Destinasi Tempat Wisata di Kediri Paling Hits dan Seru

Diposting pada

Tempat Wisata di Kediri – Nama Kota Kediri bukan hanya dikenal oleh masyarakat Jawa Timur, tetapi juga sudah ke seantero Indonesia. Terutama berkat adanya Kampung Inggris di Pare yang terkenal. Selain itu, Kediri juga populer dengan tahu kuningnya yang nikmat. Biasanya selalu jadi oleh-oleh khas untuk para pelancong yang singgah ke Kediri. Daya tarik wisatanya pun banyak diminati, sehingga banyak sekali masyarakat yang datang ke Kediri untuk berpariwisata.

Tempat Wisata di Kediri

Kediri memiliki jenis wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, sejarah, religi, dan lain-lain. Oleh sebab itu, jika Anda adalah salah satu yang ingin ke Kediri, jangan sampai lupa mengunjungi beberapa tempat yang direkomendasikan berikut ini.

1. Simpang Lima Gumul

Salah satu penanda seseorang sudah ke Kediri adalah punya foto di Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen yang bentuknya mirip Arc de Triomphe di Paris ini sudah dibangun sejak 2003 dan selesai di tahun 2008. Sekarang tempat ini selain menjadi lokasi perputaran roda ekonomi masyarakat, juga menjadi simbol kemajuan Kota Kediri.

Lokasi Simpang Lima Gumul berada tepat di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kota Kediri. Siapa pun boleh datang ke tempat ini dari pagi sampai malam. Biasanya pengunjung akan joging di pagi hari, atau menonton event tertentu di malam hari. Wisata ini juga merupakan kawasan strategis karena dekat dengan terminal bus, Bank Daerah, dan juga dekat dengan Waterpark Gumul. Penjajah makanan pun ramai dan dekat dengan Pasar Tugu.

2. Gunung Kelud

Gunung Kelud juga menjadi ikon tersendiri untuk Kota Kediri. Gunung berapi aktif ini selalu menyajikan kejutan bagi pengunjungnya. Selain itu, wisata-wisata di Gunung Kelud rerata bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor, sehingga tidak perlu susah-susah memanjat.

Biasanya untuk pengunjung yang ingin masuk wilayah wisata Gunung Kelud, dipatok harga karcis Rp. 5000 sampai Rp. 10.000. Setelah itu Anda bisa menjelajah ke beberapa sudut seperti melihat keunikan Mysterius Road, bermain flying fox, mengunjungi sumber air panas Kelud dan tentu saja menikmati pemandangan gunung yang memukau mata. Lokasi gunung ini sendiri sebenarnya ada di tiga wilayah, yaitu Kediri, Blitar dan Malang. Namun jika dari Kediri, lokasinya berada di 27km ke timur dari pusat kota.

3. Kediri Waterpark
Tidak ketinggalan dari kota besar lain, Kediri juga memiliki wahana bermain air raksasa yang dinamakan Kediri Waterpark. Lokasinya ada di Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kota Kediri. Pengunjung hanya dikenakan tarif Rp. 35.000 di hari Senin sampai Jumat, dan Rp. 49.000 di hari Sabtu dan Minggu. Ada juga tiket terusan seharga Rp. 45.000-Rp. 69.000. Untuk anak-anak yang tingginya kurang dari 120cm, harga tiketnya hanya Rp. 15.000 sampai Rp. 35.000. Seperti wahana air pada umumnya, ada banyak kolam dengan ketinggian berbeda di sini. Ada pula kolam arus dan wahana-wahana kering lainnya. Fasilitas di dalamnya pun lengkap mulai dari tolet, ruang ganting, tempat makan dan lain-lain.

4. Gunung Klotok

Selain Gunung Kelud, Kediri juga memiliki gunung lainnya yang menjadi favorit para wisatawan, yaitu Gunung Klotok. Menurut sejarahnya, Gunung Klotok dapat diartikan sebagai Gunung Penuh Bahaya, hal ini karena penamaannya dari kata Kolo(bahaya) dan tok(saja), tetapi kenyataan sekarang ini, Gunung Klotok malah menjadi destinasi wisata paling menarik di Kediri. Anda dapat melakukan motorcross hingga mencoba track sepeda gunung.

Wisata di sekitarnya juga banyak, mulai dari adanya bebagai situs bersejarah, sampai goa-goa. Melakukan kegiatan alam seperti mendaki, bermain flying fox dan lainnya juga tidak kalah seru. Gunung yang tingginya hanya 536 MDPL dan merupakan salah satu gugusan gunung di bawah Gunung Wilis ini lokasinya ada di Keluahan Pojok, Moroto, Kediri.

5. Gumul Paradise Island

Di pusat kota, tepatnya di area Gumul, dekat dengan Monumen Simpang Lima Gumul, ada juga waterpark terkenal bernama Gumul Paradise Island. Harga tiketnya antara Rp. 30.000-Rp. 35.000, dan baru dibuka pukul 09.00 pagi di hari biasa, 08.00 di hari libur. Lokasi tepatnya berada di Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Dadapan, Ngasem, Kediri.

Beberapa wahana yang ada yakni kolam untuk balita, berbagai permainan untuk anak kecil, speed slide, body slide, kolam arus, dan fun bumerang. Wisata lainnya yang tidak berhubungan dengan air adalah 3D Studio Art, Flying Fox, Scary House, dan lain-lain. Fasilitas umum sepeti toilet dan lain-lain pun sudah cukup lengkap.

6. Kebun Bunga Matahari

Kediri juga punya wisata menarik Kebun Bunga Matahari yang terletak di Jl. Selomangleng No. 143, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri. Kebun ini dulunya adalah lahan kosong, kemudian ditanami biji bunga matahari. Tidak disangka jika akan mengasilkan bunga yang indah dan diminati masyarakat pada umumnya. Anda yang ingin ke tempat ini lalu berswafoto sampai puas, cukup membayar tiket Rp. 2000 saja.

7. Bukit Gandrung

Objek wisata alam lainnya di Kediri adalah Bukit Gandrung. Lokasinya berada di Desa Mendoro, Kecamatan Kandangan, Kediri. Bukit ini merupakan wisata hits yang cocok untuk pemburu foto cantik. Banyak sekali wahana atau spot-spot yang ditujukan untuk pemotretan. Namun, yang paling menarik adalah suasana di bukit ini yang tenang, adem, dan segar. Pemandangannya pun indah dengan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Harga tiketnya sendiri disesuaikan dengan spot foto yang Anda datangi.

8. Sumber Sugih Waras

Apabila ingin ke tempat pemandian alami di Kediri, tidak ada salahnya berkunjung ke Sumber Sugih Waras. Letak wisata ini berada di Desa Dukuh, Kecamaan Ngadiluwih, Kediri. Air di kolamnya berasal dari air alami, dari sumber air yang tidak pernah mengering.

Selain itu harga tiketnya hanya Rp. 3000 sampai Rp. 5000. Sangat terjangkau untuk semua kalangan, tidak heran jika tidak pernah sepi. Di sini bahkan ada juga kolam terapi menggunakan Garra Rufa. Berbagai permainan menantang seperti flying fox pun bisa dinikmati pengunjung. Tidak lupa ada tempat penyewaan ATV juga. Tidak heran jika fasilitas umumnya dibuat cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

9. Pura Penataran Agung Kilisuci

Pura Penataran Agung Kilisuci bukan hanya menjadi wisata bersejarah, tapi juga religi. Pura ini terkenal dengan kisahnya mengenai Dewi Kilisuci, yakni seorang dewi yang diceritakan sering memberi bantuan kepada Panji Inu Kertapat. Lokasi pura ini berada di Jl. Goa Selomangleng No. 2, Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Sebagai tempat yang suci, wisatawan sebaiknya tidak berlebihan ketika berfoto di sini.

10. Kediri’s Photograph Museum

Kediri’s Photograph Museum ini dibangun sudah sejak 2010 lalu. Di museum ini pula potret-potret Kediri zaman dulu dipamerkan. Tentu menjadi suatu wisata edukasi yang cocok dikunjungi penggiat sejarah maupun siswa-siswa yang sedang dalam masa pendidikan. Lokasi museum in ada di Jalan Kapten Tendean, Kelurahan Ngronggo, Kediri, Jawa Timur. Tiket masuknya juga kuang lebih Rp. 50.000 tiap orang, sangat terjangkau untuk tempat yang punya nilai tinggi.