Destinasi Tempat Wisata di Magetan Tidak Kalah Menariknya

Diposting pada

Tempat Wisata di Magetan – Magetan merupakan kabupaten yang ada di Jawa Timur yang dari zaman dulu terkenal dengan home industry-nya. Mulai dari kerajinan-kerajinan kulit yang pada umumnya dibuat menjadi sandal atau tas, anyaman bambu, bahkan sampai makanannya, seperti jeruk pamelo, tengginang, dan kerupuk lempeng.

Tempat Wisata di Magetan

Tapi, kurang lengkap rasanya kalau Anda berkunjung ke Magetan hanya mencicipi home industry-nya saja. Di sana, masih banyak destinasi wisata yang sayang kalau Anda lewatkan begitu saja. Penasaran dengan tempat wisata apa saja yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga maupun teman-teman? Inilah daftar referensinya.

1. Air Terjun Tirtasari

Destinasi wisata yang bisa Anda nikmati di luar pusat kota adalah Air Terjun Tirtasari yang lokasinya ada di Desa Ngancar, Plaosan, Magetan. Di sini, Anda bisa menikmati air terjun beserta keindahan pegunungan yang begitu asri. Anda pun juga bisa bermain-main air di air terjunnya yang berasal dari pegunungan asli.

Tidak heran kalau airnya begitu jernih dan segar. Selain bermain air, Anda juga bisa menyewa kuda yang bisa Anda manfaatkan untuk berkeliling sekitar pegunungannya. Untuk harga tiketnya, Anda hanya perlu membayar Rp 9.000 saja per orang. Wisata yang murah, bukan?

2. Pemandian Banyu Biru

Sesuai dengan namanya, Pemandian Banyu Biru memiliki air yang sangat jernih ditambah dengan lapisan keramiknya berwarna biru yang membuat airnya akan terlihat seperti berwarna biru jernih.

Anda tidak akan kecewa saat mendatangi tempat ini karena juga akan disuguhi suasana yang nyaman dan sejuk karena dikelilingi pepohonan yang rimbun dan berada di kawasan pegunungan. Selain dijadikan tempat mandi, di sini juga disediakan tempat untuk berolahraga, memancing, teater film, serta penangkaran hewan.

Kalau Anda penasaran dengan Pemandian Banyu Biru, kunjungi saja lokasinya di Jl. Raya Magetan Maospati, nomor 5, Sukomoro, Magetan. Dengan dibukanya setiap hari dan harga tiketnya yang murah, Rp 5.000 saja, Anda bisa melepas penat dari kesibukan sehari-hari di sini dengan tenang.

3. Telaga Sarangan

Siapa bilang telaga tidak bisa dijadikan tempat wisata? Nyatanya, Telaga Sarangan yang berlokasi di lereng Gunung Lawu, Plaosan, Magetan ini berhasil membuat daerahnya menjadi destinasi wisata yang populer. Di sini terdapat berbagai macam fasilitas yang bisa Anda nikmati, mulai dari pasar wisata, taman bermain anak-anak, taman yang asri, serta speed boat.

Kalau Anda ingin mencoba suasana malamnya, Anda bisa menggunakan fasilitas camping ground-nya yang harganya sangat murah. Tidak ketinggalan pula penyewaan kudanya yang bisa mengajak Anda berkeliling mengitari telaganya.

Harga tiketnya? Tenang saja, biaya tiketnya sangat murah, yaitu hanya Rp 10.000 saja. Untuk tiket masuk kendaraan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor, sedangkan biaya parkirnya Rp 1.500 bagi kendaraan roda 4 dan Rp 1.000 kendaraan roda 2.

4. Kampoeng Pinus Sarangan

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana yang tenang dan sejuk, coba saja berkunjung ke Kampoeng Pinus Sarangan yang letaknya di Jl. Ngroto Sarangan, Sarangan, Magetan. Di tempat ini disuguhkan pemandangan pepohonan pinus yang menjulang tinggi, ditambah lagi dengan bangungan-bangunan warung, toilet dan sebagainya menggunakan bahan bambu sehingga, suasana alaminya yang melekat dan pengunjung akan merasa lebih nyaman.

Di sini juga disediakan berbagai macam wahana, seperti ATV, outbound, sepeda gunung, flying fox, sampai paintball. Kalau Anda sudah merasa lelah untuk pulang, pengelola sudah menyediakan camping ground dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp 30.000 per malam. Sedangkan harga wahana lainnya sebesar Rp 240.000 untuk outbound, Rp 50.000 untuk paintball, dan Rp 30.000 untuk menyewa ATV.

5. Air Terjun Pundak Kiwo

Air terjun di Magetan memang tidak kalah menarik dari yang lain, termasuk Air Terjun Pundak Kiwo yang berada di Desa Ngancar, Plaosan, Magetan. Pada awalnya, tempat ini belum memiliki pengelola. Namun, seiring berjalannya waktu dan air terjunnya mulai dikenal banyak wisatawan, barulah tempat ini menjadi lebih baik lagi.

Sudah banyak sarana-sarana yang bisa dipakai oleh pengunjung untuk membuat mereka lebih nyaman, seperti gazebo untuk beristirahat dan bersantai, tempat parkir yang cukup luas, serta toilet. Bagi Anda yang ingin masuk ke sini, perlu membyar tiket masuk dengan harga yang murah, yaitu hanya Rp 3.000 saja.

6. Cemoro Sewu

Bagi Anda yang berlibur ke Magetan bersama dengan anak-anak, kegiatan agrikultur di Cemoro Sewu mungkin bisa Anda coba. Tempat ini terletak di Desa Ngancar, Plaosan, Magetan dan menjadi destinasi wisata untuk memetik buah strawberry.

Di sini, Anda bisa memetik strawberry secara langsung dan bisa membawanya pulang atau langsung diolah menjadi jus. Namun, Anda harus membayar sejumlah biaya sekitar Rp 5.000 sampai Rp 25.000 yang disesuaikan dari jumlah strawberry yang Anda petik.

7. Desa Wisata Wonomulyo

Kalau Anda menonton film The Hobbit, pasti tahu hobbit yang memiliki rumah yang kecil dan unik. Di Desa Wisata Wonomulyo, Anda pun bisa melihat rumah hobbit sama seperti di film. Destinasi wisata yang unik dan menarik ini terletak di Dusun Wonomulyo, tepatnya di Desa Genilangit, Poncol, Magetan.

Di tempat ini, banyak rumah pohon dan rumah hobbit yang bisa dijadikan tempat spot foto yang bagus untuk Anda. Tidak heran, hampir setiap harinya, desa wisata ini selalu ramai dikunjungi, terutama anak-anak mudanya. Dengan udaranya yang sejuk dan segar, siapapun pasti akan betah berlama-lama di sini. Sampai saat ini, tempat ini belum dikenakan biaya apapun alias gratis.

8. Taman Bedengan

Anda yang ingin mencoba berlibur di daerah pegunungan, mungkin jangan sampai melewatkan destinasi wisata Taman Bedengan. Di sini, Anda bisa menikmati alam dari ketinggian, begitu pula Anda juga bisa melihat pemandangan Kota Magetan dari jauh.

Sebagai tempat wisata yang belum lama dibuka, tempat ini ternyata sudah bisa menarik banyak pengunjung. Salah satu wahana yang menarik adalah adanya ayunan yang mirip seperti di Coban Putri, sehingga Anda bisa merasakan sensasi ayunan yang memacu adrenalin. Anda yang ingin mengunjungi taman ini, bisa datang ke Desa Genilangit, Poncol, Magetan. Harga tiketnya pun murah, yaitu Rp 5.000 saja.

9. Taman Ria Maospati

Jika berkunjung ke Magetan, tidak ada salahnya bersantai-santai di tamannya, salah satunya adalah di Taman Ria Maospati yang berlokasi di Desa Pandean, Maospati, Magetan. Tidak seperti taman pada umumnya, di sini Anda bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada, seperti berenang, memancing, atau hanya sekedar duduk-duduk saja di kursi tamannya.

Hampir setiap hari, taman ini dijadikan tempat berkumpul berbagai macam komunitas, seperti komunitas skate board, komunitas parkour, dan masih banyak lagi. Di waktu-waktu tertentu pun Anda juga bisa melihat event-event yang meriah, misalnya saja pelelangan mobil bekas, konser musik, dan sebagainya. Tiketnya? Tentu saja masuk ke taman ini gratis.

10. Air Terus Jarakan

Destinasi wisata terakhir yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Jarakan yang berlokasi di Desa Ngancar, Plaosan, Magetan. Di sini, Anda bisa bermain-main air di kolam yang ada di bawah air terjunnya. Selain itu, Anda juga akan merasakan hawa sejuk dan segar dari pepohonan yang rimbun yang disertai suara-suara burung.

Anda pun juga bisa bersantai di gazebo yang sudah disediakan pengelola. Untuk tiket masuknya belum ada biaya yang dikenakan, tapi Anda masih harus membayar parkir sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil.