Destinasi Wisata Alam di Makassar paling Populer

Diposting pada

Provinsi Sulawesi Selatan tentu mempunyai beberapa aspek wisata alam yang sangat indah dan susah bikin kita untuk beranjak dari daerah tersebut. Dari panorama yang indah hingga sajian kulinernya memiliki keistimewaan yang tersendiri dan tidak dapat untuk disamakan dengan daerah- daerah yang lainnya di Indonesia. Sayangnya, tidak juga banyak yang tahu, tentang destinasi wisata yang berada di Makassar tersebut.

Tentu saja Publik hanya akan mengetahui beberapa spot wisata yang ngehits saja, contohnya seperti Pantai Losari atau Trans Studio Makassar. Padahal memang tidak sedikit beberapa spot sangat asyik dan juga beberapa destinasi yang tidak kalah menarik untuk kita dikunjungi. Hal tersebut khususnya di beberapa daerah di sekitaran Makassar. Apasajakah destinasi tersebut? Simak pembahasan dibawah ini.

Taman Nasional Bantimurung


Taman Nasional Bantimurung sudah terkenal di Makassar. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Makassar. Namun memang sangat pantas di sebut sebagai destinasi wisata alam yang di rekomendasikan oleh orang banyak. Karena luasnya, memang mencapai 43.750 hektar. Nah dari situlah banyak destinasi- destinasi alam yang masih sangat indah. Wilayahnya yang meliputi bukit kapur, dan beberapa air terjun serta beberapa gua, menjadikan tempat ini sangatlah eksotis.

Beberapa fasilitas lain, terdapat di tempat ini, diantaranya flying fox, fasilitas untuk berenang pada kolam yang telah tersedia, bermain dengan keluarga di bawah air terjun atau kita dapat menjelajahi beberapa gua yang ada di kawasan ini.

Tiket masuk ke Taman Nasional Bantimurung adalah 20.000 Rupiah per orangnya.

Taman Laut Taka Bonerate


Taman laut yang indah ini terletak di kota Benteng, di Kepulauan Selayar. Tempat wisata alam ini merupakan sebuah surga bagi penyelam dan juga bagi siapapun yang menyukai snorkeling. Saat anda melakukan snorkeling atau menyelam ke dasar laut, Anda dapat berenang dengan melihat ratusan jenis ikan, bila beruntung anda dapat menjumpai penyu dan juga kura- kura. Kecantikan dari terumbu karangnya mampu membuat Anda ingin berlama- lama untuk menyelam di sini.

Meskipun begitu, menyelam di kawasan tempat wisata alam ini, harus mendapat izin terlebih dahulu dari petugas Balai Taman Nasional, yang tentunya akan memeriksa kartu identitas anda yang masih berlaku. 25.000 Rupiah adalah harga untuk wisatawan lokal dan 60.000 Rupiah adalah biaya untuk wisatawan luar negeri. Jika anda hendak menyewa beberapa peralatan menyelam, harus membayarnya sebesar 250.000 Rupiah.

Malino


Malino merupakan destinasi wisata pada dataran tinggi dan tidak asing untuk menawarkan beberapa panorama khas pegunungan. Menuju ke Kawasan ini, harus menempuh sekitar 90 km dari kota Makassar. Dengan ciri khas dataran tinggi, tentu anda akan melewati beberapa pemandangan indah Selama berjalan menuju kawasan Malino ini. Beberapa pemandangan hutan pinus dan juga batu kapur tentu akan sangat terasa di sini. Sejak zaman Belanda, kawasan ini sudah menjadi tempat wisata favorit mereka.

Tanjung Bira


Menuju ke tempat ini, akan memakan waktu yang cukup lama, dari kota Makassar. Namun, penantian panang tersebut, akan sangat berarti ketika anda sudah menginjakkan kaki anda di atas pasirnya. Tanjung Bira memang sudah terkenal dengan destinasi pasir yang sangat selembut dan bisa diartikan seperti seputih bedak bayi dan juga airnya yang memang sangat jernih kebiruan.

Tentu saja tempat ini sangat terkenal dikalangan turis lokal dan turis asing. Untuk Snorkling akan dikenakan dengan biaya 30.000 Rupiah. Dan sepeda motor dengan biaya sewa 65.000 Rupiah per hari.

Fasilitas penginapan, restoran serta kamar mandi setelah berenang akan sangat lengkap di sini. Untuk tiket masuknya saja hanya dikenakan biaya 5.000 Rupiah per orang.

Danau Tempe


Danau yang berada di bagian barat dari Kabupaten Wajo. Dan faktanya tempat ini adalah tempat penghasil ikan tawar yang terbesar di dunia. Berada di atas danau, memiliki banyak rumah yang terapung yang dimiliki nelayan yang berada di sana.

Bila anda mengunjungi tempat ini, bisa memancing atau hanya berkeliling dengan menggunakan sewa perahu nelayan. Disamping itu, Anda dapat membeli ikan segar dengan berbagi macam jenis dan juga sayuran yang ditanam di sekitar danau.

Banyak budaya yang memang terdapat di daerah ini, jadi anda harus tahu jadwal untuk datang ke daerah ini.

Pemandian Air Panas Lejja


Karena letaknya dekat pegunungan, anda dapat mengunjungi pemandian air panas ini terkenal yang berada di kawasan hutan lindung terletak Kecamatan Marioriawa, di Kabupaten Soppeng. Pemandangan yang terdapat di sekitar kolam pemandian tersebut, tentu saja sangat indah dengan banyaknya pepohonan yang rindang dan juga udara yang sangat sejuk. Terdapat beberapa gazebo, untuk istirahat yang disewakan sebesar 50.000 Rupiah per dua jam.

Biaya berendam di kolam ini, cukup murah, sekitar 5.000 Rupiah untuk dewasa dan juga 3.500 Rupiah untuk usia anak- anak.

Pantai Akkarena


Pantai Akkarena memang sangat terkenal sebagai salah satu pantai Makassar yang memiliki spot pemandangan sunset terindah. Disamping itu, Pantai Akkarena memang dilengkapi dengan area khusus untuk memancing. Hal tersebut sangat untuk dijadikan sebuah pilihan tempat rekreasi bersamaan dengan sanak keluarga. Selain hal tersebut, tentu saja dapat digunakan untuk lokasi pre-wedding dan juga sekedar bersantai menikmati alam di pinggir pantai.

Daya tarik utama pada tempat wisata Pantai Akkarena ini adalah sebuah dermaga yang dimilikinya, dengan sepanjang 150 meter. Dan anda dapat menyaksikan sebuah keindahan panorama matahari terbenam dengan sempurna.

Lokasi tempat : Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Kota Makassar.

Pulau Kodingareng Keke


Memiliki jarak 14 km dari destinasi Pantai Losari di Makassar, Pulau Keke ini layak disebut ‘hidden paradise’ yang dimiliki oleh wisata alam di Makassar. Wisata alam tersebut tentu sangatlah cocok untuk melepas penat. Dengan pasir pantai yang ada di Pulau Kodingareng Keke ini, kita akan dimanjakan secara maksimal. Apalagi pasir pantai disini berwarna putih halus, di temani oleh Air lautnya yang masih jernih, dengan warna biru tosca.

Pulau Kodingareng Keke menjadi salah satu pulau yang tidak berpenghuni. Meskipun begitu, terdapat beberapa gazebo untuk bersantai. Bila anda ingin datang kesini, anda harus membawa perbekalan atau bahkan beberapa sarana bertahan hidup yang layak, karena di sini tidak terdapat penjual makan atau minum

Tarif sewa perahu kesini, memang akan mahal, oleh karena itu anda dapat patungan untuk datang kesini, dengan menyewa perahu berkapasitas 10 orang dengan tarif Rp500.000.

Pulau Samalona, Makassar


Salah satu pulau yang memiliki ukuran kecil di Indonesia yang tentu sangat terkenal dengan keindahannya, yaitu Pulau Samalona Makassar. Di Makassar memang terkenal dengan destinasi pantai yang sangat baik, berpasir putih dan juga berombak tenang, ditambah pemandangan bawah laut yang memang sangat terlihat menakjubkan karena beragam karang dan juga koral.

Lokasi: Pulau Samalona, Makassar, Sulawesi Selatan