombok karena memiliki pemandangan yang sungguh indah. Ketika menapakkan kaki di pantai ini, Anda akan disuguhi oleh pemandangan gradasi pasir berwarna hitam dan putih yang mengagumkan. Tak hanya gradasi warna pasir yang elok, pengunjung wisata pantai di Lombok ini juga disediakan pemandangan sunset yang indah, tak kalah lho dari sunset-nya Kuta.

Di garis pantai Senggigi yang panjang ini, ada dua lokasi adat yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga yaitu Batu Bolong dan juga Batu Layar. Tempat budaya pertama yaitu Batu Bolong ini berupa pura yang dibangun dibagian atas karang. Sedangkan tempat budaya yang kedua yaitu Batu Layar merupakan makam seorang ulama. Jadi, selain menikmati keindahan air laut yang jernih beserta biota laut yang berenang bebas, pastikan untuk singgah ke tempat budaya ini ya!

Berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai ini yaitu berjalan menyusuri tepi laut, berenang dilaut yang tenang, berjemur, dan snorkeling. Menariknya, wisata ini tidak meminta biaya masuk kecuali retribusi parkir berkisar 10k-20k. Biaya 10k rupiah untuk parkir mobil sedangkan untuk bus 20k rupiah.

Untuk mencapai pantai ini hanya diperlukan waktu 2 jam dari Bandara Internasional Lombok tergantung kendaraan dan akses menuju lokasinya. Rekomendasi bagi Anda yang ingin menghemat ongkos, pilihlah akses transportasi menggunakan bus Damri atau sewa mobil dengan kisaran biaya 300k rupiah. Setidaknya, ketika memilih jalur Damri, Anda dapat memilih dua rute untuk mencapai lokasi pantai ini yaitu terminal Mandalika atau melalui pasar Seni.

Pantai Kuta Lombok


Ada lagi lho rekomendasi wisata pantai di Lombok yaitu pantai Kuta Lombok. Ya, ternyata tak hanya Bali saja yang memiliki pantai Kuta di pinggiran lautnya karena Lombok juga memiliki pesona Kuta yang lain dan tak kalah mengagumkannya. Nah, lokasi pantai Kuta di Lombok ini berada di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Pesona pantai ini berupa pasirnya yang berwarna putih kecoklatan sehingga sering diibaratkan sebagai merica. Salah satu keunggulan sekaligus ciri khas dari Pantai Kuta Lombok ini berupa sebuah bukit yang terdapat dibagian barat pantai dan disebut Bukit Mandalika. Anda dapat menempuh ke bukit ini dan menikmati pemandangan seluruh pantai Kuta yang ada dibawahnya. Satu lagi, air pantai Kuta Lombok ini super jernih sehingga Anda dapat menikmati pemandangan terumbu karang sekaligus ikan-ikan menggunakan mata telanjang.

Untuk masuk ke lokasi pantai Kuta Lombok ini gratis alias tidak dipungut biaya tiket. Hanya saja ada biaya retribusi untuk parkir berkisar 10k rupiah untuk mobil dan 5k rupiah untuk motor. Lokasi pantai ini ada di desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Untuk mencapai pantai ini, artinya Anda harus datang terlebih dulu ke Lombok tepatnya di desa Kuta. Ukuran pantai ini tergolong luas dengan panjang 7,2 km.

Apa saja yang dapat dilakukan di pantai Kuta Lombok? Sangat lengkap. Misalnya saja berenang atau mandi di pantai. Berbeda dengan laut pada umumnya dengan ombak dan arus yang deras, di pantai ini memiliki kondisi alam dan keamanan yang terjamin. Jadi, tak perlu khawatir ketika anak-anak juga ikut berenang, asal tetap dalam pengawasan orang tua. Kegiatan lain yang dapat Anda nikmati yaitu melakukan olahraga dalam air misalnya jetski, banana boat, dan juga windsurfer. Saat-saat tertentu, Anda juga dapat menyaksikan upacara adat di pantai Kuta Lombok. Khususnya pada bulan Februari dan Maret, Anda dapat menyaksikan upacara Bau Nyale yang diadakan tiap tahun satu kali. Dan yang lebih seru, Anda dapat bermain snorkeling, berselancar, sekaligus menikmati pemandangan sunset atau sunset. Itulah beberapa rekomendasi dari wisata pantai di Lombok, sudahkah Anda menentukan destinasinya?