Destinasi Tempat Wisata di Kudus yang Tak Boleh Anda Lewatkan!

Diposting pada

Tempat Wisata di Kudus – Kabupaten Kudus merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal sebagai Kota Santri. Sebagai Kota Santri, tidak heran Kudus memiliki banyak fasilitas santri yang datang dari berbagai daerah. Selain dikenal sebagai Kota Santri, kabupaten di Jawa Tengah ini juga terkenal dengan produksi kreteknya yang begitu melimpah.

Namun, terkenalnya Kudus bukan hanya itu saja, karena di kota tersebut Anda bisa berkelana mengunjungi berbagai tempat wisata yang sayang kalau Anda lewatkan. Mulai dari curugnya, pantai, wahana air, dan masih banyak lagi bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Berikut beberapa destinasi wisatanya yang wajib Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Kudus

1. Air terjun Montel

Anda ingin merilekskan diri dengan pemandangan air terjun? Kunjungi saja air terjun Montel yang letaknya di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus. Anda yang berkunjung ke sana, akan disuguhi pemandangan alam yang asri dan indah, tak lupa juga air terjun dengan ketinggian 50 meter.

Kalau Anda sedang haus, Anda bisa langsung minum dari air terjunnya karena airnya bersih dan tentunya segar. Bagi yang sedang lapar pun juga disediakan warung-warung makan yang pastinya harganya sangat terjangkau. Tiket masuknya juga sangat murah, yaitu hanya Rp 5.000 saja per orang.

2. Air terjun Kalibanteng

Ingin merasakan suasana air terjun yang lainnya? Anda bisa mengunjungi air terjun Kalibanteng yang berlokasi di Desa Wisata Rahwatu di Kecamatan Gebog. Dengan ketinggian 30 meter, air terjun ini mempunyai hal unik mengenai jatuhnya air.

Airnya perlu melewati beberapa undakan yang berbentuk penampungan air, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk berenang. Salah satu undakannya berkedalaman 100 m dan satunya 50 m, jadi Anda bisa memilih tempatnya untuk berenang. Harga tiket masuknya hanya Rp 2.500 saja.

3. Waterboom Mulia

Bagaimana bagi Anda yang ingin bermain-main air dan berenang? Waterboom Mulia jawabannya yang letaknya di Jl. Kudus, Colo Km 12, Desa Lau di Kecamatan Bae. Tempat ini juga cocok untuk anak-anak karena disediakan aneka wahana air yang menyenangkan, seperti ember tumpah, kolam arus, seluncuran, dan masih banyak yang bisa Anda coba.

Kalau Anda suka memancing, di sini juga disediakan sarana pemancingan. Jadi, Anda bisa puas memancing dengan berbagai macam ikan dikembangbiakan. Harga tiket masuk untuk menikmati itu semua adalah Rp 15.000 saja. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur murah meriah di Kudus.

4. Desa Wisata Wonosoco

Jika Anda sedang berkunjung ke daerah selatan Kota Kudus, jangan lupa kunjungi Desa Wisata Wonosoco yang tepatnya berada di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan. Kalau berangkat dari pusat kota pun tidak terlalu jauh, karena bisa ditempuh selama 45 menit saja.

Di desa ini banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan sekaligus merasakan indahnya alam dengan suasana pedesaan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan alam Pegunungan Kadeng, hutan jatinya, maupun sawah-sawahnya. Untuk tiket masuknya pun sangat murah, yaitu Rp 3.000 saja tiap orangnya.

5. Museum Kretek

Bagi Anda seorang perokok, mungkin tidak ada salahnya mengunjungi Museum Kretek yang lokasinya ada di Jl. Getas Pejaten, nomor 155 di Kecamatan Jati. Karena terkenal dengan produksi kreteknya, Kudus akhirnya membuatkan museum khusus kretek agar masyarakat mengenal lebih dalam, mulai dari cara membuatnya, sejarahnya, dan peralatan-peralatannya.

Sudah ada 1.195 macam koleksi yang bisa Anda lihat di museum ini. Kalau Anda penasaran dengan cara membuatnya dan barang-barang promosi yang dulu pernah dipakai, kunjungi saja museum ini yang dibuka setiap hari dari jam 07.30 sampai 16.00. Tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp 1.500 saat weekdays dan Rp 2.000 saat weekends.

6. Kawasan Wisata Colo Kudus

Kawasan Wisata Colo Kudus merupakan destinasi wisata yang sayang Anda lewatkan. Berlokasi di daerah Pegunungan Muria, di Desa Colo, Kecamatan Dawe, kawasan ini menyajikan wisata alam yang indah dan mirip dengan salah satu wisata alam di Magelang, Kopeng.

Anda akan mendapatkan hawa pegunungan yang sejuk dan segar, karena banyaknya pepohonan rindang di sepanjang jalannya. Anda bisa sekaligus berwisata religi di makam Sunan Muria yang letaknya di puncak pegunungan. Di daerah wisata ini disediakan tukang ojek yang bisa Anda pakai untuk menuju puncaknya.

Kawasan wisata yang dibuka 24 jam ini memiliki harga tiket yang sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja tiap orang, Anda akan menikmati pemandangan alamnya sampai puas.

7. Museum Purbakala Patiayam

Kalau Anda ingin mengunjungi museum selain Museum Kretek, kunjungi saja Museum Purbakala Patiayam yang letaknya di Dukuh Kancilan yang berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo. Anda bisa menambah wawasan sejarah Anda mengenai fosil-fosil purbakala yang masih dirawat dengan sangat baik.

Koleksi-koleksi yang ada ternyata cukup lengkap, mulai dari fosil manusia purba, fauna jenis vertebrata sampai jenis invertebrata. Untuk harga tiket masuknya, sebenarnya tidak ada kewajiban membayar. Anda bisa membayar secara suka rela di kotak yang telah disediakan.

8. The Peak View Waterboom and Resto

Kudus juga memiliki waterboom yang sangat populer di kalangan wisatawan, yaitu The Peak View Waterboom and Resto. Destinasi wisata ini berada di Jl. UMK (Universitas Muria Kudus), Gondang Manis. Waterboom ini memiliki lahan yang luas, sehingga banyak disediakan wahana air dan berbagai macam kolam renang yang bisa disesuaikan dengan umur maupun kemampuan berenangnya.

Dilengkapi dengan pemandangan Gunung Muria, membuat kawasan ini semakin sejuk dan asri. Terdapat 4 kolam renang yang bisa dipilih, yaitu khusus anak-anak, kolam dengan kedalaman sedang, untuk dewasa, dan kolam olimpic yang sangat dalam.

Wahana airnya terdapat ember tumpah, body slide, baby pool, dan masih banyak lagi. Anda pun juga beristirahat di gazebo-gazebo yang sudah disediakan, jadi Anda tidak akan kepanasan pada siang harinya. Untuk tiket masuknya pun sangat terjangkau, Rp 25.000 Anda sudah bisa menikmati semua wahana air yang tersedia.

9. Air terjun Gonggomino

Kecamatan Dawe memang sangat terkenal dengan air terjunnya, salah satunya air terjun Gonggomino yang tepatnya di Desa Japan. Air terjun ini masih berada di kawasan Gunung Muria, sehingga menambahkan suasana asri dan segar saat memasuki wilayah tempat wisatanya.

Untuk menuju lokasi air terjunnya, sebenarnya cukup sulit karena harus melalui aliran sungai yang cukup deras. Anda yang ingin beristirahat bisa berteduh sejenak di warung-warung, jadi Anda pun tidak akan kelaparan atau kehausan. Tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja.

10. Air terjun Pengantin

Air terjun Pengantin masih berada di kawasan Kecamatan Dawe yang tepatnya di Gunung Puyoh. Anda akan merasakan suasana yang asri dan pastinya sejuk walaupun baru memasuki pintu masuknya. Di tambah lagi belum banyak yang mengetahui tempat wisata ini, sehingga lingkungannya seperti tidak terjamah manusia sekali pun.

Untuk mencapai air terjunnya, Anda harus menapaki 200 anak tangga. Meskipun sangat melelahkan, nantinya Anda akan disuguhi pemandangan alam yang hijau dan menyejukkan, sehingga rasa lelah akan hilang. Tiket masuknya pun sangat murah, karena hanya Rp 7.000 saja.