Deretan Tempat Wisata di Serang Banten yang wajib Anda kunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Serang Banten – Berlibur merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan dalam pikiran anda. Berlibur memang menjadi salah satu kegiatan yang wajib anda miliki terutama bagi Anda yang memiliki waktu cukup padat di tempat kerja maka membutuhkan liburan. Saat ini, Anda bisa memilih sendiri tempat berlibur yang sesuai dengan keinginan anda.

Salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi adalah berada di Serang. Serang sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Banten. Di tempat inilah ternyata memiliki berbagai macam tempat wisata yang dijamin akan membuat Anda terpesona. Nah apa saja tempat wisata menarik yang ada di Serang? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Tempat Wisata di Serang

1. Pantai Lontar


Wisata pertama yang bisa anda kunjungi ketika Tengah berada di Serang Banten adalah wisata pantai tepatnya Berada di kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang. Di tempat inilah para pengunjung bisa melihat keindahan pantai dengan kegiatan para nelayan yang berlalu-lalang di lautan mencari ikan.

Tak hanya itu para pengunjung yang berada di kawasan ini juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan menarik seperti bermain pasir atau berenang di pantai. Untuk dapat masuk ke lokasi pantai ini para pengunjung bisa membayar biaya tiket masuk kurang lebih sekitar Rp10.000 per orang.

2. Kerajaan Islam Banten


Apakah anda ingin berwisata yang kaya akan sejarah di kota Serang maka cobalah untuk mengunjungi kerajaan Islam Banten untuk melihat napak Timnas kerajaan tersebut. Kerajaan yang satu ini merupakan salah satu kerajaan Islam yang cukup populer dan tersohor di Indonesia dan bahkan jadi pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Di tempat inilah para pengunjung bisa melihat peninggalan-peninggalan zaman dulu yang masih terawat dengan baik. Tempat wisata ini sendiri berada di kawasan Banten Lama dan para pengunjung juga bisa menjumpai Keraton kaibon ataupun Masjid Agung Banten. Wisata ini sendiri berlokasi di Kecamatan Kasemen.

3. Pulau Lima


Wisata berikutnya di Serang yang bisa anda kunjungi yang menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan adalah pulau lima. Di tempat inilah Anda bisa Menikmati keindahan alam yang begitu menakjubkan dengan air laut yang begitu jernih. Pulau yang satu ini bisa dijangkau dari Pelabuhan Karangantu Serang dan perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 20 menit..

Bagi Anda yang ingin menikmati pesona Pulau ini bisa menggunakan paket wisata sekaligus agar biayanya lebih murah yaitu sekitar Rp50.000 hingga Rp200.000. di tempat ini juga terdapat beragam fasilitas yang cukup menarik seperti adanya Gazebo dan pusat pemancingan.

4. Pantai Anyer


Pesona pantai Anyer ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat banten ataupunataupun masyarakat Jakarta. Hal itu tidak lain karena tempat wisata pantai ini menjadi favorit bagi masyarakat Jakarta untuk melepaskan penat. Selain itu pantai ini juga tidak jauh dari Jakarta tepatnya Berada di kecamatan Anyer.

Fasilitas di pantai ini juga terbilang telah lengkap dengan adanya berbagai macam kegiatan air yang menawarkan keseruan tersendiri. Selain itu tempat wisata ini juga tidak jauh dari pusat akomodasi sehingga para pengunjung yang datang dari luar kota akan merasa tenang.

5. Island hopping ke pulau tunda


Serang memang memiliki pesona alam khususnya pantai yang tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya yang ada di pulau tunda. Pulau yang memiliki luas sekitar 300 hektar ini masih berada di kawasan administratif Kabupaten Serang. Selain itu di tempat inilah para pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti Driving hingga snorkeling.

Di tempat ini para pengunjung tidak bisa menyaksikan keindahan Sunset yang begitu menawan. Untuk bisa memasuki pulau ini maka ada baiknya dengan menggunakan paket wisata.

6. Curug bumi


Tempat wisata alam yang bisa anda ketahui dengan biaya yang cukup murah adalah Curug bumi yang berada di desa Padarincang Serang. Tak hanya menjadi tempat wisata saja lokasi Air Terjun ini sendiri biasanya juga digunakan sebagai bumi perkemahan.

Ada banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa anda lakukan ketika berada di seluruh bumi ini seperti clif diving. Biaya parkir untuk masuk ke lokasi tempat ini sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000.

7. Pulau Sangiang


Ingin menikmati tempat wisata yang menawarkan pesona eksotis khas negara tropis tersendiri seperti di Indonesia maka anda bisa mengunjungi Pulau Sangiang yang berlokasi di desa Cikoneng tepatnya di kecamatan Anyer. Wisata ini sendiri cukup unik karena masuk ke dalam the Seven Wonders of Banten.

Di tempat ini juga terdapat berbagai macam koleksi flora dan fauna. Selain itu para pengunjung yang ingin sampai ke pulau Sangiang bisa menggunakan perahu motor kurang lebih selama 1 jam. Tidak ada biaya tiket masuk tetapi apabila anda ingin menyewa perahu motor maka harus mengeluarkan biaya tambahan.

8. Danau tasikardi


Tempat wisata berikutnya yang kaya akan sejarah di Serang adalah danau tasikardi yang berada di desa margasana tepatnya di kecamatan Kramatwatu Banten Serang. Di tempat inilah para pengunjung bisa sekaligus wisata dan belajar akan sejarah.

Selain itu tempat wisata ini sendiri tidak jauh dari pusat Kota Serang dimana hanya berjarak sekitar 6 KM saja. Tak hanya itu untuk bisa sampai ke tempat wisata ini para pengunjung bisa menggunakan transportasi umum berupa angkutan kota dari jurusan Kramatwatu.

9. Rawa Arum


Tempat wisata yang satu ini memiliki keunikan tersendiri karena bernuansa mistis. Sebenarnya tempat wisata Ini sudah memasuki kawasan Cilegon tetapi letaknya tidak jauh dari Serang sehingga Anda bisa mengunjungi juga ketika Tengah berada di Serang.

Di tempat ini terdapat sebuah situ yang bernama Rawa Arum di mana memiliki cerita yang cukup mistis. Selain itu menurut kabar yang beredar setiap malam Danau ini juga akan mengeluarkan aroma wangi yang khas. Dibalik kisah mistis tersebut tempat ini juga menawarkan keindahan alam yang begitu cantik.

10. Benteng speelwijk


Ingin berwisata yang kaya akan sejarah maka datanglah ke kawasan Banten Lama tepatnya di sisi Utara Kota Serang. Di tempat inilah terdapat sebuah wisata yang cukup unik dan menarik bernama benteng speelwijk para pengunjung yang datang ke tempat ini akan dimanjakan dengan pemandangan Bangunan peninggalan Belanda bergaya Eropa.

Selain itu kawasan ini juga dikelilingi oleh parit dan setiap bangunan akan dilengkapi dengan menara pengintai. Para pengunjung yang ingin menikmati pesona tempat wisata yang kaya akan sejarah ini tidak ditarik biaya tiket masuk alias gratis.

11. Curug cigumawang


Wisata alam di Serang yang bisa anda kunjungi yang satu ini akan membuat anda merasakan ketenangan tersendiri yaitu Curug cigumawang yang memiliki ketinggian sekitar 40 m. Tempat ini menjadi referensi wisata di Serang selain pantai.

Fasilitas di kawasan ini memang belum cukup lengkap karena tidak adanya Gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai tetapi ada sebuah tebing besar yang biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk menikmati gemercik air terjun.

Itulah deretan tempat wisata di Banten yang bisa anda kunjungi ketika liburan ikan segera persiapkan diri anda untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di atas.