Beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat

Diposting pada

Mungkin mengeksplorasi Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu memang tidaklah mudah. Keindahan alam Indonesia yang satu ini membutuhkan waktu eksplorasi yang tidak sebentar, terutama tempatnya yang berada di sudut Sulawesi Barat. Banyak diketahui, bahwa Tanah Air kita ini sudah terkenal memiliki banyak tempat “ Rahasia” yang tentu saja menawarkan beraneka keindahan alam. Maka, bagi para penjelajah spot- spot wisata, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat sangatlah cocok untuk anda jelajahi.

Kabupaten yang asalnya diberi nama Mamuju Utara ini, sebelumnya dikenal dengan daerah perkebunan dari kelapa sawitnya. Biasanya, tidak jarang wisatawan yang melakukan perjalanan bisnis melakukan sekalian menuju ke beberapa agrowisata kelapa sawit. Disamping itu, terdapat juga, beberapa agrowisata yang dinamakan daerah penanaman jeruk manis, yang berada di Kecamatan Sarudu. Alih- alih masih menjadi sebuah tempat yang jarang di kunjungi oleh wisatawan lokal. Apa saja Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang memang sudah terjamah sejauh ini? Simak berikut ini!

Pantai Pasangkayu dan Pantai Tanjung Babia


Setelah melakukan revalitasi terhadap objek wisata ini. Dua pantai ini, cocok untuk dijadikan tujuan dari Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang pertama kali harus anda kunjungi. Kabupaten pasang kayu memang terletak di ujung pulau Sulawesi barat, jadi seharusnya objek wisata utama adalah destinasi pantai- pantainnya. Kedua Objek wisata ini, memang sangat direkomendasikan menjadi salah satu ikon Kabupaten Pasangkayu.

Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang satu ini, memang sedang terus diperbaiki pembangunannya, karena pemerintah sekarang lebih peka daripada yang terdahulu. Dari kedua Pantai yang ada di Pasangkayu ini, tentu wisatawan bisa menikmati semua pemandangan dari hamparan pulau yang indah, dan sangat lengkap oleh deretan pohon kelapa. Rencana pembangunan pantai ini, memang sedang di lakukan untuk melengkapi beberapa saranannya. Sudah pasti kedua tempat ini, merupakan destinasi pantai terbaik yang jadi rekomendasi terbaik untuk traveling.

Air Terjun Barubu


Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu selanjutnya adalah Air Terjun Barubu. Lokasinya berada di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Bulutaba, Sulawesi Barat. Destinasi wisata yang satu ini, memiliki banyak keistimewaan yang memang sangat menjanjikan ketika para wisatawan datang kesini.

ketika berada di Air Terjun Barubu siang hari, kita akan melihat air terjun yang indah, terpancur dari dua titik pancuran yang berbeda. Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang satu ini, akan memberikan efek ketenangan untuk wisatawan yang datang kesini.

Letak Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang satu ini, bisa di tempuh jalan kaki sekitar 70 meter dari desa.

Tugu SMART


Tugu SMART adalah sebuah simbol yang dimiliki seperti yang tersedia di setiap kota. Tempat ini layak menjadi Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang bisa di kunjungi untuk bersantai. Arti dari SMART sendiri yaitu sejahtera, mandiri, dan juga bermartabat. Bila anda datang malam hari, tentu akan menemukan beberapa keramaian. Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu wisata yang satu ini, dibangun oleh pemerintah baru- baru ini. Dan tempat ini menjadi salah satu tempat yang di jadikan mata pencaharian oleh pedagang- pedagang, oleh karena itu anda dapat mencicipi beraneka ragam makanan daerah bila berada disini.

Air Terjun Kaluku Nangka


Terletak di Kecamatan Bambaira, Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang satu ini, tentu sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merasakan petualangan. Tentu saja menuju tempat yang sangat indah ini sangatlah tidak mudah. Tempat ini memang sangat menantang, namun setelah sampai disini, anda akan merasakan keindahannya.

Salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang diberi nama Kaluku Nangka ini, terbilang masih perawan. Dan mungkin saja pemerintah setempat akan memperhatikan tempat ini, untuk dijadikan tempat wisata yang layak.

Bila anda ingin menuju ke Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu ini, setidaknya harus menempuh dengan berjalan kaki, kurang lebih selama 45 menit, baru anda akan merasakan kesegaran air terjun yang jernih dari Kaluku Nangka. Jalur jalan setapak disini memang sangat menantang, disamping banyak bebatuan, anda harus menembus hutan- hutan yang memang masih cukup rindang dan asri. Hati- hati selalu membawa perbekalan yang cukup.

Goa Lawah


Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu ini, memang memiliki yang sama percis dengan tempat wisata di Bali, namun bila anda telisik, kedua Goa ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Goa Lawah ini terletak di di ketinggian, kurang lebih 100 meter dari permukaan laut. Bila anda ingin mencapai goa ini, anda harus berjalan melewati beberapa perkebunan kelapa sawit.

Hijaunya pemandangan dari perkebunan dan juga persawahan, membuat perjalanan anda tidak akan terasa bila menuju ke Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu yang satu ini. Setelah masuk ke daerah dalam goa, anda akan mudah menemukan beberapa sarang kelelawar seperti markasnya film Batman. Banyaknya bebatuan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk ribuan tahun ini, sangatlah indah.

Pantai Batu Oge


Memang salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu ini, merupakan pantai yang tidak berpasir putih, seperti wisata- wisata pantai yang ada di Sulawesi lainnya. Namun keindahan dan kebersihan dari pantai ini patut di acungi jempol. Tempatnya sangatlah sejuk karena banyak pepohonan yang rindang di daerah pantai ini.

Beberapa warga pun mulai mengkampanyekan agar tempat wisata ini tidak terkotori oleh wisatawan luar, oleh karena itu warga meminta kepada pemerintah kabupaten, untuk menyediakan beberapa sarana penampungan sampah.

Wisata Vovasangayu


Memang Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu ini akan terlihat asing dan aneh di telinga Anda. Namun sejarah pada nama Vovasanggayu ini, memang cukup mempunya makna yang besar bagi kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Nama ini di ambil dari yang penuh makna, karena berasal dari 2 pohon yang terletak di ujung pantai yang berdiri sangat kokoh.

Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu ini, memiliki cerita masyarakat yang tersebar luas. Bila di indentifikasikan ke 2 pohon itu berjenis pohon mangrove atau pohon bakau. Beberapa inspirasi dari Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu ini, antaralain, “Cerita di Bumi Vovasanggayu Sulawesi Barat, terdapat juga Kumpulan Legenda dan Dongeng lokal Mamuju Utara” yang di karangan oleh Abdul Wahid.

Intinya cerita yang berkembang dari Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu ini, adalah sebuah pengabdian, berbeda dengan cerita maling kundang dengan pembangkangan. Cerita dari tempat ini, lebih mengisyaratkan simbolis. Bila mengutip sedikit dari cerita tersebut, konon terdapat cucu seorang nenek, yang ingin menjadi pelaut. Dan nenek tersebut menanam pohon bakau ini, agar si cucu tersebut ketika pulang tidak tersesat.

Cerita itu memang merupakan, cerita yang cukup sedih dan mengharukan. Maka para wisatawan, sering berkunjung ke tempat ini untuk sekedar memastikan cerita rakyat dari Tempat Wisata di Kabupaten Pasangkayu ini. Namun, anda pun tidak akan menyesal, meski cerita tersebut bukanlah menjadi tujuan anda datang kesini, karena tempatnya memang sangat indah dan nyaman.