Destinasi Wisata Alam di Solo paling Populer

Diposting pada

Bingung mau mencari destinasi wisata alam di Solo? Kalau anda ingin melakukan wisata ke kota Solo tanpa menyesal dan bisa menikmati keindahan alam di kota bersejarah tersebut, maka anda harus menyimak pembahasan yang akan kita bahas kali ini. Tidak lain dan tidak bukan artikel ini akan membuka wawasan anda tentang tujuan wisata di Kota Solo.

Anda sangat beruntung apabila memiliki kesempatan berkunjung di kota Solo tersebut. Karena, selain dikenal sebagai kota tua yang memiliki sejarah panjang dan masih memiliki kekayaan budaya yang kental sekaligus menjadi kota yang berkembang, Kota Solo tersebut juga tidak kalah dengan berbagai destinasi wisata alam di Solo yang masih asri sebagai berikut.

1. Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu


Jangan lewatkan wisata alam yang sangat populer di Kota Solo ini. Suasana sejuk di bawah air terjun Tawangmangu sudah dikenal sejak zaman kakek dan nenek kita. Anda bisa menuju tujuan wisata tersebut dari pusat kota menuju timur sekitar 37 km, yaitu di Kabupaten Karanganyar. Dengan biaya ticket sebesar Rp 18.000,00, Anda sudah bisa masuk lokasi wisata.

2. Wisata Air Terjun Jumog


Kalau anda ingin wisata air terjun yang lebih murah, anda bisa menuju ke wisata air terjun jumog. Pilihan destinasi wisata alam di Solo memang cukup banyak, air terjun jumog sendiri terletak kurang lebih 40 km dari pusat kota. Dan seperti yang kami bahas tadi, anda cukup membayar Rp 5.000,00 dan sudah bisa masuk ke lokasi wisata. Cukup murah, bukan?

3. Wisata Taman Sriwedari


Meskipun tidak terletak di alam luas, namun apabila anda masuk ke wisata taman sriwedari tersebut, Anda bisa merasakan suasana asri yang penuh dengan sejarah Kota Solo. Taman tersebut terletak di kecamatan Lawiyan, dengan menyuguhkan sendratari wayang orang Mahabarata pada waktu tertentu. Untuk ticket masuk, cukup Rp 3.000,00 saja.

4. Wisata Taman Balekambang


Rasa penat anda akan terobati kalau anda berkunjung ke taman yang satu ini. Menjadi salah satu destinasi wisata alam di Kota Solo yang menghadirkan sarana rekreasi dan edukasi. Karena terbagi menjadi dua taman, yaitu taman Air Partini dan taman Hutan Partini dengan luas total 10 ha. Suasana alam yang asri akan sangat memanjakan para pengunjung termasuk Anda.

5. Wisata Taman Satwa Taru Jurug


Sangat populer di kalangan warga solo terutama bagi anak-anak. Iya, taman satwa Taru Jurug memang menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin melihat alam bebas dengan beragam satwa yang mengagumkan. Meskipun dengan harga ticket Rp 6.000,00 di hari normal dan Rp 7.000,00 di hari Minggu, biasanya pengunjung akan membludak di hari libur tersebut.

6. Wisata Agrowisata Sondokoro


Tahukan anda kalau sebelum menjadi taman wisata agrowisata Sondokoro, dahulu tempat tersebut adalah sebuah pabrik gula. Tetapi sekarang telah menjadi tempat wisata yang menyegarkan dengan pemandangan yang asri, ditambah dengan fasilitas lain seperti kolam renang, pijat refleksi, hingga flying fox. Anda bisa datang ke tempat wisata tersebut pada pukul 08.00-17.00 WIB.

7. Wisata Pura Mangkunegaran


Mengunjungi wisata yang satu ini akan mengingatkan Anda ke alam yang bersejarah. Merupakan bangunan tua yang didirikan pada tahun 1757, pada masa KGPAA Mangkunegaran II. Bangunan tersebut masih terjaga hingga sekarang sehingga memanjakan pengunjung untuk menikmati sejarah. Di dalamnya masih terdapat benda-benda bersejarah lainnya.

8. Wisata Water World Solo Baru


Anda bisa berkunjung ke wisata ini di akhir perjalanan wisata. Langsung saja menuju ke Kabupaten Sukoharjo dan Anda akan dimanjakan dengan wahana air yang memanjakan. Yang unik dari tempat wisata ini adalah adanya patung besar yang diambil dari tokoh pewayangan. Jangan lupa untuk berkunjung di jam buka yaitu pukul 08.00-18.00 WIB.

9. Wisata Tugu Lilin


Tugu yang bersejarah dengan dibangun pada tahun 1933 tersebut sangat layak untuk Anda kunjungi. Tahukah Anda, bahwa Tugu Lilin tersebut juga dikenal sebagai Tugu Kebangkitan Nasional, yang terletak di perbatasan antara Solo dengan Kartasura. Selain memiliki nilai sejarah yang kental, wisata tersebut juga cocok untuk dijadikan spot berfoto.

10. Wisata Taman Cerdas Jebres


Sesuai dengan namanya, taman tersebut terletak di kelurahan Jebres. Bukan wisata alam yang asli, namun masuk dalam daftar destinasi wisata alam di Solo, karena merupakan tempat wisata terpadu yang bisa mengenalkan anak-anak ke alam yang luas dengan berbagai wahana wisata yang mencerdaskan anak-anak.

11. Wisata Taman Hutan Rakyat


Supaya lebih mudah, sering disingkat menjadi Tahura. Juga terletak tidak terlalu jauh hanya sekitar 1,5 jam ke arah Tawangmangu dari pusat kota. Karena terletak di lereng pegunungan, pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk dan juga berbagai jenis satwa hingga 34 jenis satwa. Tidak lupa, Anda juga bisa mendapatkan tempat yang cocok untuk berfoto bersama teman atau kerabat anda.

12. Wisata Candi Sukuh


Siapa penemu candi tersebut? Yaitu Johnson pada tahun 1815. Yang pada waktu itu untuk keperluan penulisan buku History of Java. Tidak hanya itu, candi tersebut juga sempat di usulkan oleh UNESCO yaitu pada tahun 1995. Nah, kalau anda mau berkunjung ke lokasi tersebut, Anda bisa menuju ke Kabupaten Karanganyar, tepatnya di Kelurahan Berjo.

13. Wisata Candi Cetho


Hanya terletak sekitar 4 km dari Candi Sukuh, sayang kalau Anda tidak menyempatkan ke tujuan wisata tersebut. Apalagi suasana alam religius yang masih kental tentu akan sangat berkesan untuk perjalanan wisata Anda. Karena tempat tersebut masih digunakan untuk beribadah, maka pengunjung diwajibkan untuk menaati segala peraturan yang berlaku.

14. Wisata Kebun Strawberry Karanganyar


Lengkapi tujuan wisata anda dengan mengunjungi kebun buah yang satu ini. Merupakan destinasi wisata alam di Solo yang paling berkesan di antara yang lainnya. Hanya disini anda bisa menikmati kebun buah strawberry yang asri yang tidak bisa dinikmati di tempat lainnya. Adapun kebun tersebut terletak di kelurahan Kalisoro, Kabupaten Karanganyar.

15. Wisata Agrowisata Amanah


Juga terletak di Kabupaten Karanganyar, tempat wisata yang satu ini lebih sering digunakan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kota Solo untuk area outbond. Area yang luas serta pemandangan yang masih asri menjadi salah satu alasan mengapa tempat tersebut cocok digunakan untuk wisata keluarga terutama untuk sarana permainan atau outbond tersebut.

16. Wisata Bumi Perkemahan Sekipan


Kebanyakan bumi perkemahan hanya digunakan untuk area perkemahan sesuai dengan namanya. Namun, Bumi Perkemahan Sekipan mampu memberikan hal berbeda bagi para pengunjung. Selain untuk berkemah, pengunjung juga dimanjakan dengan waterpark, penjelajahan rumah khas papua, hingga kampung halloween yang menarik untuk dicoba.

Nah, demikian adalah beberapa destinasi wisata alam di Solo yang bisa anda kunjungi. Karena banyaknya pilihan destinasi, maka Anda tidak akan kekurangan destinasi ketika hendak berkunjung ke Kota Solo.