18 Rekomendasi Tempat Wisata di Pamekasan Untuk Liburan yang Lebih Seru

Diposting pada

Tempat Wisata di Pamekasan – Pamekasan bisa menjadi destinasi wisata ideal liburan bersama keluarga. Kabupaten Pamekasan yang terletak di Pulau Madura ini memiliki sederet tempat wisata menarik yang tentunya menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dengan kawasan lainnya.

Destinasi wisata di Pamekasan memang belum sepopuler obyek wisata lainnya di Jawa Timur. Namun, keindahan wisata alam hingga taman di kabupaten ini layak diacungi jempol. Apa saja rekomendasi tempat wisata di Pamekasan yang harus Anda kunjungi? Ini daftarnya.

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata di Pamekasan

1. Wahana Edu Wisata Selamat Pagi Madura


Obyek wisata yang terletak di Lawangan Daya, Pademawu, Pamekasan ini dibuka untuk umum pada 3 Juli 2016 lalu. Tempat wisata ini menawarkan beberapa wahana bermain seperti flying fox, bukit cinta, taman bunga, waterbomb dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke Wahana Edu Wisata Selamat Pagi Madura sekitar Rp. 20.000.

2. Vihara Avalokitesvara


Vihara Avalokitesvara yang terletak di Jalan Teja Pamekasan, Montok, Larangan, Pamekasan ini merupakan tempat ibadah sekaligus sebagai obyek wisata religi peninggalan zaman Kerajaan Majapahit. Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Talang Siring membuatnya menjadi tempat singgah wisatawan ketika berkunjung ke pantai tersebut.

3. Pantai Talang Siring


Pantai Talang Siring yang terletak di Desa Montok, Kecamatan Larangan atau 14 km dari Kota Pamekasan ini menawarkan pemandangan gugusan hutan mangrove dan aktivitas kehidupan nelayan sekitar. Pantai ini juga menyediakan fasilitas warung makan, toilet, mushola dan lahan parkir. Harga tiket masuknya cukup murah hanya sekitar Rp. 3.000.

4. Pantai Jumiang


Pantai Jumiang yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu ini merupakan pantai kebanggaan warga Pamekasan. Pantai ini cukup mudah diakses menggunakan kendaraan umum. Di sini Anda bisa menyaksikan pemandangan pantai yang dihiasi tebing dan gugusan karang yang cantik. Harga tiket masuk ke pantai ini hanya Rp. 5.000 saja.

5. Bukit Brukoh Pakong


Bukit Brukoh Pakong terletak di Dusun Brukoh, Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Pamekasan. Dari bukit ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Kota Pamekasan dari ketinggian. Obyek wisata ini masih tergolong bersih, indah dan terawat serta sudah disediakan fasilitas kamar mandi, mushala dan lainnya. Anda bisa memasuki kawasan Bukit Brukoh secara gratis.

6. Air Terjun Durbugen


Air terjun Durbugen yang terletak di Kelurahan Kowel, Pamekasan ini menawarkan pemandangan air terjun alami dan bersih yang mengalir dari tebing bebatuan yang eksotis. Di sekitar air terjun ini disediakan fasilitas warung makan, lahan parkir, kamar mandi dan fasilitaslainnya. Anda juga tak perlu membayar tiket masuk untuk memasuki kawasan air terjun.

7. Air Terjun Ahatan


Air terjun Ahatan berada di Dusun Ahatan, Desa Tlonto Raja, Pasean, Pamekasan. Air terjun yang memiliki dua hulu berbeda ini terletak di belakang pemukiman dengan trek yang cukup menantang curam dan sedikit licin. Meski perjalanan menuju air terjun cukup menantang, keindahan air terjun ini mampu mengobati rasa lelah perjalanan.

8. Air Terjun Bulangan


Air terjun Bulangan yang terletak di Dampol, Bulangan H, Pegantenan, Pamekasan ini memang belum sepopuler air terjun lainnya di Madura. Namun, pemandangan yang disuguhkan air terjun ini tak kalah menarik. Karena tergolong masih sepi, tak mengherankan jika kawasan air terjun Bulangan masih bersih, alami dan belum dikenai tiket masuk.

9. Pantai Batu Kerbuy


Pantai Batu Kerbuy terletak di Jalan Raya Pasean, Pasean, Pamekasan. Pantai ini merupakan salah satu pantai di Pamekasan yang sering dijadikan sebagai obyek foto karena panorama pantai yang dihiasi bebatuan karang sepanjang bibir pantai. Salah satu dari batuan karang tersebut ada yang berbentuk seperti kerbau sehingga disebut sebagai Pantai Kerbuy.

10. Goa Blaban


Goa Blaban yang terletak di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batu Marmar ini ditemukan warga pada tahun 2015 silam. Goa Blaban menyajikan pesona rongga bebatuan dengan kilau bagaikan emas serta stalaktit dan stalakmit yang eksotis. Anda bisa memasuki Goa Blaban dengan membayar tiket seharga Rp. 20.000.

11. Bukit Waru


Bukit Waru yang terletak di antara Desa Waru Barat dan Waru Timur, Kecamatan Waru ini merupakan wisata alam yang potensial untuk aktivitas panjat tebing. Bukit ini juga menjadi spot foto menarik terutama jika naik hingga ke puncaknya. Anda juga bisa menyambangi Goa Angin dan Kerajaan Monyet di dekat bukit ini.

12. Rawa Maungan


Tak jauh dari Pantai Jumiang Anda bisa menyaksikan Rawa Manungan. Rawa Manungan merupakan rawa tempat bertemunya air laut dan hutan bakau yang masih asri. Tempat ini menawarkan spot foto yang menarik juga spot memancing yang menantang. Sayangnya jalan menuju rawa ini cukup rusak sehingga butuh perjuangan untuk bisa mencapainya.

13. Api Abadi


Wisata Api Abadi atau Api Tak Kunjung Padam terletak di Desa Larangan, Tokol, Tlanakan, Pamekasan atau sekitar 4-5 km dari Kota Pamekasan. Api Abadi cukup unik karena tak pernah padam walau diguyur hujan sekalipun. Untuk bisa melihat Api Abadi, cukup membayar biaya parkir Rp. 5.000 (mobil) dan Rp. 2.000 (motor).

14. Monumen Arek Lancor


Monumen Arek Lancor terletak di Barurambat atau di sekitar kawasan alun-alun Kota Pamekasan. Monumen ini merupakan wisata sejarah untuk mengenang pejuang-pejuang pembebasan Pamekasan dari Belanda. Di akhir pekan dan sore hari, biasanya tempat ini ramai dikunjungi masyarakat bahkan dijadikan sebagai pusat car free day di hari Minggu.

15. Dermaga Pelabuhan Branta


Sebagai alternatif dari Jembatan Suramadu, Anda bisa mengunjungi dermaga Pelabuhan Branta yang terletak di Branta Pesisir, Pamekasan. Di dermaga ini, Anda bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh atau perahu yang sedang mengarungi laut di kejauhan. Untuk bisa memasuki kawasan ini, Anda tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

16. Kampung Toron Smalem


Kampung Toron Smalem yang terletak di Dusun Toron Smalem, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan ini awalnya merupakan bekas tambang batu bata yang disulap menjadi kawasan wisata. Di sini Anda bisa melihat rumah panggung seperti rumah masyarakat Papua dan beberapa spot foto berlatar belakang pemandangan alam yang asri.

17. Air Terjun Kertagena


Air terjun Kertagena dengan ketinggian 7 meter ini terletak di perbatasan Desa Kertagenah Tengah, Kertagenah Daya dan Desa Bungbaruh, Kecamatan Kadur, Pamekasan. Lokasi air terjun cukup jauh dari pemukiman penduduk sehingga masih alami. Meski jalan menuju air terjun ini cukup sulit, air terjun ini tetap ramai pengunjung di akhir pekan.

18. Lembah Sembir


Wisata Lembah Sembir terletak di kawasan Dusun Dungenda, Desa Tlonto Raja, Kecamatan Pasean, Pamekasan. Lembah ini menawarkan pemandangan alam Pamekasan yang masih alami dan instagramable terutama jika Anda berhasil mendaki hingga ke puncaknya.

Itulah 18 tempat wisata di Pamekasan yang direkomendasikan jika ingin liburan Anda nanti semakin seru. Jangan lupa untuk mengabadikan perjalanan Anda agar menjadi pengalaman yang tak terlupakan.