Berbagai Tempat Wisata di Kabupaten Poso yang Patut untuk Disambangi

Diposting pada

Salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah, yaitu Poso memiliki potensi yang cukup baik sebagai tempat wisata. Dengan luas wilayah hingga 8.712,25km persegi, seharusnya memungkinkan kabupaten ini untuk memiliki beragam wisata populer, baik wisata bertema alam atau pembangunan wisata khas milenial. Selain itu, wisatawan yang ingin ke Poso pun tidak perlu gusar karena Kabupaten Poso memiliki bandara domestic sendiri yang bernama Bandara Kasiguncu.

Tidak hanya wilayahnya yang luas, Kabupaten Poso juga memiliki kebudayaan dan peninggalan zaman bersejarah. Kabupaten ini juga memiliki beragam suku bangsa, mulai dari suku Pamona, Lore, Kaili, Napu, hingga para pendatang seperti Jawa, Bugis, Makassar, Toraja, dan Gorontalo. Kabupaten Poso memang menarik untuk disambangi. Kamu yang sangat tertarik dengan Poso, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Poso untuk kamu jelajahi.

1. Danau Poso dan Pantai Siuri


Ada sebuah tempat wisata di Kabupaten Poso yang sangat unik dan menarik, namanya adalah Danau Poso. Meskipun namanya adalah danau, tetapi danau ini juga memiliki pantai karena tepiannya terdiri dari pasir berwarna kuning berkilau. Tidak heran jika keberadaan Danau Poso sangat terkenal, terlebih danau ini adalah danau terbesar ke tiga di Indonesia. Pantai di Danau Poso sendiri diberi nama Pantai Siuri. Di sekitar Pantai Siuri ada banyak penginapan dan fasilitas umum lainnya. Lokasi dua objek wisata yang jadi satu ini berada di Siuri, Kota Tantena, Kabupaten Poso. Tiketnya juga gratis. Apabila kamu datang dari Kota Poso, hanya perlu 1.5 jam untuk sampai di Danau Poso dan Pantai Siuri ini.

2. Air Terjun Sulewana


Tidak hanya danau dan pantainya yang unik, tempat wisata di Kabupaten Poso juga memiliki air terjun yang alirannya cukup deras, namanya adalah Air Terjun Sulewana. Debit air yang sangat deras didukung dengan batuan besar di sekitar, membuat air terjun ini tampak sangat menawan. Bahkan aliran sungai dari air terjun ini dijadikan sebagai pembangkit listrik. Letak Air Terjun Sulewana masih di sekitaran Kota Tantena, tepatnya 10 kilometer dari Danau Poso. Untuk mencapai air terjun ini juga kamu perlu berjalan kaki sekitar 10-15 menit dari tempat parkir. Jika ingin mengambil foto sebaiknya hati-hati, karena banyak batuan dan sering berkabut.

3. Air Terjun Saluopa


Belum puas dengan Air Terjun Sulewana, kamu bisa langsung ke Air Terjun Saluopa yang memang lebih terkenal. Lokasinya ada di Leboni, Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso. Tidak heran mengapa wisata satu ini begitu populer, sebab Air Terjun Saluopa memang menakjubkan dengan 12 tingkat luncuran yang bisa kamu daki satu per satu. Hal ini pula yang membuat Air Terjun Saluopa dijuluki Air Luncur. Dikarenakan air terjun ini tidak tinggi, kamu akan mendapatkan jepretan yang estetik jika berfoto di atas bebatuannya, tetapi harus tetap hati-hati ya. Jika kamu warga lokal, tiket masuknya sekitar Rp. 5000. Namun, jika wisatawan asing, akan dikenakan tarif sekitar Rp. 20.000.

4. Goa Pamona


Salah satu tempat wisata di Kabupaten Poso yang sangat bersejarah adalah Goa Pamona. Bisa dibilang, goa ini merupakan bukti leluhur masyarakat Poso yang ada sejak dulu hingga sekarang. Goa Pamona ini berlokasi di Desa Sangele, Kecamtan Pamona Utara. Lebih tepatnya, berada di sebelah Danau Poso persis. Goa ini memiliki 8 kamar yang digunakan untuk menyimpan jenazah. Bahkan kamu bisa menemukan tengkorak dan keranda yang masih ada di dalam goa. Tidak heran jika pemerintah pun menetapkan Goa Pamona sebagai situs sejarah dan dilindungi.

5. Goa Tangkaboba


Ada satu lagi wisata goa bersejarah di Kabupaten Poso, yaitu Goa Tangkaboba yang terletak di Kelurahan Sangele, Kecamatan Pamona Pusulemba. Isi di dalam Goa Tangkaboba kurang lebih sama dengan yang ada di Goa Pamona atau pun Goa Latea I dan II. Di dalmnya terdapat peti jenazah yang ditumpuk di tepi dinding. Ada pula kerangka dan tengkorak manusia. Tengkorak-tengkorak tersebut awalnya berada di dalam peti, tetapi kemudian dikeluarkan supaya dapat terlihat.

6. Lembah Bada


Tempat wisata di Kabupaten Poso yang punya pemandangan sangat memukau adalah Lembah Bada. Lokasi tepat lembah ini berada di Kolori, Lore Barat, Kabupaten Poso. Lembah Bada juga sering disebut sebagai Lembah Napu dan merupakan bagian Taman Nasional Lore Lindu. Lembah ini memiliki situs-situs megalitikum yang dilindungi, yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke 14. Apabila kamu dari Kota Palu, kamu bisa ke Lembah Bada dalam waktu 3 jam saja. Namun jika kamu harus ke Kota Poso dulu, perjalanan akan lebih lama.

7. Taman Nasional Lore Lindu


Apabila kunjungan ke Lembah Bada terasa kurang, kamu bisa sekalian ke Taman Nasional Lore Lindu. Luas taman nasional ini sendiri adalah 2.180 km persegi dan sudah didirikan sejak tahun 1982. Taman ini kemudian di bagi ke dalam tiga zona yaitu Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, Hutan Wisata Danau Lindu, serta Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa. Taman nasional ini juga memiliki flora dan fauna endemic, juga menjadi habitat mamalia asli Sulawesi seperti rusa, anoa, babi rusa, kuskus marsupial, dan bahkan musang Sulawesi. Jika ingin masuk ke Taman Nasional Lore Lindu, kamu bisa datang ke Kulawi, Sigi, Wuasa, Lore Utara, Poso, Kamarora.

8. Pantai Imbo


Pantai Imbo adalah salah satu tempat wisata yang sangat potensial di Kabupaten Poso. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki pasir yang putih, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang variatis serta indah. Kamu yang suka snorkeling sangat direkomendasikan ke Pantai Imbo saat berada di Poso. Selain itu, letakknya juga tidak jauh dari pusat kota, bahkan masih ada di kawasan Kota Poso. Tepatnya ada di Desa Tegalrejo, sebelah utara Kota Poso. Untuk fasilitasnya sendiri masih banyak yang harus ditambahi, tetapi hal itu tidak mengurangi kesenangan bermain di Pantai Imbo.

9. Pantai Madale


Ke Poso jangan sampai lupa tancap gas langsung ke Pantai Madale. Lokasinya hanya 5 km dari Kota Poso, lebih tepatnya di sebelah timur laut Kota Poso. Pantai ini sering dijadikan tempat snorkeling karena airnya yang jernih dan terumbu karangnya yang cantik. Di sekelilingnya pun banyak hutan mangrove yang adem berwarna hijau. Di Pantai Madale ini juga ada Rumah Katu Marine Park, yaitu sebuah taman air laut yang menyajikan banyak permainan seperti banana boat dan lain-lain.

10. Megalitik Stone


Kabupaten Poso memiliki banyak sekali situs batu megalitikum yang bersejarah. Mulai di Lembah Besoa, Lembah Bada, dan di wilayah yang masih ada di Taman Nasional Lore Lindu. Yang terbesar adalah situs megalitikum Pokekea dan Tadulako. Sedangkan di Lembah Bada terdapat Patung Palindo dan Meturu yang berjenis kelamin laki-laki. Selain patung manusia, ada juga semacam tempayan besar yang bentuknya seperti tangki melingkar.

Tempat wisata di Kabupaten Poso memang sangat menarik. Jangan lupa untuk ke tempat-tempat tersebut di atas jika ke Poso, ya.