Beragam Destinasi Wisata di Jakarta Pusat yang Menarik

Diposting pada

Saat ini berbagai macam tempat wisata di Jakarta bisa anda kunjungi. Memang untuk menemukan tempat wisata di Jakarta yang hijau dan asri tidaklah mudah. Kendati demikian masih ada tempat wisata menarik di Jakarta khususnya di Jakarta Pusat yang wajib Anda masukkan kedalam list liburan anda.

Jakarta Pusat menyimpan beragam tempat wisata yang bisa anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman dan Apabila Anda bingung mencari tempat wisata di Jakarta Pusat, berikut ini telah dilangsungkan destinasi wisata di Jakarta Pusat menarik yang bisa anda jadikan referensi tempat berlibur Anda tahun ini.

Daftar Tempat Wisata di Jakarta Pusat

Jika selama ini banyak masyarakat Jakarta yang memilih untuk pergi ke luar kota untuk berlibur maka sepertinya Anda harus mengurungkan niat tersebut pasalnya ternyata di Jakarta Pusat memiliki beragam tempat wisata. Ketika anda kunjungi

1. Monas


Monumen nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas ini tentu tidak asing di telinga kalian. Monas sendiri menjadi ikon dari kota Jakarta dan di mana ketinggian Monumen tersebut mencapai 132 meter di mana melambangkan simbol kejayaan Republik Indonesia. Pembangunan Monumen ini sendiri dipelopori oleh Insinyur Soekarno.

Tempat wisata yang satu ini sendiri berada di Gambir kota Jakarta Pusat dan untuk bisa Menikmati keindahan Monas maka para pengunjung bisa membayar tiket masuk di bawah Rp10.000 dan bagi Anda yang ingin naik ke monumen makan biayanya sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000.

2. Gereja Katedral Dan Masjid Istiqal


Tempat menarik berikutnya di Jakarta Pusat yang bisa anda kunjungi adalah Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal. Gereja dan Masjid Istiqlal ini berada di Jalan Katedral nomor 2 gimana saling berseberangan. 2 tempat ini bisa anda jadikan sebagai wisata religi anda ketika berada di Jakarta Utara.

Selain itu Masjid Istiqlal sendiri bisa menampung hingga ribuoang dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Bagi Anda yang ingin Menikmati keindahan bangunan dari masjid istiqlal ataupun Gereja Katedral maka anda tidak dibebankan biaya tiket masuk dan Anda harus menghormati peraturan di tempat suci tersebut.

3. Museum Gajah


Selain Jakarta Barat yang memiliki koleksi museum di Jakarta Pusat ini juga terdapat museum yang cukup menarik bernama Museum Gajah. Sebenarnya nama museum ini sendiri merupakan Museum National Indonesia. Akan tetapi disebut museum gajah karena terdapat patung gajah yang memiliki ukuran besar di bagian utama bangunan.

Di tempat inilah Anda bisa melihat 140000 koleksi benda-benda bersejarah. Mulai dari benda purbakala, naskah kuno artefak hingga arca. Museum ini sendiri berada di Jalan Medan Merdeka Barat nomor 12 dan untuk biaya tiket masuknya juga cukup terjangkau.

4. Gedung Kebangkitan Nasional

Tempat wisata berikutnya yang kaya akan Sejarah adalah gedung kebangkitan nasional yang berlokasi di Jalan Doktor Abdurrahman Saleh nomor 26 Jakarta Pusat. Gedung ini sendiri merupakan saksi awal dari pergerakan modern para pemuda Indonesia. Oleh sebab itu dijadikan sebagai gedung kebangkitan nasional yang diresmikan pada tahun 1974 silam oleh Presiden Soeharto.

Di tempat ini terdapat berbagai macam koleksi mulai dari koleksi foto, replika dan peralatan perang hingga masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin memasuki gedung kebangkitan nasional maka harus membayar tiket masuk sebesar Rp1.000 per orang.

5. Tugu Proklamasi

Tempat yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan yakni tugu proklamasi yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56. Tugu ini sendiri dibangun untuk memperingati Proklamasi Indonesia. Di tempat ini terdapat area taman dan tempat duduk yang bisa anda gunakan untuk bersantai. Selain itu tugu proklamasi juga dijadikan tempat untuk peringatan kemerdekaan Indonesia.

6. Klenteng Sin Trk Bo

Objek wisata religi yang ada di Jakarta Pusat selain Masjid Istiqlal ataupun Gereja Katedral adalah kelenteng sin tek bo yang berada di Jalan Pasar Baru dalam. Sesuai dengan namanya tempat yang satu merupakan pusat ibadah bagi masyarakat tionghoa. Tempat ini sendiri berada di sebuah gang sempit.

Sehingga para pengunjung yang ingin datang ke tempat ini akan menemukan kesulitan dan saat sampai di tempat ini anda akan disambut oleh pagoda merah bertingkat 4. Selain itu di klenteng ini juga terdapat dua patung tokoh agama non Tionghoa.

7. Taman Situ Lembang

Anda ingin berwisata santai di Jakarta Pusat maka anda bisa datang ke taman Situ Lembang yang tidak jauh dari Stasiun Cikini. Taman ini sendiri tidak bisa diakses dengan menggunakan transportasi umum melainkan menggunakan kendaraan pribadi. Di tempat inilah beragam kegiatan bisa anda lakukan.

Seperti kegiatan memancing, bermain hingga piknik dan untuk Menikmati keindahan Taman Situ Lembang para pengunjung tidak akan dikenakan tarif masuk sedikit pun. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mencari tempat hijau di antara panasnya Kota Jakarta.

8. Taman Suropati


Selain Taman Situ Lembang, Taman Suropati yang berlokasi di Jalan Diponegoro Jalan Imam Bonjol dan Jalan Tengku Umar ini juga bisa anda kunjungi. Untuk sampai ke Taman Suropati ini, akan lebih mudah apabila anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi online.

Di tempat inilah para pengunjung juga bisa menikmati beragam hiburan dari komunitas musik yang berasal dari Taman Suropati dan para pengunjung juga tidak akan dikenakan biaya untuk memasuki area Taman Suropati ini. Juga tidak akan dikenakan biaya untuk memasuki area Taman Suropati ini

9. Taman Menteng


Berlibur di sebuah taman di tengah panasnya kota Jakarta memang menjadi pilihan yang tepat dan taman di Jakarta Pusat berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah Taman Menteng yang berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto Jakarta Pusat. Di tempat inilah Anda bisa melihat 30 spesies tumbuhan. Tidak ada biaya masuk ke area Taman ini dan Anda bisa melakukan beragam kegiatan seperti berolahraga.

10. Taman Ismail Marzuki


Tempat wisata berikutnya adalah Taman Ismail Marzuki. Di tempat ini para pengunjung tidak akan menemukan pepohonan Tetapi beberapa Wahana sebagai sarana pendidikan dan pusat seni. Di tempat inilah terdapat gedung pertunjukan musik, galeri seni, perpustakaan hingga adanya Wahana Planetarium.

Untuk bisa memasuki para penguju bisa membayar tiket masuk sesuai dengan jenis gedung yang dipilih.

11. Galeri Nasional


Tempat di Jakarta Pusat berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah galerinasional yang berlokasi di Jalan Merdeka Timur Nomor 14 yang tidak jauh dari Masjid Istiqlal. Di tempat ini anda akan menemukan berbagai macam karya seni rupa yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tak hanya itu di tempat ini juga terdapat pameran galeri dimana menampilkan karya-karya paling esensial. Ketika anda berkunjung ke tempat ini Anda tidak akan dimintai biaya sedikitpun.

12. Istana Merdeka


Tempat wisata berikutnya di Jakarta Timur adalah Istana Merdeka. Istana Merdeka ini sendiri berada di Kompleks Istana Kepresidenan yang berlokasi di Jalan Merdeka Utara. Di dalam istana tersebut terdapat beragam bangunan seperti Masjid Baiturrahman hingga Wisma negara. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini datanglah saat Sabtu dan Minggu.

Itulah beragam pilihan tempat wisata di Jakarta Pusat yang bisa anda jadikan destinasi liburan tahun ini.