Destinasi Wisata Kuliner di Jogja yang Nikmat dan Murah

Diposting pada

Yogyakarta memang istimewa, selain tempat wisatanya yang ngangenin, makanannya pun banyak yang bikin nagih. Apalagi berwisata kuliner di Jogja tidak harus dilakukan ke restaurant-restaurant besar yang harganya selangit, cukup ke tempat-tempat murah di pinggir jalan maka perut sudah kenyang tanpa membuat dompet jebol.

Dari beragam wisata kuliner yang ada, makanan yang disajikan pun tidak hanya makanan khas Jogja, tetapi juga variasi makanan tradisional yang sudah dimodifikasi supaya lebih mantab di lidah. Oleh sebab itu, saat kamu ke Jogja jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat makan kuliner yang sudah dijamin rasa dan harganya. Di mana sajakah itu? Coba lihat rekomendasi wisata kuliner paling makyus, nikmat, dan nggak pakai mahal di Jogja berikut ini.

1. Membaranya Oseng Mercon Bu Narti

Oseng mercon Bu Narti ini sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu. Saat itu karena Indonesia sedang masa krisis ekonomi, maka oseng yang dijual bukan seluruhnya terbuat dari daging, melainkan dari bahan-bahan lain seperti kulit, tulang, kikil, dan bahkan gajih yang gurih. Dinamakan oseng mercon juga karena rasanya yang super duper pedas. Kalau kamu tertarik dan suka kuliner pedas, langsung saja datang ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Biasanya buka pukul 6 sore sampai 11 malam. Harga seporsinya pun cuma Rp. 15.000, bisa lebih jika kamu tambah-tambah.

2. Ambil Gudeng Langsung ke Dapur di Gudeg Pawon

Pawon adalah bahasa Jawa yang artinya dapur. Tidak heran jika kamu ke Gudeg Pawon, kamu bisa mengambil makanannya antri langsung ke pawon. Seru banget. Gudeg yang sudah berdiri dari tahun 1958 ini buka mulai pukul 10 malam sampai 1 dini hari. Saking banyaknya yang ngantri, dalam tiga jam pun sudah ludes. Kamu bisa datang ke Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta jika ingin ke Gudeg Pawon. Harganya murah meriah, kok hanya Rp. 11.000 – Rp. 24.000 per porsi.

3. Mie Ayam Bu Tumini dengan Kuah Coklat Lezat

Menyantap mie ayam dengan ceker memang paling nikmat, apalagi jika kuahnya kental dan gurih. Itulah yang bisa kamu dapatkan jika ke Mi Ayam Bu Tumini. Kuah coklat mie ayam Bu Tumini ini memang terkenal banget di kalangan pecinta kuliner. Harga seporsinya pun tidak lebih dari Rp. 10.000. Kamu bisa coba datang sendiri untuk mencicipinya, lokasinya di Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

4. Sate Klatak Pak Bari yang Masuk Film

Sebelum ada AADC 2, Sate Klatak Pak Bari memang sudah populer. Namun, setelah masuk dalam scene film AADC 2, makin populer warung sate unik ini. Keunikan sate ini karena tusuknya bukan pakai kayu, tapi pakai jeruji sepeda. Apalagi, harga per porsinya pun sekitar Rp. 20.000 saja, bisa juga tambah gudeg kalau suka. Warung sate mantab ini ada di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul, DIY. Bukanya mulai pukul setengah tujuh malam sampai 1 dini hari.

5. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan yang Bikin Rindu

Gudeg Mbah Lindu sudah ada sejak zaman penjajahan sampai sekarang. Tidak heran jika selain makan gudeg, kamu juga bisa sekalian mengulik kisah sejarah Indonesia dari Mbah Lindu. Terlebih, gudeg ini masih menerapkan cara jual tradisional, jadi benar-benar terasa suasana kesederhanaannya. Kamu yang tertarik bisa langsung ke Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Biasanya buka pukul 5 pagi sampai 11 siang. Harga seporsinya pun sekitar Rp. 15.000-an.

6. Mie Ayam Grabyas yang Nikmat Tenan

Jalan-jalan ke kawasan Malioboro saat malam pasti membuat perut keroncongan, kalau sudah begitu paling enak makan mie ayam berkuah. Salah satu yang paling nikmat adalah Mie Ayam Grabyas. Mienya tidak hanya ditaburi suwiran ayam, tapi juga kulit ayam goreng yang gurih banget. Harga per porsinya pun tidak mahal, cukup Rp. 15.000 saja. Jam bukanya mulai 23.30 sampai 03.00 WIB. Kalau kamu penasaran banget, langsung saja ke Jl. Malioboro No. 60, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta.

7. Soto Lenthok Pak Gareng yang Makyus Banget

Masih di sekitar Malioboro, kamu yang suka makan soto bisa langsung ke tempat Soto Lenthok Pak Gareng yang jos banget. Biasanya, soto ini sudah buka mulai pukul 6 pagi, dan akan tutup jam 3 sore. Harganya juga murah meriah, untuk soto saja kamu cukup bayar Rp. 6000, kalau mau ditambah lauk lain-lain harganya menyesuaikan. Kalau mau sarapan pagi-pagi ke Soto Lenthok ini, cukup pergi ke Jl. P. Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tangen, Kota Yogyakarta.

8. Jenang Lempuyangan Bu Gesti yang Legit

Saat bosan sama yang gurih-gurih asin, saatnya makan yang gurih-gurih manis legit. Apalagi jika bukan jajan jenang Jogja, terutama di tempat Bu Gesti. Jenangnya ada macam-macam, mulai dari jenang candil, mutiara, sumsum, semua ada. Bahkan, para presiden Indonesia seperti Pak Soeharto dan Mu Megawati pernah juga makan jenang Bu Gesti ini. Harganya juga murah, Cuma Rp. 4000 per porsi. Biasanya buka dari pukul 8 pagi sampai 11 siang. Lokasinya ada di Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, Kota Yogyakarta.

9. Nasi Brongkos Warung Handayani yang Lezat

Kamu yang belum pernah coba makan nasi brongkos, saatnya mencobanya di Warung Handayani. Nasi brongkos ini adalah nasi dengan lauk macam-macam mulai dari sayur, kacang, dengan kuah santan yang kental. Paling pas kalau untuk sarapan atau makan siang. Di Warung Handayani, nasi brongkos dijual sekitar Rp. 7.500 saja seporsi. Biasanya warung ini dibuka pukul 7 pagi sampai 7 malam. Letaknya ada di Jalan Gading Nomor 2(Alun-alun Kidul), Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta.

10. Gudeg Yu Narni yang Nikmat

Biasanya, gudeg memang sedikit berkuah, istilahnya adalah gudeg basah. Namun, kalau kamu datang ke Gudeg Yu Narni, yang akan kamu jumpai adalah gudeg kering yang tidak kalah nikmat. Selain porsinya yang cukup dengan lauk bermacam-macam, harga per porsinya juga murah banget hanya sekitar Rp. 8000 sampai Rp. 12.000. Bisa juga tambah lauk dengan bayar sesuai lauk yang diambil. Gudeg Yu Narnia da di Jalan Margo Utomo, Jl. Kb. Dalem, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta. Biasanya buka mulai pukul 6 pagi sampai 10 malam.

11. Rujak Es Krim Pak Nardi Bikin Seger

Menikmati pedas, asam, manis rasa rujak ditambah dengan es krim yang dingin pasti akan membuat hari kamu lebih bersemangat. Di Jogja, ada rujak es krim paling makyus, namanya Rujak Es Krim Pak Nardi. Biasanya, Pak Nardi berjualan di Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Rujak es krim yang segar ini harganya cuma Rp. 6000 seporsi. Murah meriah dan bikin bahagia.

Itu tadi beberapa wisata kuliner murah meriah sekaligus paling nikmat di Jogja. Jangan lupa mampir, ya.