Datang ke Tempat Wisata di Kabupaten Barru yang Sangat Seru

Diposting pada

Salah satu hal menyenangkan yang bisa dilakukan oleh seseorang yang memiliki banyak waktu luang adalah berlibur. Melakukan kegiatan liburan bisa mendatangkan banyak manfaat. Pertama, anda menjadi bisa mengenal tempat baru yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Selain itu, berlibur juga bisa anda gunakan sebagai waktu refreshing. Berbagai macam kegiatan yang telah anda lakukan tanpa anda sadari memberikan beban kepada anda. Beban tersebut harus dilepaskan secara konsisten agar tidak menumpuk dan memengaruhi kesehatan anda. Berlibur bisa digunakan sebagai cara tubuh dan pikiran melepas stres.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa anda kunjungi untuk berlibur. Apalagi di Indonesia yang memiliki berbagai macam daerah dengan potensi tempat wisatanya masing-masing. Tersebar menjadi 5 pulau besar utama, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak wisatawan karena beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan banyak potensi wisata adalah Pulau Sulawesi. Beberapa tempat wisata di Kabupaten Barru bisa anda jadikan tujuan untuk berlibur di waktu selanjutnya.

1. Celebes canyon


Bila anda ingin mengunjungi tempat wisata yang menyegarkan, celebes canyon adalah jawabannya. Tempat wisata ini sangat populer di Kabupaten Barru karena memiliki keunikan yang mungkin tidak bisa didapat di tempat yang lain. Celebes canyon merupakan tempat wisata yang berbentuk aliran sungai. Air yang mengalir melalui sungai ini sangatlah jernih. Kejernihan yang dimiliki menjadikan sungai ini sangat dikagumi oleh wisatawan. Apalagi, sekarang ini sudah tidak banyak sungai di Indonesia yang tidak tercemar oleh polusi yang dihasilkan oleh pabrik dan lain sebagainya.

Hal lain yang bisa anda dapatkan dengan mengunjungi celebes canyon adalah batuan cadas besar yang melengkapi kejernihan aliran sungai. Batu cadas tersebut hadir sebagai pemecah aliran yang menambah keindahan celebes canyon. Banyak wisatawan yang menjadikan keindahan alam ini sebagai tempat berfoto untuk akhirnya foto-foto tersebut dibagikan ke semua orang melalui media sosial.

2. Pulau Dutungan

Kabupaten Barru memiliki keindahan alam yang melimpah. Hal tersebut juga bisa anda buktikan dengan mengunjungi Pulau Dutungan. Pulau ini sangat layak untuk dijadikan tempat wisata karena memiliki keindahan yang sulit ditandingi oleh tempat wisata yang lain. Pulau ini dilengkapi dengan berbagai macam tumbuhan yang dapat membuat suasana sekitar menjadi sejuk. Di tepian pantai, anda akan mendapatkan berbagai macam pepohonan rindang yang akan melindungi anda dari sengatan sinar matahari yang anda temui ketika anda berkunjung di Pulau Dutungan saat siang hari.

Selain rimbunnya tumbuhan yang ada, di Pulau Dutungan juga disediakan ayunan yang bisa bebas digunakan oleh para pengunjung. Ayunan tersebut terletak di pinggir pantai sehingga bertemu langsung dengan air laut. Hal wajib lain yang wajib anda coba ketika berkunjung di pulau yang terletak di Desa Cillelang ini adalah mencoba snorkeling untuk menikmati keindahan dunia bawah laut.

3. Puncak Lappalaona


Apakah anda memiliki keinginan untuk menikmati suasana Kabupaten Barru dari ketinggian? Hal tersebut bisa anda lakukan dengan mengunjungi Puncak Lappalaona. Dari tempat wisata di kabupaten barru ini, anda bisa menikmati keindahan kota dari ketinggian lebih dari rata-rata. Selain menikmati keindahan kota, anda juga bisa mengabadikan momen bahagia anda dengan menggunakan spot foto yang telah disediakan oleh pihak pengelola dengan berbagai macam bentuk yang menarik untuk dicoba.

4. Hutan Pinus Lajoanging


Rimbunnya pepohonan juga bisa anda temukan dengan mengunjungi salah satu tempat wisata di kabupaten barru yang bernama hutan pinus lajoanging. Hutan pinus ini memiliki suasana yang sangat sejuk sehingga sangat tepat untuk dijadikan tempat mencari kesegaran. Kejernihan udara yang bisa anda hirup menjadikan tubuh dan pikiran anda menjadi lebih rileks. Semua beban yang anda pikul selama ini akan terasa hilang setelah anda mengunjungi hutan pinus lajoanging. Hutan pinus ini terletak di tanete raja.

5. Bukit maddo


Bila anda ingin menggunakan waktu luang anda untuk kegiatan bermanfaat seperti olah raga, mengunjungi tempat wisata di kabupaten barru bernama bukit maddo bisa dijadikan pilihan. Bukit ini menjadi tempat yang cocok untuk anda kunjungi karena anda dimungkinkan untuk melakukan perjalanan menanjak yang bisa digunakan untuk melatih fisik anda. Bukit ini memiliki jalur yang cukup mudah untuk didaki sehingga sangat cocok digunakan berlatih untuk pendaki pemula. Setelah melakukan pendakian, rasa lelah anda akan segera sirna karena anda bisa menikmati pemandangan indah yang menanti anda di puncak bukit maddo. Angin yang berembus juga bisa menjadi motivasi anda untuk menikmati tanjakan yang ada di bukit maddo.

6. Bukit lakeppo


Bukit lain yang bisa anda kunjungi ketika berada di Kabupaten Barru adalah bukit lakeppo. Bukit ini memiliki keunikan yang jarang bisa ditemui di tempat lain. Di atas Bukit lakeppo, terdapat sebatang pohon yang tidak ditemani oleh tumbuhan lain kecuali rumput hijau. Pohon ini disebut dengan pohon jomlo. Bagi anda yang ingin berfoto dengan pohon jomlo di bukit lakeppo, anda bisa datang ke desa libureng. Selain menikmati keunikan pohon jomlo, di bukit ini anda juga sangat mungkin untuk menikmati keindahan matahari terbenam langsung dari atas bukit.

7. Batu mallopie


Fenomena alam unik lainnya yang bisa anda temui di kabupaten barru adalah batu mallopie. Fenomena alam ini berupa batuan besar dengan bentuk menyerupai perahu. Keunikan tersebut masih ditambah dengan letak batu perahu tersebut yang ada di sungai. Anda bisa mengunjungi batu mallopie bersamaan dengan mengunjungi bukit lakeppo arena kedua tempat wisata di kabupaten barru tersebut terletak di kecamatan yang sama, yaitu kecamatan tanate raja. Keindahan batu mallopie semakin menarik karena anda juga bisa bermain air jernih di sungai tersebut. Jangan khawatir tenggelam, air sungainya tidak terlalu dalam sehingga tetap aman bila dikunjungi oleh keluarga yang memiliki anak-anak.

8. Air terjun batullapa


Sama seperti di tempat lain, kabupaten barru juga memiliki destinasi wisata berupa air terjun. Namun, hal menarik yang akan anda temui dengan mengunjungi air terjun ini adalah bentuk air terjun yang berlapis atau bertingkat. Hal tersebut menyebabkan pemandangan air terjun yang lain daripada biasanya. Selain itu, air terjun batullapa seringkali juga disebut dengan nama air terjun sarang burung. Hal tersebut dikarenakan suara burung yang berkicau sangat nyaring dan banyak ketika anda berjalan menuju lokasi air terjun.

Mengunjungi banyak tempat wisata akan memungkinkan anda menemui banyak orang. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara bersosialisasi yang menyenangkan karena anda akan bertemu banyak orang baru. Hal penting lain yang perlu diingat adalah untuk selalu menjaga kebersihan dan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola.