Destinasi Tempat Wisata di Pidie Paling Menarik dan Menarik

Diposting pada

Tempat Wisata di Pidie – Salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, yaitu Kabupaten Pidie merupakan wilayah dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Tercatat kepadatan penduduknya adalah yang terbesar ke dua usai Aceh Utara. Selain itu, Pidie juga terkenal dengan perekonomiannya yang kian berkembang dikarenakan masyarakatnya yang suka merantau. Belum lagi iklim serta jenis tanah di Pidie sangat mendukung untuk pertanian, dan berpotensi tinggi dalam pengembangan wisata.

Setelah bangkit dari keterpurukan akibat tsunami yang sempat melanda Aceh, Pidie kini semakin berkembang dengan berbagai destinasi wisata. Mulai dari wisata bersejarah, pantai, air terjun, dan bahkan goa, tersedia untuk wahana rekreasi masyarakat Pidie dan juga wisatawan dari luar daerah. Apabila kamu ingin jalan-jalan ke Pidie, mungkin beberapa destinasi wisata ini cocok untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Pidie

Museum Tsunami Kota Sigli


Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya bahwa Sigli adalah salah satu kawasan yang parah terkena dampak tsunami. Inilah mengapa, selain di Banda Aceh, museum peringatan peristiwa menggemparkan tersebut juga dibangun di Sigli. Lokasinya ada di Kuala Pidie, Kecamatan Sigli, Pidie, Aceh. Dekat pula dengan Pendopo Wakil Bupati Kota Sigli. Di museum ini, kamu dapat melihat gambaran seperti apa aceh sewaktu terkena tsunami. Nama-nama korban pun terpajang jelas di sudut tembok berwarna hitam. Museum Tsunami Sigli juga memiliki fasilitas umum lengkap seperti toilet dan mushola. Terlebih, lokasinya pun dekat pantai sehingga kamu dapat sekalian jalan-jalan ke pantai usai dari sini.

Air Terjun Tangse


Ketika penat menempuh perjalanan jauh di Pidie, dan kamu melewati jalan Beureuneun-Geumpang, tidak ada salahnya berhenti sejenak di Air Terjun Tangse. Sebab, air terjun satu ini saat unik karena keberadaannya yang pas di tepi jalan. Aliran air terjunnya cukup deras, dan mengalir hingga ke sungai di sebrang jalan. Tidak heran jika banyak pengendara yang menyempatkan mampir sejenak di wisata satu ini.

Namun, karena memang letaknya yang ada di kawasan umum, wisata ini tidak diberi faslitas apa pun. Mushola atau toilet bisa kamu sendiri di sekitaran jalan, tetapi warung-warung cukup banyak berjejer sehingga kamu tidak akan kelaparan. Untuk lokasi tepatnya dari Air Terjun Tangse ini ada di Gampoeng Meuriya, Tangse, Kabupaten Pidie, dan tidak dipungut tiket apa pun.

Puncak Kule


Kamu yang suka menikmati pemandangan alam, maka Puncak Kule sangat direkomendaskan untuk dikunjungi. Pesona Puncak Kule akan membuat pikiran yang keruh menjadi lebih rileks, karena pemandangan indah yang disajikan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Kota Sigli, tepatnya ada di Kecamatan Batee. Lokasi ini juga cocok untuk kamu yang suka berburu foto lanskap.

Pantai Mantak Tari


Wisata pantai paling populer di Sigli adalah Pantai Mantak Tari. Lokasinya ada di Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, Aceh. Jika berangkat dari Sigli, kamu cukup menempuh 15 menit untuk sampai di pantai eksotis ini. Pantai Mantak Tari terkenal akan pasirnya yang berwarna hitam legam, pasir tersebut bahkan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit oleh masyarakat.

Pemandangan sekitar juga mendukung, terutama dengan deretan pohon cemara, pohon kelapa, dan bebatuan pemecah gelombang. Pantai ini juga kerap dijadikan tempat piknik keluarga. Ombak yang tenang membuat Mantak Tari cukup aman untuk berenang. Namun, untuk fasilitas umum, pantai ini belum terlalu memadai. Sehingga lebih disarankan untuk menyewa hotel terdekat sebagai tempat istirahat, mandi, sholat dan lain-lain.

Air Panas Beungga


Kabupaten Pidie juga memiliki wisata air panas yang cukup populer, namanya adalah Air Panas Beungga. Bisa dibilang, air panas ini seperti oase di tengah dinginnya suhu sekitar. Sebab, air panas Beungga terletak di Kaki Gunung Bukit Barisan yang mana memiliki udara cukup dingin. Warga menduga jika kolam air panas tersebut berasal dari Pegunungan Bukit Seribu. Sebab, di sekitar Air Panas Beungga juga terdapat kolam-kolam lain. Suasana alamnya sendiri masih sangat asri, cocok untuk menemani berendam. Untuk lokasi tepat Air Panas Beungga ini terletak di Dusun Blang, Desa Jijiem, Kemala, Pidie, Aceh.

Waduk Rajui Padang Tiji


Sebuah bendungan untuk pengairan memang kerap berubah menjadi tempat wisata. Termasuk Waduk Rajui Tiji yang ada di Kaki Lembah Sulawah, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Aceh. Waduk ini mengairi lahan pertanian untuk masyarakat di Kecamatan Bate, Delima, Grong-Grong, Laweung, dan tentu saja Kecamatan Padang Tiji.

Bendungan yang dibangun sejak 2013 lalu ini, kerap didatangi warga pada sore hari untuk menikmati pemandangan, udara yang sejuk dan tenangnya air waduk. Bahkan banyak para pedagang yang kerap berjualan di sekitar waduk. Namun, apabila kamu berniat ke waduk ini, kamu tidak akan menjumpai fasilitas umum seperti toilet dan mushola. Hal ini karena para pelancong pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati keindahan Waduk Rajui Padang Tiji.

Lingkok Kuwieng


Siapa sangka jika Kabupaten Pidie pun memiliki grand canyon sendiri. Namanya adalah wisata Lingkok Kuwieng. Terletak di Hutan Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Aceh. Disebut sebagai grand canyon-nya Aceh, sebab dinding-dinding ngarai yang terbentuk hampir mirip dengan wisata grand canyon di Amerika. Dinding-dinding tersebut terbentuk secara alami akibat erosi, dan menghasilkan pemandangan yang sangat indah. Air di sungainya pun bersih dan bening, bisa untuk berenang atau sekadar bermain air. Namun, untuk menjangkau tempat ini, kamu memerlukan kendaraan roda dua yang cukup memadai, sebab jalanannya cukup sulit dan terjal.

Masjid Po Teumeureuhom


Apabila ingin melakukan wisata religi sekaligus bersejarah, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Masjid Po Teumeureuhom. Masjid ini didirikan semasa Sultan Iskandar Muda masih berjaya. Awalnya dibuat dari kayu rumbia, dindingnya pun dibuat dari campuran batu dan kapur. Kemudian mengalami pembongkaran dan dibuat yang lebih bagus. Akan tetapi yang paling menarik dari masjid ini adalah adanya barang peninggalan Iskandar muda, yaitu mimbar masjid dan tongkat sepanjang 1.2 meter. Jika kamu penasaran, datang saja ke Kecamatan Kota Sigli, lalu berkendara 4km ke barat.

Guha Tujoh


Wisata alam di Pidie tidak hanya sebatas pantai, air terjun, dan gunung. Ada pula sebuah goa misterius yang diberi nama Guha Tujoh. Terletak di Jl Banda Aceh KM 100, Desa Laweung, Muara Tiga, Pidie. Tepatnya ada di gunung batu Laweung. Nama Tujoh sendiri mungkin karena dulunya goa ini memiliki 7 pintu, yang sayangnya kini tinggal 4. Masyarakat sekitar pun percaya bahwa Guha Tujoh ini tidak berujung, dan ujung sebenarnya dipercaya mencapai Arab. Namun, tanpa mengesampingkan kepercayaan tersebut, Goa satu ini memang cukup indah dan patut untuk dikunjungi.

Krueng Geunie


Krueng Geunie adalah wisata pemandian alam yang terletak di Kecamatan Tangse, Pidie. Di sini pengunjung dapat mandi sungai dan merasakan segarnya air yang mengalir. Kepopuleran Krueng Geunie akhir-akhir ini pun cukup menarik perhatian banyak masyarakat sehingga tiap hari makin ramai. Banyak yang senang berenang di sini karena airnya segar dan pemandangan sekitar sangat asri, sehingga cocok untuk melepas penat.