Beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat

Diposting pada

Kabupaten Mamasa terletak di Sulawesi Barat, dan disana merupakan tempat yang berada di ketinggian yang cukup tinggi. Tempat Wisata di kabupaten Mamasa ini, memang tidak sebanyak di kota- kota lainnya atau daerah lain. Namun, meskipun hanya sedikit yang bisa di ekspose, tempat ini memang sangat eksotik dengan budaya dan keindahan alamnya.

Bila ingin berkunjung ke daerah ini, tempatnya tidak jauh Kota Makassar. Anda pun dapat menggunakan mobil, dan menempuh ke beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa ini. Secara statistik kabupaten ini mempunyai luas daerah kurang lebih 2.759,23 km2, diiringi populasi penduduk yang berjumlah 169.374 jiwa, tercatat pada tahun 2015. Tempat wisata apa saja yang sangat di rekomendasikan di mamasa ini? Simak ulasan berikut!

1. Negeri Di Atas Awan Buntu Liarra


Buntu Liarra sebenarnya sebutan dari sebuah Gunung, yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa. Keindahan dari Liarra adalah dari ketinggiannya. Bila anda mengunjungi puncak, maka akan terlihat hamparan padang awan yang luas seperti kapas. Maka dari itu tempat ini di juluki dengan “Negeri Di Atas Awan”. Namun, bila ingin mengunjungi tempat ini, lokasinya cukup menantang.

Anda dapat menikmati keindahan tempat ini dengan Gratis, karena memang ini sebuah tempat wisata alam. Sangat direkomendasikan untuk datang sebelum jam 06:00 pagi, untuk melihat sunrise. Bila anda ingin menginap, maka anda harus membawa tenda. Namun, pastikan anda datang di bulan- bulan musim panas, agar terhindar dari hujan.

2. Wisata Air Terjun Sarambu Liawan


Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang lainnya adalah Air Terjun Liawan atau Sarambu Liawan (Bahasa Daerah Toraja), tempatnya terletak di daerah Sumarorong, Mamasa, Sulawesi Barat. Mungkin anda harus menempuh perjalanan 6 jam dari kota Makassar, bila menggunakan roda empat. Menuju tempat istirahat, terdapat beberapa Villa yang murah di sekitaran kawasan ini.

Air Terjun liawan menjadi salah satu tempat wisata favorit dan bisa datakan wisata air terjun yang paling indah, yang terletak di Kabupaten Mamasa. Karena Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa ini, memiliki 7 (tujuh) tingkatan air terjun dengan ketinggian 100 meter. Anda harus mempersiapkan jaket yang tebal, karena cuaca di sini sangatlah dingin.

3. Air Panas Kole

Salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang sangat menarik tentu saja Air Panas Kole. Sudah jadi pemandian favorit dari zaman jepang. Permandian berlokasi di Desa Rambu Saratu, masih daerah Kecamatan Mamasa. Bila anda menuju ke tempat ini dari Kota Mamasa, maka akan sangat sebentar, karena hanya sekitar dua kilo meter saja jaraknya.

Akan maksimal bila anda datang dimalam hari, karena nuansa disini memang sangat menyenangkan. Selai itu salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa ini sangat lah murah, yaitu hanya 5000 per orang. Andapun bisa berada sepuasnya, karena tidak ada batasan waktu. Di sekitar lokasi pemandian ini, terdapat beberapa penginapan yang cukup terjangkau.

4. Gunung Mambulilling


Bagi para pendaki gunung, tentu saja anda tidak boleh melewati Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang satu ini. Desa Mambulilling, Kecamatan Mamasa ini, terdapat sebuah gunung memiliki puncak ketinggian sebesar 2.741 Meter dari permukaan Laut.

Pemandangan yang di sajikan pun cukup menakjubkan, maka sama dengan Buntu Liarra, Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa ini, menjadi salah satu “Negeri Diatas Awan” lainnya. Anda pun dapat mengunjungi air terjun yang berada di lembah gunung ini.

5. Pohon Pinus Salukodo


Pohon pinus, memang adalah tempat favorit untuk berwisata. Dan pohon pinus Salukodo ini adalah salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang Instagramable. Sudah pasti bagi penggemar Folk Indonesia, Keindahan yang terdapat dan ditawargan di Tempat ini, adalah deretan pohon pinus yang sangat indah. Apalagi udara yang ada disini sangatlah sejuk.

Anda pun dapat mengunjungi daerah Salukodo, untuk berkemping. Apalagi tempat ini memang jauh dari kebisingan kota.

6. Air Terjun Lambanan Untuk Penjelajah Alam


Salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang lainnya adalah Air Terjun Lambanan. Air terjun ini berada di kawasan Dusun Lombonan atau Desa Lambanan. Tentu saja melihat air yang jernih, akan membuat anda untuk segera menyebur ke dalam air terjun ini. Apalagi air terjun ini sangat unik, dengan tingkatan- tingkatan kecilnya.

Tempatnya pun masih alami, karena masih berada di tempat yang tidak terlalu ramai. Anda dapat mengunjungi salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa in, dengan memakai sepeda motor.

7. Keunikan Batu Ledong


Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa selanjutnya, sangatlah menarik, karena hanyalah sebuah bongkahan batu. Sebenarnya bila dilihat batu ini, merupakan batu besar biasa, namun memiliki sejumlah misteri yang unik. Dari penampilannya batu ini seperti melawan hukum fisika, karena batu diatas lebih besar daripada batu yang ada di bawah dan sangat kokoh.

Beberapa cerita mistis, selalu dikaitkan dengan batu ini. Namun, beberapa wisatawan selalu penasaran dengan mengunjungi batu ini, dan berharap dapat mengetahui misteri dari batu ini.

8. Air Terjun Sambabo


Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang satu ini, merupakan air terjun lagi. Namun keindahan air terjun ini tampaknya tidak boleh di lewatkan. Anda dapat mengunjungi Desa Ulu Mambi pada Kecamatan Bambam, Kabupaten Mamasa. 400 meter adalah ketinggian dari ari terjun .

Yang menarik dari Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa ini, terdapat Urban Legend atau cerita masyarakat, bahwa di lokasi ini merupakan tempat bersemayam burung raksasa dan letaknya berada di dalam goa yang terdapat dibalik air terjun tersebut.

9. Pentas Adu Kerbau Mamasa


Sudah pasti bila berbicara Mapasilaga Tedong, akan terkait dengan budaya yang ada di tanah toraja. Dan mamasa ini memang sangat erat kaitannya dengan budaya tersebut. Pentas adu kerbau ini, merupakan salah satu tontonan masyarakat di kabupaten Mamasa. Meskipun tempatnya sangat acak, namun terdapat beberapa tempat yang biasanya dijadikan sebagai penyelenggaraan acara ini, dan bisa dijadikan sebagai salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang patut di tunggu.

10. Desa Rambusaratu


Salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang lainnya adalah daerah yang sangat eksotis, yang memiliki beberapa rumah adat jaman dahulu kala. Tempat ini terletak cukup dekat dari kota Mamasa, namun cukup menantang, karena harus melewati jalanan yang kurang bagus. Desa ini, merupakan desa yang menyimpan sejarah kebudayaan yang sangat luar biasa. Desa yang berada di Kampung Rantebuda itu, mempunyai rumah- rumah adat yang konon hampir berusia400 tahunan.

11. Wisata Kain Tenun Mamasa


Tempat Wisata di Kabupaten Mamasa yang terakhir adalah satu daerah penghasil kain tenun yang mendunia. Memang belum terkenal seperti tenun Toraja, namun kain tenunan yang berasal dari daerah Mamasa ini memiliki motif atau partikular yang berkarakter dan menjadi ciri khas tersendiri.

Warga sudah di arahkan untuk tetap melestarikan kain tenun Mamasa di Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa ini. Biasanya kain tenun ini di pakai untuk upacara kematian, dan Setiap jenazah menggunakan paling tidak sepuluh lembar kain tenun ini. Kain ini memang cukup mahal harganya, karena masih dilestarikan. Anda pun dapat mengunjungi tempat yang berjarak 8 kilometer dari ibu kota kabupaten Mamasa.