Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Tana Toraja yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Weekend atau pas liburan tanggal merah, paling asyik digunakan untuk berwisata ke tempat-tempat favorit atau yang lagi hits. Lebih seru lagi jika liburan tersebut bareng-bareng bersama orang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat. Iya bukan?

Nah, berbicara soal liburan pasti tidak akan jauh-jauh dari destinasi wisatanya. Kira-kira, dimanakah tempat wisata yang sebaiknya kalian kunjungi? Salah satu rekomendasi tempat wisata tersebut adalah Tana Toraja. Ya, Tana Toraja merupakan salah satu bagian dari provinsi Sulawesi Selatan. Namanya tak hanya dikenal oleh kalangan pelancong lokal saja melainkan turis asing. Hal ini karena Tana Toraja memiliki berbagai spot menarik disertai pemandangan alam yang indah. Tak hanya itu, Tana Toraja juga masih kental akan kebudayaan yang unik dan lestari. Wajar, jika lokasinya selalu ramai oleh pengunjung. Langsung saja, yuk kita simak beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Tanah Toraja berikut!

Londa


Sebelumnya, telah disinggung jika tempat wisata di Kabupaten Tanah Toraja sangat kental oleh kebudayaan yang masih lestari. Salah satunya keyakinan atau ritual adat yang masih berjalan sampai saat ini. Menariknya, lagi jangan kaget jika mayoritas tempat wisata di daerah ini diselimuti aura mistis karena sejarah masa lampaunya. Namun, inilah yang menjadikan daya tarik dari tempat wisata Tana Toraja.

Rekomendasi pertama dari wisata Tanah Toraja adalah Londe. Lokasinya tidak jauh dari kota Rantepao atau kurang lebih berjarak 7 km menuju Londe. Tahukah kalian, tempat wisata sebenarnya berupa kompleks kuburan lho? Hanya saja, kompleks tersebut berada di sebuah tebing batu besar sehingga menawarkan suasana pegunungan dan pemandangan yang khas dan unik. Disamping itu, Londe juga memiliki aura mistis karena merupakan sebuah kuburan.

Jangan kaget, bulu kuduk akan segera berdiri sesaat memasuki area kompleks ini karena memang suasananya berkaitan dengan hal gaib. Di tebing ini, dipahat beberapa lubang guna menempatkan peti yang berisi mayat. Namun, tidak semua jenazah boleh ditempatkan di Londa karena hanya diperbolehkan untuk garis keluarga tertentu.

Kete Kesu


Selain kompleks kuburan yang penuh suasana mistis, tempat wisata yang sebaiknya kalian kunjungi adalah Kete Kesu. Lokasinya berada di daerah Toraja Utara atau 4 km dari pusat Rantepao. Kete Kesu sebenarnya adalah sebuah desa yang telah menjadi objek wisata favorit para pelancong. Kete Kesu memiliki daya tarik berupa bentang alam perbukitan dan persawahan sehingga menampilkan view yang sayang untuk dilewarkan. Pemandangan inilah yang bakalan memanjakan mata kalian ketika berkunjung ke tempat ini sambil menghirup udara yang segar dan alami. Panoramanya yang hijau ini lengkap dengan kompleks rumah adat dari Tana Toraja yang disebut Tongkonan.

Lagi-lagi, di Tongkonan inilah mayat-mayat yang baru saja meninggal disimpan sebelum dikebumikan oleh masyarakat setempat. Jadi, jangan kaget jika suasana mistis masih saja kalian rasakan sesaat masuk kearea ini. Tak hanya di Tongkonan, tepat dibagian atas tebing desa Kete Kesu ini, juga terdapat kuburan batu berbentuk menyerupai perahu. Di tempat itulah terletak tulang belulang sekaligus tengkorak dari jenazah yang meninggal pada zaman dulu. Jika kalian perhatikan lebih detail lagi, pasti akan menemukan sesajen yang dipercaya sebagai makanan favorit pada arwah jenazah tersebut. Ngeri bukan?

Musem Ne’ Gandeng


Jangan kira nama musem hanya sekedar untuk menyimpang barang-barang kuno sekaligus peninggalan sejarah dari masa lalu saja. Berbeda dengan museum pada umumnya, tempat wisata di Kabupaten Tanah Toraja ini menawarkan museum bernama Ne’ Gandeng. Menurut sejarah, dulu bangunan tersebut adalah tempat dilaksanakannya prosese penguburan jenazah bernama Ne’ Gandeng yang telah meninggal pada tanggal 3 Agustus 1994 lalu. Ne Gandeng dikenal sebagai pribadi yang sangat menghormati leluhur sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk mengenangnya dengan menjadikan lokasi pemakamannya sebagai sebuah museum. Meski demikian, musem Ne’ Gandeng ini cukup menyita perhatian para turis asing maupun lokal sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati. Lokasi tempat ini berada di desa pelangi, Sa’dan Balusu, Toraja, Sulsel.

Batu Tumongo

Masih mengulik tempat wisata di Kabupaten Tanah Toraja Utara, kini kita singgah ke destinasi wisata yang paling diminati pengunjung yaitu Batu Tumongo. Ada apa sih di tempat ini? Ya, Batu Tumongo ini menawarkan pemandangan yang bakalan membuat betah para pengunjungnya. Pasalnya, lokasi Batu Tumongo ini berada di dataran atas sehingga pengunjung mampu menikmati pemadangan alam kota Rantepao di atas ketinggian 1300 m di atas permukaan laut. Tak heran jika Batu Tumongo sering disebut sebagai Negeri di Atas Awan. Jangan lupa, view tersebut dapat kalian nikmati ketika datang lebih pagi saat awan-awan masih belum hilang. Namun, pemandangan di sore hari juga tak kalah serunya untuk dating bersama kekasih. Penasaran? Jangan lupa agendakan ya!

Kompleks Megalit Kalimbuang Bori


Bagi kalian yang masih duduk di bangku SMP, pasti ingat dengan istilah materi pendidikan sosial berupa menhir? Ya, menhir merupakan batu berdiri yang berusia ratusan tahun. Kalian dapat melihatnya langsung di kompleks Megalit Kalimbuang Bori yang berada di kecamatan Sesean. Menurut sejarah, situs kuno di kompleks tersebut dijukuli sebagai Bori Parinding yang artinya kuburan batu. Sedangkan rante artinya rumputan hijau nan luas sebagai tempat pelaksanaan pemakaman.

Di sinilah terdapat menhir atau batu berdiri. Ketahuilah, batu tersebut sengaja didirikan sebagai bukti untuk menghormati tetua atau juga keluarga bangsawan yang telah meninggal ratusan tahun yang lalu. Karena usia menhir yang sudah ratusan lalu ini sangat unik, pastikan untuk mengambil foto dan mengabadikan momen tersebut dalam bentuk digital ya!

Ranteallo


Ada lagi nih rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Tanah Toraja yang paling favorit dan disukai wisatawan baik lokal maupun internasional yaitu Ranteallo. Ya, destinasi wisata ini sebenarnya adalah sebuah desa dengan panorama yang indah dan tak akan kalian dapatkan dari tempat lain. Ada apakah di tempat ini? Ya, Ranteallo menawarkan view berupa rumah adat Tana Toraja yang bentuknya saling berhadapan.

Menariknya, rumah-rumah adat tersebut didesain dengan bentuk, tinggi, dan ukuran yang sama besar. Jadi, ketika kalian memandangnya dari kejauhan, akan nampak rapi dan tertata indah. Tak hanya itu, rumah adat Tana Toraja tersebut juga memiliki perpaduan yang cantik antara warna atap rumah dengan rumput yang ada di sekelilingnya. Sehingga, jangna heran jika Ranteallo menawarkan view atau pemandangan yang indah tersendiri.

Nah, itulah beberapa spot tempat wisata di Kabupaten Tanah Toraja yang sebaiknya kalian kunjungi saat menginjakkan kaki di provinsi Sulawesi Selatan. Pastikan untuk mengajak orang-orang terdekat supaya lebih seru ya! Persiapkan pula amunisi yang cukup selama diperjalanan. Terakhir, abadikan momen kalian di masing-masing tempat wisata di atas ya!