Destinasi Wisata Alam di Jogja Paling Populer

Diposting pada

Destinasi wisata di Yogyakarta memang seolah tiada matinya. Meskipun terkenal dengan pariwisata bersejarah, Yogyakarta juga populer dengan kondisi alamnya yang memukau mata. Surga-surga tersembunyi Jogja memanggil-manggil untuk dikunjungi wisatawan, mengajak menjelajah bersama teman sejawat atau keluarga. Mulai dari air terjun sampai gunung, daratan berpasir sampai taman yang dipenuhi bunga-bunga. Jika sudah begitu, siapa yang tidak kangen dengan Jogja.

Apabila kamu salah satu yang mengidamkan bisa menikmati lokasi-lokasi alam di Jogja, mungkin harus ke tempat-tempat populer berikut ini terlebih dulu. Jangan lupa, ajak teman, keluarga, atau mungkin pacar tersayang. Di mana saja wisata alam paling tenar dan hits di Yogyakarta? Di sini tempatnya.

1. Tebing Breksi dan Keunikannya

Apa jadinya jika sebuah tempat bekas pertambangan menjadi tempat wisata? Hal unik itu bisa kamu jumpai saat berkunjung ke Tebing Breksi. Ada banyak tangga yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tebing bagian atas, di jalur tangga itu kamu bisa foto-foto dengan berbagai ukiran yang menarik seperti ukiran naga atau wayang. Di atas, kamu bisa melihat pemandangan hijau dan langit membentang luas. Selain ramah pengunjung, wisata ini juga gratis alias tanpa tiket. Kamu cukup membayar parkir kendaraan seiklasnya (biasanya sekitar Rp. 2.000 – Rp. 5.000). Di samping wisata, ada warung-warung yang menjajakan makanan. Apabila tertarik, kamu bisa langsung ke Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

2. Serunya Main di Air Terjun Kedung Pedut

Kalau kamu suka main basah-basahan, jangan lupa untuk berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa memacu adrenalin dengan naik flying fox. Kamu juga tidak perlu takut kelaparan, karena banyak warung yang menjajakan makanan. Terlebih, berkunjung ke wisata ini gratis, kamu hanya perlu membayar jika ingin naik wahana. Misalnya, untuk naik flying fox, ditarif sekitar Rp. 15.000. Lokasi air terjun ini ada di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

3. Wisata ke Gumuk Pasir Parangkusumo Serasa di Luar Negeri

Tidak hanya punya wisata bertema alam pegunungan, Jogja juga punya wisata unik yang bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Di sini, kamu bukan hanya menikmati pemandangan pasir yang maha luas, tapi juga bisa melakukan sandboarding atau naik ATV. Pemandangan di sini mirip-mirip seperti gurun di Timur Tengah sana. Tiketnya pun gratis, hanya perlu membayar biaya parkir sekitar Rp. 3000 sampai Rp. 10.000. Untuk melakukan sandboarding, kamu bisa membayar Rp. 200.000. Sedangkan jika ingin naik kuda atau naik ATV biaya sewanya sekitar Rp. 50.000-150.000. Lokasinya sendiri ada di Jl. Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

4. Pantai Jogan yang Memukau Mata

Pantai Jogan memang unik, karena memiliki air terjun yang airnya mengalir langsung ke tepi laut. Bisa dibilang, ketika kamu berkunjung ke Pantai Jogan, bonus melihat air terjun. Hanya saja, jika ingin merasakan guyuran air terjunnya, kamu harus melewati medan yang curam. Jadi sebaiknya berhati-hati, selain itu banyak kepiting kecil di antara batu karang. Tiket masuknya pun masih murah, hanya Rp. 3000 dan ditambah bayar parkir sekitar Rp. 2000. Kalau penasaran, bisa langsung ke Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Menyusuri Kalisuci Cave Tubing

Kamu yang ingin berwisata alam seru, paling direkomendasikan ke Kalisuci Cave Tubing. Di sini aliran sungai melewati tebing-tebing nan curam, tidak lupa pemandangan hijau di kanan kiri yang memukau mata. Pengunjung bisa melakukan rafting maupun tubing dengan berbagai peralatan yang sudah disediakan. Tiket per orangnya hanya Rp. 70.000 sudah termasuk makan mie gratis di akhir penyusuran. Namun, jika kamu membawa orang kurang dari 5, harus membayar Rp. 350.000, jadi sebaiknya datangnya rame-rame. Lokasi wisata seru ini ada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

6. Menikmati Alam di Puncak Becici

Julangan pohon pinus dan segarnya udara pegunungan bisa kamu dapatkan jika pergi ke Puncak Becici. Di sini udaranya masih sangat bersih, bahkan kamu harus mendaki selama 15 menit supaya sampai di puncak. Di Puncak Becici banyak disediakan spot foto menarik, seperti gardu pandang, gazebo, ayunan dan lain-lain. Tiket masuknya juga hanya Rp. 2500. Jangan lupa siapkan juga biaya parkir sekitar Rp. 2000 – 5000. Lokasi wisata alam Puncak Becici ini berada di Gunungcilik RT. 07/ RW. 02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Pemandian Tirta Budi yang Alami

Kolam renang buatan mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika kamu bisa mandi di kolam renang alami? Pasti rasanya lebih wah. Ketika ke Jogja, jangan lupa untuk ke Pemandian Tirta Budi. Bukan hanya ada kolam yang bisa dibuat berenang, tapi juga air terjun yang airnya segar. Nuansa di sekitar juga masih asri. Saat lelah, kamu bisa istirahat di tepian atau gazebo. Pemandian ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore, tiket masuknya hanya Rp. 5000. Kalau penasaran, langsung saja ke Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istemewa Yogyakarta.

8. Indahnya Grojogan Lepo Dlingo

Seperti namanya, Grojogan Lepo Dlingo adalah sebuah air terjun yang indah memukau mata. Bahkan air terjunnya tidak hanya ada satu, tapi tiga air terjun yang mengalir hingga membentuk sebuah kolam jernih berwarna biru. Di sekitar air terjun, pemandangannya masih sangat hijau. Dan di sekitar wisata juga sudah ada warung yang berjualan aneka makanan. Untuk wisata ke sini, kamu tidak dipungut biaya, tapi masih harus bayar parkir sekitar Rp. 2000 – 10000. Selain itu, pelampung juga disewa sendiri. Jika penasaran, langsung saja ke Grojogan Lepo Dlingo ini, lokasinya ada di Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Hutan Mangrove yang Fantastic

Jogja juga punya kawasan hutan mangrove yang dikelola sedemikian rupa sehingga tampilannya sangat indah dan cocok untuk selfie. Letaknya ada di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo, DIY. Tidak jauh dari Pantai Congot, sekitar 7 kilometer saja. Di hutan mangrove ini kamu bisa jalan-jalan di atas jembatan bambu, atau kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling via air. Tiket masuknya juga murah meriah, hanya Rp. 5000, dan jika ingin naik perahu juga cukup bayar Rp. 5000. Jangan lupa siapkan uang parkir kendaraan sekitar Rp 2000 sampai Rp. 5000.

10. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo sangat populer di Jogja. Hal ini karena pantai ini memiliki laguna alami yang bisa dipakai berenang dengan nyaman. Namun, kamu juga harus waspada jika sewaktu-waktu ada ombak datang. Namun, jika tidak ingin berenang, kamu bisa juga berjalan-jalan di sekitaran dan berfoto ria. Jika datang ke sini, kamu cukup bayar tiket Rp. 5000. Lokasinya sendiri berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itu tadi adalah beberapa wisata alam populer yang ada di Jogja. Gimana, seru-seru kan?