Beragam Destinasi Wisata di Kabupaten Buol yang Menarik

Diposting pada

Kabupaten Buol, adalah salah satu kabupaten yang mana memiliki Bandar udara dan juga empat pelabuhan. Hal inilah yang membuat Kabupaten Buol tidak sulit lagi untuk di kunjungi. Kabupaten Buol sendiri lahir pada tanggal 12 Oktober 1999, dan mana sudah dikenal dengan banyaknya beragam destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi.

Bahkan dalam hal ini, destinasi wisata di Kabupaten Buol sudah banyak di rekomendasikan oleh para pencinta alam dan para wisatawan. Banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi, dari pemandian alam, menikmati indahnya pasir putih hingga juga beragam pemandangan alam yang menarik. Berikut adalah referensinya.

1. Pelabuhan Leok


Destinasi pertama yang ada di Kabupaten Buol adalah pelabuhan Leok. Dalam hal ini, pelabuhan ini berlokasi di kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau. Pelabuhan ini memiliki pemandangan yang sangat cantik, dan sudah ada sejak tahun 1990-an. Untuk anda yang mengunjungi Kabupaten Buol, wajib untuk mengunjungi pelabuhan yang satu ini dan menikmati keindahan matahari terbit di pagi harinya.

2. Pemandian Tertaria


Untuk anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga, pemandian tertaria ini sangat cocok untuk menemani liburan anda. Anda dapat membawa bekal dari rumah, dan menikmati segarnya pemandian di pemandian tertaria ini. Biaya tiket masuk yang harus anda keluarkan juga sangat murah, yaitu hanya Rp10.000 saja.

Ada dua jenis pemandian, pemandian bagian bawah dan juga atas yang keduanya memiliki pemandangan yang sangat cantik. Dengan harga tiket masuk yang murah, namun anda dapat menikmati pemandian ini dengan disuguhkan berbagai pemandanga yang cantik. Udara yang sejuk juga menambah nilai plus untuk tempat wisata di kabupaten Buol yang satu ini dan banyak menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan local maupun luar kabupaten Buol sendiri.

3. Pemandian Kumaligon


Pemandian yang berada di desa Kumaligon di kecamatan Biau ini, tidak berlokasi jauh dai pusat kota. Dalam hal ini, anda dapat menikmati pemandian yang cukup terkenal dan menjadi salah satu tempat wisata di kabupaten Buol yang wajib di kunjungi. Bukan hanya orang dewasa, bahkan anak-anak juga dapat menikmati pemandian cantik ini.

Air yang dimilikinya sangat dingin, sehingga cocok sekali untuk dijadikan liburan untuk keluarga. Bahkan anda juga dapat menikmati air yang segar, dan udara yang sejuk sambil menikmati pemandangan alam yang masih alami. Cocok sekali untuk anda yang menyukai segala hal tentang alam, dan ingin menikmati akhir pekan dengan alam.

4. Pulau Busak


Pulau Busak adalah pulau, yang mana berada di desa Busak kecamatan Kramat kabupaten Buol. Jaraknya dari pusat keramaian kota, hanya sekitar 15KM saja. Anda dapat menikmati keindahan pulau yang satu ini, dengan ciri khas pasir putih cantik yang dimilikinya.

Bahkan pulau Busak ini juga, menyimpan keindahan laut biru dan juga berbagai villa cantik yang dapat anda gunakan untuk menginap. Anda dapat menyewa villa tersebut, untuk menikmati pengalaman liburan menyenangkan. Tiket masuk untuk mengunjungi pulau Busak ini, hanya berkisar 25 ribu aja baik untuk weekend atau weekday.

5. Batu Susun Lakea


Tempat wisata di kabupaten Buol lainnya yang tidak kalah menarik adalah dengan mengunjungi Batu susun lakea. Dalam hal ini, dengan jarak 30 KM dari pusat kota anda sudah dapat menemukan karang yang tersusun dengan indah. Anda dapat menemukan karang ini, di pantai kecamatan lakea.

Batu ini juga disebut-sebut sebagai salah satu fenomena alam, dan banyak dijadikan sebagai tempat untuk para wisatawan bersantai. Batu ini juga banyak disebut-sebut, sebagai salah satu batu yang terunik di kabupaten Buol sendiri. Banyak orang yang ikut mengabadikan batu ini, sebagai salah satu sejarah tersendiri.

6. Bendungan Air Terang


Salah satu bendungan yang berada di desa air terang, kecamatan Tiloan kabupaten Buol ini merupakan salah satu bendungan yang juga dijadikan sebagai destinasi wisata di kabupaten Buol ini. Bahkan bukan hanya melihat bendungan, anda juga akan disuguhkan dengan keindahan sungai yang mengaliri persawahan masyaratat setempat.

Salah satu daya tarik para wisatawan adalah, dengan jembatan gantung biru yang dapat dijadikan salah satu tempat beristirahat. Bendungan air terang ini banyak di rekomendasikan oleh para wisatawan, baik local maupun domestic karena keindahan yang dimilikinya.

7. Pulau Boki


Pulau Boki, adalah salah satu pulau yang banyak dijadikan sebagai tempat wisata di kabupaten Buol yang mana berada di kecamatan paleleh barat wilayah timur di kabupaten Buol. Untuk mengunjungi pulau Boki ini, anda diharuskan untuk menempuh waktu hingga 3 jam dari pusat kota. Pulau ini adalah salah satu pulau yang cukup terkenal, karena keindahan pasir putih yang dimilikinya, batu karang yang masih sangat alami ditambah dengan pemandangan gunung yang tinggi dan juga indah. Untuk anda yang ingin mengunjungi pulau Boki ini, harga tiket masuk pulau ini hanya berkisar sekitar 25 ribu saja.

8. Pantai Negeri Lama


Pantai yang terletak di desa negeri lama ini, salah satu pantai yang menjadi tempat wisata di kabupaten Buol yang cukup terkenal. Bahkan pulau ini memiliki keindahan, dan juga menyediakan makanan-makanan khas setempat. Anda juga dapat bersantai di gazebo yang disediakan, sambil menikmati indahnya pantai negeri lama. Pantai ini merupakan pilihan dari banyak wisatawan, yang ingin menikmati keindahan dari pantai negeri lama dengan nyaman dari hiruk pikuk kota Jakarta. Anda juga dapat menikmati berbagai kegiatan olahraga, dan bersantai sejenak.

9. Air Terjun Bodi


Terletak di kecamatan Paleleh Barat, dalam hal ini kabupaten Buol sendiri terletak sekitar 70KM dari kabupaten Buol. Salah satu hal yang untuk dari air terjun bodi ini adalah, memang perjalanan untuk menuju air terjun akan cukup menantang. Kendaraan anda diharuskan untuk dapat naik dan turun gunung hingga berada di jalanan aspal.

Namun semua usaha perjalanan tersebut, akan terbayar dengan keindahan dari keindahan air terjun bodi ini. Anda juga dapat menemukan banyak spot foto menarik, yang pastinya sangat instagramable.

10. Masjid Raya Tawakkal Buol Kab Buo


Untuk anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata yang islami, masjid yang satu ini merupakan salah satu masjid yang banyak di kunjungi para wisatawan karena keindahannya. Dalam hal ini juga, banyak orang yang nyaman untuk beribadah di masjid ini, karena desain yang dimilikinya dan juga nyaman untuk digunakan beribadah agar lebih khusuk.

Itulah beberapa tempat wisata di kabupaten Buol, yang mana dapat anda jadikan sebagai referensi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun sahabat anda di akhir pekan. Anda dapat menikmati keindahan alam lebih banyak lagi, dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di kabupaten Buol ini.