Berpetualang ke Beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah

Diposting pada

Melihat Keindahan alam, tentu adalah aspek yang selalu kita cari. Berbicara keindahan alam, Sulawesi adalah bentuk daerah yang memiliki kualitas wisata yang sangat aduhai. Terutama mengunjungi Tempat Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah. Tentu saja memang terdapat tempat Wisata Mamuju Tengah yang selalu menjadi rekomendasi untuk kita. Apalagi bila tujuan kita untuk melepaskan kepenatan dan juga kejenuhan Atas sebuah aktivitas yang itu, itu saja.

Refresing ke tempat- tempat yang dimiliki oleh kabupaten Mamuju Tengah, memang sangat mengasyikan. Oleh karena itu anda jangan melewati rekomendasi kami terhadap Tempat Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah. Oleh karena itu, bila anda ingin menyusuri, maka apasaja tempat yang harus anda kunjungi ketika berada di daerah Mamuju Tengah ini? Simak ulasan berikut ini!

Berwisata ke Pantai Anggaleha


Tempat ini merupakan salah satu destinasi yang telah diusahakan oleh Duta pemuda Indonesia Sulawesi Barat, dan bekerja sama dengan para pemuda yang ada di Desa Salubarana. Oleh karena itu, pantai ini merupakan tempat yang sangat baru bagi sebuah pelabelan. Wisata Pantai ini memang tergolong sangat Indah dan juga bersih.

Beberapa fasilitas peristirahatan, layaknya Gazebo pantai, beberapa Ayunan, merupakan salah satu fasilitas umum yang dapat kita gunakan untuk menikmati keindahan alam sambil bersantai ria. Dan terkadang, tempat ini selalu digunakan untuk atraksi bola api Pantai. Kawasan tempat wisata ini letaknya di desa Lara Dusun Anggaleha, yang merupakan Kecamatan Karossa, kawasan Kabupaten Mamuju Tengah.

Sejauh ini, perawatan yang dilakukan oleh para pihak pengelola, cukup baik. Oleh karena itu, Tempat Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah ini sangat cocok untuk di kunjungi ketika waktu liburan telah tiba.

Mengunjungi Wisata Pantai Babana


Mengunjungi destinasi wisata yang ada di kabupaten Mamuju, tentu tidak akan bosan untuk melihat keindahan sebuah pantai. Kali ini Tempat Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah yang patut anda kunjungi adalah Pantai Babana. Pantai tersebut berada di kawasan desa Babana, di kecamatan budong-budong.

Anda pun cukup mencari kantor Desa Babana, bila ingin mengunjungi pantai ini, karena patokan tersebut adalah hal termudah untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Layaknya pantai lainnya, di bantai Babana ini memiliki sejumlah fasilitas Gazebo- Gazebo, yang bisa kita gunakan untuk bersantai menghirup udara segar khas pantai. Tentu saja pantai ini cukup sering peminatnya, karena kita bisa memasuki daerah pantai dengan gratis.

Berwisata ke Pantai Batu Meana


Pantai ini bisa di sebut sebagai salah satu pantai Favorit yang paling banyak di kunjungi di kawasan kabupaten Mamuju tengah ini. Banyak anak daerah dan warga sekitar yang memang merekomendasikan pantai ini, sebagai destinasi wisata yang cukup seru untuk kita datangi. Destinasi pantai ini dapat ditempuh sejauh 7 Km, bila berangkat dari Kecamatan Topoyo, masih di kawasan daerah administrasi desa Tumbu.

Keunikan pantai ini, mempunyai garis posisi yang cukup panjang, dan ditumbuhi oleh pohon- pohon bakau atau mangrove. Biasanya bagi warga lokal yang beragama Hindu, maka pantai ini kerap dijadikan sebuah objek peribadatan, khususnya warga Mateng. Kita pun perlu mengetahui bahwa mayoritas, penduduk atau warga yang tinggal di Mamuju Tengah ini, banyak yang beragama Hindu. Hal tersebut adalah migrasi dari suku Bali. Oleh karena itu, kegiatan- kegiatan keagamaan di sini, mirip sekali dengan yang ada di Bali.

Oleh karena itu, bila anda ingin menyaksikan ritual keagamaan Hindu sebagai keunikan daerah disini, maka harus datang pada hari raya Galungan.

Pantai Kambunong


Pantai ini merupakan pantai yang sangat indah, disamping memiliki batu karang yang cukup terawat. Pantai ini terlihat unik, karena memiliki bebatuan seperti bebatuan gunung vuklanik. Destinasi pantai ini memang sangatlah kurang peminatnya. Mungkin karena aksesnya masih belum diketahui banyak orang luar. Bila anda ingin ke destinasi ini, maka anda harus datang kedi desa kambunong, di kawasan kecamatan karossa. Keindahan tersebut akan anda nikmati, ketika mampu melihat pantai pasir yang menjulang panjang ditambah bongkahan bebatuan besar yang terdapat di pesisir pantai.

Pantai Karossa


Tempat Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah yang satu ini, masih berada di daerah Karossa. Tempat ini, dapat mencakup wilayah desa Kambunong hingga Benggaulu. Berbeda dengan Kamunong, pantai karossa merupakan sebut pantai dari masyarakat disana. Letak pantai ini berada kurang lebih 1 Kilometer 1 dari Kecamatan Karossa Induk. Anda pun dapat Menikmati keindahan alam serta di iringi oleh pasir putih, dan juga angin sepoi- sepoi yang membuat hati kita syahdu.

Air Terjun Kalando


Berkunjung kesini, memang menjadi hal yang sangat spesial. Air terjun ini merupakan wisata yang sangat ramai di kunjungi, bila memasuki musim libur. Terletak di wilayah kecamatan Topoyo yang tepatnya berada di sebelah Timur, anda dapat mengakses tempat ini dengan kendaraan roda dua. Beberapa Wisatawan lokal sering mengunjungi beberapa destinasi yang tersebar di sini. Beberapa fasilitas yang tersebar, membuat kita dengan mudah untuk menentukan istirahat.

Berbicara fasilitas yang ada di Air terjun Topoyo atau kalando, tampaknya terlihat cukup terawat. Contohnya ada fasilitas tempat duduk yang khusus di sediakan oleh pengelola. Terlebih sudah ada akses khusus, seperti tangga batu yang digunakan untuk menuju air terjun yang berada di tingkat dua. Udara yang sangat sejuk, dan ditemani air yang sangat jernih, membuat kita ingin terjun bebas ke kolam Air yang berada tepat di tumpuan Air terjun ini.

Anda pun dapat mengunjungi dusun Kalando, tepatnya desa Tabolang, di kecamatan Topoyo, masih satu wilayah kabupaten Mamuju Tengah. Bila anda ingin bersantai secara privasi, maka di anjurkan untuk tidak datang pada saat akhir pekan atau saat hari libur nasional.

Air Terjun Lumu


Satu lagi pesona wisata tersembunyi yang merupakan Tempat Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah ini, sangatlah fenomenal. Dikatakan demikian, meskipun tempatnya indah, namun datang kesini adalah hal yang cukup sulit bila tidak ditemani oleh seorang pemandu. Anda pun dapat menyewa pemandu dari warga lokal yang ada di daerah ini.

Daerah ini, merupakan tempat wisata alam yang cukup ekstrim yang harus melalui kawasan hutan yang masih asri dan daerah pedalaman yang memang masih rimbun. Meskipun begitu, wisata ekstrim ini tentu akan memiliki posisi di hati para penjelajah alam. Bila ingin kemari maka anda harus menuju Salu Lisu, di hulu sungai Budong Budong, tepatnya di kecamatan Tobadak, kabupaten Mamuju Tengah.

Air Terjun Kampajak


Bila anda yang menyerah untuk menuju Air terjun Lumu, maka Air terjun kampajak yang terletak di desa antalili kecamatan karossa, adalah obat yang cukup mujarab. Bila anda ingin menuju air terjun kampajak ini, cukup membutuhkan waktu kurang lebih 5-10 menit menuju ke tempat parkir. Maka anda harus melanjutkan perjalanan sekitar 5- 10 menit. Jalan yang cukup menanjak dan juga licin, tentu membuat kita harus menempuh dengan berjalan kaki dan jangan sekali- kali menggunakan motor.