12 Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Diposting pada

Nganjuk merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur. Nganjuk sendiri berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro, Jombang, Ponorogo serta Kediri. Kabupaten yang satu ini ternyata cukup recommended untuk anda ketahui ketika liburan. Hal itu tidak lain Kabupaten ini memiliki beragam tempat wisata unik dan menarik.

Tempat wisata di Nganjuk

Kegiatan berlibur memang menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menyegarkan pikiran mereka kembali. Beragam jenis wisata bisa anda pilih mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Nganjuk mungkin tidak sepopuler Kota Lamongan sebagai tempat wisata tetapi ternyata tempat ini menyimpan beragam wisata yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Air terjun sumber manik

Apabila Anda datang ke Nganjuk mencari tempat wisata alam yang akan memberikan Anda keterangan maka datanglah ke air terjun sumber manik. Di tempat inilah anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu cantik dengan udara yang segar. Air terjun ini sendiri berada di desa glonggong Kecamatan ngetos.

Anda akan disuguhi dengan pemandangan air terjun setinggi 35 M dengan adanya dua cabang. Anda juga bisa bersantai di sekeliling air terjun. Pengunjung yang datang ke air terjun ini tidak dipungut biaya.

2. Air terjun Roro Kuning

Tidak heran apabila muncul memiliki beragam tempat wisata alam menarik karena kabupaten tersebut memiliki bentang alam yang cukup cantik seperti yang dimiliki oleh tempat wisata yang satu ini yaitu Air Terjun Roro Kuning yang berada di desa Bajulan Kecamatan Loceret.

Menurut cerita yang beredar air terjun ini sendiri mampu menyembuhkan seorang putri pada masa tersebut tetapi terlepas dari berita tersebut air terjun ini bisa menjadi pilihan bagi anda untuk mendapatkan ketenangan. Biaya masuknya sekitar Rp5.000 per orang.

3. Air Terjun Sedudo

Wisata ini cukup ramai ketika akhir pekan yaitu Air Terjun Sedudo yang berada di desa Sawahan kecamatan ngliman Nganjuk. Wisata ini bukanlah wisata baru bagi para wisatawan karena wisata ini cukup terkenal. Bahkan tidak sedikit pula orang yang mengalirkan air terjun ini dengan hal mistis.

Kendati demikian tetap saja air terjun ini akan dipadati oleh para pengunjung karena menawarkan pemandangan alam hijau yang sangat cantik dan Suasananya yang cukup segar. Setiap pengunjung yang ingin Menikmati keindahan alam di sini harus membayar biaya tiket masuk 3000 per orang.

4. Air terjun singokromo

Masih wisata Air Terjun, air terjun berikutnya yang ada di Nganjuk yang bisa anda kunjungi adalah air terjun singokromo yang berlokasi di desa ngliman Sawahan. Air terjun ini sendiri Memang memiliki ketinggian yang cukup rendah yaitu hanya sekitar 20 meter tetapi pemandangan di sekitarnya dijamin tidak akan membuat anda menyesal.

Android juga bisa menghabiskan waktu untuk bersantai untuk mendapatkan ketenangan dan dari pusat kota sendiri air terjun ini berjarak sekitar 30 km. Biaya tiket masuk di tempat ini kurang lebih 5000 per orang.

5. Legend Waterpark

Apakah anda ingin berwisata ke lanjut bersama keluarga anda maka tempat wisata yang cocok untuk anda ketahui bersama keluarga adalah The Legend Waterpark yang berada di Jalan Raya Surabaya Madiun km 14 Kecamatan Kertosono.

Di tempat inilah berbagai macam permainan air disuguhkan dengan begitu menarik. Di tempat ini juga terdapat berbagai wahana air populer seperti kolam ombak, racing slide, spiral slide dan masih banyak lagi. Para pengunjung yang ingin menikmati Waterpark ini bisa membayar Rp25.000 orang.

6. Agrowisata perkebunan mawar

Menikmati wisata memang menjadi pilihan dan sendiri apalagi jika tempat wisata tersebut menyajikan pengetahuan bagi para wisatawan. Salah satu wisata yang menjadi andalan bagi banyak orang adalah wisata agrowisata. Di Nganjuk sendiri terdapat agrowisata yang berada di desa ngliman tepatnya di Kecamatan Sawahan.

Agrowisata tersebut adalah perkebunan mawar yang akan menawarkan pemandangan berupa keindahan bunga mawar. Di tempat inilah para wisatawan juga akan mendapatkan pengetahuan seputar bercocok tanam bunga mawar. Biaya masuk ke tempat ini sekitar kurang lebih Rp5.000 per orang.

7. Museum Anjuk ladang

Apakah Anda tengah mencari tempat wisata yang menyajikan pengetahuan maka cobalah untuk datang ke museum Anjuk ladang yang berada di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Kauman Nganjuk.

Di dalam Museum ini terdapat peninggalan yang digunakan untuk mengenang sejarah bangsa Indonesia. Museum ini sendiri menyimpan berbagai macam koneksi seperti Arca dan patung. Tidak ada biaya masuk yang dibebankan Untuk para pengunjung.

8. Bukit Batu songgong

Tempat wisata ini juga cukup unik karena di tempat ini anda akan menemukan sebuah bukit bernama Bukit Batu songgong. Bukit Batu songgong ini sendiri berada di desa margopatut Kecamatan Sawahan.

Tempat ini juga menyajikan pemandangan yang cukup menawan dari atas ketinggian dan bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke Bukit Batu songgong ini harus berhati-hati pasalnya rute untuk menuju ke lokasi cukup menantang.

9. Pura Kerta Buana

Ingin melihat gaun pernikahan sebuah pura maka datanglah ke desa Bajulan Kecamatan Loceret Nganjuk. Di tempat inilah ternyata terdapat sebuah surah yang digunakan untuk para pemeluk agama Hindu.

Tidak heran karena Desa Bajulan terdapat banyak warga yang beragama Hindu mulai dari warga setempat ataupun para pendatang. Tidak ada biaya tiket masuk untuk para wisatawan yang ingin melihat keindahan pura.

10. Sendang Putri Wilis

Masih berada di kecamatan Sawahan, tempat wisata alam berikut ini yang bisa anda kunjungi di kecamatan tersebut adalah Sendang Putri Wilis. Wisata ini sudah cukup populer Bagi kalangan masyarakat setempat karena menyajikan pemandangan yang sangat cantik.

Tidak heran apabila tempat ini dijadikan bagi banyak orang sebagai tempat pelarian untuk mendapatkan ketenangan. Di tempat ini belum ada fasilitas yang cukup lengkap. Oleh sebab itu Anda harus selalu menjaga kebersihan. Biaya masuk nya sekitar Rp10.000 per orang.

11. Candi ngetos

Nganjuk juga memiliki tempat wisata yang kaya akan sejarah yaitu berada di Jalan ngetos-berbek ngetos Nganjuk. Tempat wisata tersebut adalah candi ngetos. Candi ini sendiri berada di lokasi yang cukup unik karena ada di pinggiran jalan beraspal sehingga akan membuat wisatawan mudah untuk menemukan tempat wisata ini.

Candi ngetos ini sendiri memiliki keterkaitan dengan raja Hayam Wuruk yang berasal dari kerajaan Majapahit sebagai tempat makam beliau. Bagi Anda yang ingin datang ke tempat dingin maka tidak harus bingung karena lokasinya yang cukup strategis dan terlebih lagi tidak ada biaya tiket masuk.

12. Goa Margo Tresno

Wisata berikutnya yang bisa anda kunjungi ketika berada di Nganjuk adalah Goa Margo Tresno. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan. Ketika berada di perjalanan menuju bahwa anda jika tidak boleh bosan karena pemandangan yang disajikan juga tidak kalah cantiknya.

Saya sudah sampai di Gowa anda akan mendapatkan panduan dari seseorang yang bertempat tinggal di kawasan goa Sehingga anda akan mendapatkan banyak informasi. Keluar ini berada di jalan kr goa margo treso sugihwaras ngluyu. Tiket masuk 3000 per orang.

Itulah beberapa tempat wisata di Nganjuk Jawa Timur yang recomended? Persiapkan diri Anda sekarang untuk mengunjungi deretan tempat wisata tersebut.