Destinasi Tempat Wisata di Kabupaten Luwu yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Diposting pada

Sudah mau musim liburan tetapi masih bingung menentukan tujuan wisata yang akan anda kunjungi? Tidak perlu bingung, kini anda bisa mengunjungi mana saja tempat wisata di Kabupaten Luwu yang memang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya tempat liburan yang itu-itu saja, di Kabupaten Luwu akan anda dapatkan suasana liburan yang seru.

Sebelumnya, apakah anda sudah tahu dimana letak Kabupaten Luwu tersebut. Perlu anda ketahui bahwa Kabupaten Luwu merupakan salah satu wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Karena terletak di lokasi dengan suasana yang masih asri, maka anda pun akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata yang juga banyak yang masih asri sebagai berikut.

1. Wisata Air Terjun Andulan Luwu


Tempat wisata di Kabupaten Luwu yang pertama adalah wisata air terjun Andulan Luwu. Sebuah wahana air terjun yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Luwu tersebut. Pesona air terjun alami merupakan daya tarik yang dimiliki oleh air terjun yang satu ini. Banyak pengunjung yang berdatangan dan dimanjakan dengan suasana asri yang menyegarkan.

Untuk bisa menuju ke air terjun yang masih asri tersebut, anda bisa langsung saja menuju ke alamat Desa Siteba, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu. Setelah sampai di lokasi, anda bisa terlebih dahulu jalan-jalan menikmati udara segar baru kemudian melakukan aktivitas yang menghilangkan penat atau hanya untuk sekadar berfoto pun cocok untuk dilakukan di tempat wisata yang satu ini.

2. Wisata Pantai Ponnori

Salah satu tempat tujuan wisata yang paling diminati saat ini adalah tempat wisata berupa pantai. Hal tersebut tidak hanya terjadi di kalangan dewasa, tetapi para pemuda pun juga banyak yang tertarik untuk pergi ke pantai terutama untuk menghilangkan penat karena rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu, anda bisa mencoba untuk berkunjung ke Pantai Ponnori.

Pantai Ponnori merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Luwu yang menjadi andalan untuk dikunjungi oleh para pengunjung. Terletak di Desa Temboe, pantai Ponnori terkenal dengan pesona pasir putih yang berkesan bersih dilengkapi dengan berbagai fasilitas pantai yang dapat dinikmati dengan biaya murah. Salah satunya adalah adanya gazebo yang bisa digunakan para pengunjung.

3. Wisata Air Terjun Sarassa


Kabupaten Luwu merupakan salah satu kabupaten dengan wilayah yang masih asri. Sehingga, tidak heran kalau juga ditemukan banyak tempat wisata alam yang menarik di kabupaten yang satu ini. Satu lagi wisata air terjun yang harus anda kunjungi yaitu Air Terjun Sarassa. Air terjun tersebut terletak di Desa Ulusalu, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kalau anda berkunjung di air terjun Sarassa ini, anda akan dimanjakan dengan susana asri dengan gemercik air terjun yang menyegarkan. Apalagi ketinggian air terjun yang mencapai 100 meter menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Dari pada anda penasaran, lebih baik anda sempat waktu untuk mengunjungi air terjun Sarassa tersebut ketika berlibur di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

4. Wisata Gua Ilan Batu


Setelah beberapa tempat wisata yang menyegarkan, anda juga bisa mengunjungi wisata tua yang juga membuat anda terkagum, yaitu wisata Gua Ilan Batu. Untuk bisa menuju ke lokasi wisata, anda bisa berkendara menuju ke alamat Gua Ilan Batu yaitu Desa Ilan Batu di Kecamatan Wilanreng Barat.

Gua menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi karena keindahan alam tersebut bisa dinikmati secara langsung oleh para pengunjung. Gua Ilan Batu sendiri memiliki ciri khas tersendiri dengan menghadirkan berbagai ornamen yang menyerupai pohon hingga kursi yang bisa dilihat langsung oleh para pengunjung agar mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan untuk bisa dibawa pulang.

5. Wisata Museum Batara Guru


Sebuah nama mirip dengan nama tokoh pewayangan, yang tentu ada alasan tersendiri mengapa museum yang berada di Desa Batupasi tersebut bernama demikian. Tidak tanggung-tanggung, para pengunjung pun dimanjakan dengan lebih dari 800 koleksi benda sejarah yang semua tersimpan dengan baik di museum Batara Guru tersebut. Sehingga wajar kalau museum tersebut banyak dikunjungi.

6. Wisata Buntu Matabing


Tempat wisata di Kabupaten Luwu yang selanjutnya adalah Wisata Buntu Matabing. Tidak jauh, untuk mencapai lokasi, anda cukup menuju ke Desa Buntu Matabing di Kecamatan Larompong. Selain itu, anda tidak akan dibuat menyesal apabila dan mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Lalu, apa saja daya tarik Buntu Matabing ini?

Keindahan dia punya, ketenangan dia punya, apalagi alam yang asri tentu sudah tidak diragukan lagi. Iya, di Buntu Matabing ini para pengunjung benar-benar dimanjakan dengan suasana yang menyegarkan sekaligus meringankan beban di kepala. Selain itu, juga terdapat fasilitas semacam wahana yaitu diantaranya ada fasilitas villa, gazebo, play ground dan fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik.

7. Wisata Air Terjun Sarambu Massiang


Salah satu wisata air terjun yang banyak dikunjungi adalah wisata ir terjun Sarambu Massiang. Terletak di Desa Kaladi Darussalam di Kecamatan Suli Barat. Air terjun yang satu ini menyajikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pengunjung. Baik bagi para pengunjung yang ingin berinteraksi dengan alam maupun yang hanya sekadar berfoto saja.

Percikan air terjun Saramba Massiang menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan wisata air terjun tersebut membuat para pengunjung betah. Bisa dikatakan bahwa tempat wisata di Kabupaten Luwu berupa air terjun yang favorit adalah air terjun yang satu ini. Suasana segar di bawah air terjun sangat terasa karena kondisi alam dan bebatuan yang memang sangat mendukung untuk sajikan kesegaran.

8. Wisata Air Terjun Riwang Selatan


Dan bagi anda yang ingin suasana berbeda, maka tidak ada salahnya apabila anda berkunjung ke wisata air terjun Riwang Selatan. Apalagi bagi anda yang suka bermain air, maka dapat dikatakan bahwa tempat ini ibarat surga. Karena, para pengunjung akan dimanjakan dengan air terjun yang jernih dan segar yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air sepuasnya hingga pikiran kembali segar.

Apabila anda ingin berkunjung ke Air Terjun Riwang Selatan ini, anda harus menuju Desa Riwang Selatan di Kecamatan Larompong Selatan. Walaupun terletak di desa, namun begitu sampai di tujuan, perjalanan anda akan dibayar lunas dengan pesona eksotis dan alami dari Air Terjun Riwang Selatan yang tidak dimiliki oleh air terjun lain pada umumnya.

9. Wisata Taman Hijau Andi Benni


Dan, destinasi terakhir yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung di Kabupaten Lawu adalah Wisata Taman Hijau Andi Benni. Untuk bisa sampai di lokasi, anda cukup kunjungi Jl. Jenderal Sudirman, Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu di Kecamatan Belopa. Setelah sampai lokasi, anda bisa dipertemukan dengan sesama traveler yang sedang berlibur.

Memang benar kalau banyak pengunjung yang memilih wisata taman tersebut. Karena, Taman Hijau Andi Benni memang menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Luwu yang favorit digunakan untuk menikmati waktu luang bersama orang terdekat. Nah, kalau anda ingin menikmati waktu libur anda agar menjadi lebih bermakna bersama orang terdekat, maka anda wajib kunjungi Taman Hijau Andi Benni.