8 Tujuan Tempat Wisata di Kabupaten Luwu Timur yang Keren Abis

Diposting pada

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa ternyata Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam yang luar biasa dan tidak kalah dengan provinsi lainnya di Indonesia. Selain terkenal dengan adat Bugisnya yang merupakan suatu adat masyarakat yang amat religius, Sulawesi Selatatan terkenal juga sebagai salah satu penghasil tembaga terbesar di Indonesia, yang terpusat di Pulau Bone.

Sementara itu, Kabupaten Luwu Timur yang berada di sebelah utara Teluk Bone, Sulawesi Selatan ini, ternyata memiliki potensi obyek wisata yang menarik dengan memiliki tempat wisata di kabupaten luwu timur yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan tempat wisata yang terdapat di kabupaten sekitarnya. Membuatnya menjadi salah satu primadona bagi Provinsi Sulawesi Selatan.

Dan berikut daftar tempat wisata yang wajib anda kunjungi selama berkunjung ke Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan :

1. Danau Matano


Danau tektonik yang terletak di sebelah Timur Laut Kabupaten Luwu Timur ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh turis domestik mau pun internasional. Dengan kedalaman lebih dari 590 meter (1.969 kaki) dibawah permukaan laut menjadikan danau ini sebagai danau terdalam di Asia Tenggara dan terdalam ke-8 di dunia. Wow! Dan danau matano sendiri merupakan salah satu danau purba di dunia, yang artinya umur dari danau tersebut telah mencapai jutaan tahun. Keren bukan? Dengan karakteristik dari danau matano itu sendiri, membuatnya menjadi salah satu danau yang memiliki flora dan fauna yang hanya dapat ditemukan disana dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jangan lupa juga dengan keindahan danau matano di kala senja, tidak akan kalah dengan pantai-pantai di pulau Bali.

2. Air Terjun Sungai Anuang


Main sedikit ke utara, maka anda akan bertemu dengan tempat wisata keren lainnya di Luwu Timur. Air terjun sungai anuang, yang biasa juga disebut sebagai air terjun salu anua oleh masyarakat sekitar ini merupakan air terjun yang memiliki aliran air yang sangat deras. Walau begitu, air terjun ini begitu indah dan juga karena terletak berada di dekat dengan jalan, membuat air terjun ini mudah dijangkau dan menjadi tempat favorit untuk melepas lelah dan bersantap siang sejenak setelah seharian menjelajah Luwu Timur. Air terjun ini terletak di jalur yang menghubungkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah (Trans Sulawesi), yaitu sekitar 30 km di utara Mangkutana.

3. Air Terjun Mata Buntu


Tempat wisata di kabupaten luwu timur satu ini memang sedikit sulit untuk dicapai. Karena untuk mencapainya, anda harus berjalan kaki menaiki kurang lebih 100 anak tangga. Cukup jauh dan tentu saja akan sedikit capek, namun hal tersebut pasti akan terbayarkan setelah anda mencapai air terjun mata buntu ini.Air terjun yang berbentuk berundak-undak seperti anak tangga ini dikelilingi oleh hutan yang asri, sehingga anda akan merasa tenang dan nyaman ketika berada disana. Ditambah lagi terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati keindahan dari air terjun mata buntu ini. Selain itu, air terjun ini juga memiliki sebuah batu yang berbentuk seperti alat kelamin pria yang konon dapat membantu bagi pasangan yang belum dikaruniai seorang anak. Percaya atau tidak. Air terjun ini terletak di desa Ledu-ledu, Kecamatan Wasuponda, Luwu Timur.

4. Air Terjun Atue


Ternyata Luwu Timur menyimpan banyak sekali destinasi wisata air yang seru. Selain beberapa air terjun yang telah disebutkan diatas, Luwu Timur masih memiliki Air Terjun Atue.Air terjun yang terletak tidak jauh dari kota Malili, tepatnya sekitar 8 km barat daya ini selain menyuguhi pemandangan air terjun yang indah, disini anda juga dapat melihat beberapa artefak dari keberadaan legenda setempat, yaitu Legenda Mitikal Sawerigading yang bercerita tentang putera raja Luwu dari Kerajaan Luwu Purba. Dan juga disana anda akan melihat beberapa situs yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat selama perjalanan ke air terjun atue. Seru dan menantang bukan?!

5. Pantai Lemo


Tempat wisata di kabupaten luwu timur yang lain adalah Pantai Lemo. Destinasi wisata air alternatif bagi anda yang tidak ingin ke air terjun, anda dapat pergi ke pantai Lemo yang terletak di desa Mabonta, Kecamatan Burau, Luwu Timur. Wisata pantai ini menyuguhkan pemandangan alam laut yang luar biasa bagi para wisatawan yang datang. Dengan kontur pantai yang memiliki dataran pesisir yang memanjang dan juga ditumbuhi oleh pohon kelapa di sepanjang pantai, dan juga sarana prasarana yang memadai menjadikan pantai ini sebagai primadona bagi masyarakat setempat. Ditambah lagi dengan banyaknya warung makan dan juga gazebo yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menikmati desiran angin laut, dan juga dermaga yang cocok dijadikan spot foto bagi para anak muda yang ingin menambah koleksi foto mereka di dalam HP, tidaklah heran apabila pantai ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

6. Danau Towuti


Selain danau matano, Luwu Timur juga memiliki sebuah danau lagi yaitu danau towuti. Danau Towuti juga merupakan salah satu danau purba di dunia yang umurnya telah mencapai jutaan tahun, bahkan merupakan danau purba tertua di Indonesia, jauh lebih tua dibandingkan danau Toba di Sumatera Utara. Selain itu, danau air tawar terbesar kedua di Indonesia ini memiliki keindahan yang luar biasa, dengan air tawarnya yang masih sangat jernih, sehingga anda dapat menikmati keindahan bawah air danau dengan leluasa. Anda juga dapat menggunakan speedboat atau kapal penyeberangan untuk dapat pergi ke pulau-pulau menawan yang berada di tengah danau. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Leoha, Pulau Bolong dan Pulau Kembar.

7. Bukit Agro Tabarano


Tempat wisata di kabupaten luwu timur keren yang lain adalah Bukit Agro Tabarano. Destinasi yang satu ini merupakan sebuah bukit yang dikelilingi oleh alam yang indah sehingga biasanya para pengunjung datang kesana untuk berkemah bersama dengan teman-teman atau keluarga. Selain dengan menggunakan tenda, anda dapat menyewa villa yang ada di sekitar bukit agro tabarano tersebut apabila anda menginginkan kenyamanan yang ekstra. Pengunjung disana akan dimanjakan dengan pemandangan sawah yang terbentang dengan indah dan juga bukit-bukit yang hijau di seberangnya.

8. Pulau Bulu Polo’e


Yang terakhir di daftar tempat wisata di kabupaten luwu timur yang keren dan wajib anda kunjungi adalah Pulau Bulu Polo’e. Pulau ini merupakan spot wajib bagi anda penyuka kegiatan menyelam. Keindahan bawah laut yang mempesona serta hamparan pasir putih menjadi daya tarik dari destinasi wisata yang satu ini. Destinasi wisata ini terletak di desa Harapan, Kecamatan Malili, Luwu Timur.

Melihat daftar diatas, apakah anda tertarik untuk pergi ke Sulawesi Selatan, untuk mencoba dan melihat keindahan alam yang mereka miliki? Potensi wisata alam yang dimiliki oleh negara kita memanglah luar biasa, hampir di setiap sudut daerah, Indonesia memiliki alam yang disajikan dengan begitu indah. Tidak terkecuali di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Tengah.