Destinasi Wisata Kuliner di Solo yang Nikmat dan Murah

Diposting pada

Salah satu kota di Jawa Tengah yang sangat populer adalah Solo. Nama sebenarnya adalah Kota Surakarta, tetapi masyarakat Indonesia lebih mengenal sebagai Solo. Letaknya yang berdekatan dengan Yogyakarta terkadang membuat orang menganggap Solo ada di Yogyakarta, padahal sebenarnya ada di Jawa Tengah. Hal ini pula yang membuat budaya bahkan kuliner Solo dan Jogja memiliki banyak kesamaan. Meskipun begitu, bukan berarti Solo tidak punya ciri khasnya sendiri.

Kuliner di Solo beraneka ragam, mulai dari makanan gurih sampai manis ada semua. Apabila kamu penasaran kira-kira apa saja yang bisa kamu makan saat sampai solo. Tampaknya perlu tahu beberapa tempat berikut ini, yang menyajikan makanan lezat sekaligus murah meriah.

1. Sate Buntel Bu Bejo Nikmatnya Tiada Tara


Ketika datang ke Solo, rasanya kurang afdol jika tidak berkunjung ke tempat Sate Buntel Bu Bejo. Beda dengan sate yang biasanya dagingnya ditusuk satu persatu, satu buntel adalah sajian daging kambing cincang yang dibungkus lemak kambing lalu dililitkan pada sebatang lidi. Rasanya tentu saja maknyus, tidak heran jika tempat ini menjadi langganan keluarga Pak Jokowi. Sate buntel Bu Bejo ini cukup terjangkau, harga seporsinya sekitar Rp. 37.000 – Rp. 40.000. Ada juga gulai kambing yang harganya Rp. 25.000. Biasanya warung ini buka mulai pukul setengah 8 pagi sampai jam 5 sore. Lokasinya ada di Jl Sungai Sebakung, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Surakarta.

2. Mantapnya Tengkleng Klewer Bu Edi


Biasanya, wisatawan yang ke Solo suka mampir ke Pasar Klewer. Pas di Pasar Klewer itulah paling enak kalau bersantap tengkleng di warungnya Bu Edi. Lokasi tepatnya ada di Pasar Klewer, Gajahan, Jl. DR. Radjiman, di gapura utara Pasar Klewer. Warung makan ini sudah ada sejak sekitar 40 tahunan yang lalu. Dulunya dibuat untuk makanan kalangan bawah, tapi sekarang semakin populer dan dinikmati semua orang. Harga per porsinya hanya Rp. 25.000, dan porsinya cukup besar. Saat datang ke sini, kamu bisa berkunjung mulai pukul setengah satu siang.

3. Timlo Sastro Mantapnya Legendaris

Timlo adalah sup dengan isian jeroan seperti hati, ampela, dan juga ditambah daging ayam, telur pindang dan juga sosis solo yang terkenal itu. Salah satu yang paling makyus adalah Timlo Sastro yang berlokasi di Jl. Kapten Mulyadi No. 8, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta. Tidak heran jika warung ini terkenal karena memang sudah ada sejak tahun 1952. Untuk menikmati seporsi Timlo Sastro, kamu cukup merogoh kocek Rp. 25.000, tapi harganya bisa saja berubah seiring waktu. Biasanya, jam 6 pagi sudah warung ini sudah buka, dan akan tutup pukul setengah 4 sore.

4. Selat Mbak Lies yang Sehat dan Nikmat


Selat sebenarnya sama saja dengan salad, tidak kalah dari salad luar, salad Jawa ternyata sangat enak di lidah. Selat Mbak Lies ini yang paling direkomendasikan untuk kamu yang penasaran dengan salad ala Solo. Biasanya isi dalam selat terdiri dari daging sapi atau rolade, telur pindang, kentang, buncis, wortel, acar timun, selada, bawang merah dan juga mayonnaise Jawa. Selat yang disajikan adalah Selat Bestik dan Selat Lidah, harganya sekitar Rp. 16.000 sampai Rp. 19.000. Ada juga sajian timlo dan menu lainnya. Kalau penasaran, langsung saja capcus ke Jalan Veteran, Gg. 2 No. 42, Serengan, Kota Surakarta.

5. Manis dan Legit Serabi Notosuman


Solo juga punya kuliner manis legit sekaligus legendaris, apalagi jika bukan Serabi Notosuman. Serabi ini bahkan sudah ada sejak Indonesia belum merdeka, tepatnya di tahun 1923. Bahkan konon cara masaknya pun tidak berubah dari dulu sampai sekarang. Seporsi serabi original hanya Rp. 20.000, sedangkan jika ingin ditambah toping coklat hanya Rp. 25.000. isinya pun banyak, sepuluh biji dan besar-besar. Kalau kamu penasaran banget, jangan lupa datang ke Jalan Mohammad Yamin No. 28.

6. Tahok Pak Citro yang Yummie Banget


Hujan-hujan di Solo atau pas pagi-pagi belum sarapan, enaknya santap yang hangat-hangat seperti tahok yang dijual Pak Citro. Tahok sendiri adalah makanan khas China yang terbuat dari sari kacang kedelai dan disiram air jahe plus gula. Makanan ini juga biasanya populer dengan nama kembang tahu, ada juga yang menyebutnya tauwa. Harganya pun terjangkau banget, hanya Rp. 10.000 aja per porsi. Biasanya buka mulai pukul 6 pagi sampai 12 siang. Selain itu, Tahok Pak Citro ini juga sudah ada sejak tahun 1968, legendaris banget. Untuk mencicipi kuliner nikmat ini, kamu bisa langsung datang ke Jl. Suryopranoto No. 21, Kepatihan Wetan, Jebres, Kota Surakarta.

7. Sate Kere Yu Rebi


Makan sate daging kambing atau ayam saja mungkin sudah biasa, kalau mau variasi, kamu wajib mencoba mantapnya Sate Kere Yu Rebi yang terkenal banget di Solo. Sate ini terbuat dari jeroan sapi, sehingga cita rasanya pun sedikit berbeda dan harganya lebih terjangkau. Satu porsi sate ini dihargai mulai dari Rp. 10.000, kalau tambah lain-lain tentu tambah biaya. Biasanya, sate ini sudah buka dari mulai 10 pagi dan tutup jam 9 malam. Lokasinya ada di Jl. Kebangkitan Nasionan No. 2, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta. Pas di belakang Stadion Sriwedari Solo.

8. Segarnya Es Dawet Telasih Bu Dermi


Kamu yang ingin kuliner segar sekaligus manis, bisa mencoba Es Dawet Telasih Bu Dermi yang ada di Pasar Gede. Es ini terdiri dari bubur sumsum, ketan hitam, ditambah tape ketan, biji selasih, da nada cendolnya. Harganya murah meriah Rp. 5000 saja. Tidak heran jika es dawet ini selalu diserbu pembeli, apalagi lokasinya dekat dengan pasar. Saat ke Pasar Gede, lebih tepatnya di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, jangan lupa mampir untuk menikmati kesegarannya.

9. Brambang Asem Yu Sum


Ada yang pernah dengar makanan dengan nama brambang asem? Mungkin banyak yang belum tahu, bahkan di Solo pun kuliner ini sudah tidak begitu banyak penjualnya. Namun, kamu bisa tetap menikmati brambang asem di warungnya Yu Sum. Brambang asem ini sendiri adalah olahan daun ubi yang dibumbui dan disajikan dengan tempe gembos. Memang biasanya dimakan tanpa nasi. Biasanya, seporsi brambang asem di warung Yu Sum harganya cuma sekitar Rp. 4000. Kalau kamu penasaran dengan rasanya, langsung saja ke Pasar Gede.

10. Gudeg Margoyudan


Saat ke Solo, kamu tetap bisa menikmati gudeg. Apalagi kalau makan di Gudeg Margoyudan yang mantap pol. Gudegnya pun unik, karena ada gudeg ceker ayam yang jadi favorit para pelanggan. Tidak heran jika gudeg ini juga terkenal sebagai Gudeg Ceker Bu Kasno. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp. 18.000-an per porsi. Bisa juga tambah lauk lain-lain. Tapi warung ini buka dini hari, mulai jam dua pagi sampai habis. Kalau penasaran, langsung saja datang ke Jalan Wolter Monginsidi No. 40 – 43, RT 02 RW 01, Banjarsari, Margoyudan, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta.

Pasti kamu ngiler dengan kuliner Solo di atas, kan?