12 Tempat Wisata di Kabupaten Maros yang Menyimpan Pesona Serpihan Surga

Diposting pada

Daerah yang berbatasan langsung dengan kota Makassar bagian selatan ini menyimpan sejuta pesona yang masih tersembunyi. Tempat wisata di Kabupaten Maros sangat beragam mulai dari pantainya yang indah, pegunungan, bukit, telaga, air terjun, pusat perbelanjaan, hingga Taman Nasional.

Sebagai inspirasi untuk mengisi agenda liburan tahunan ada beberapa tempat wisata di Kabupaten Maros yang wajib anda kunjungi, dijamin tidak akan menyesal dan kecewa, bahkan tidak jarang banyak wisatawan yang kembali lagi untuk menikmati pesona Maros.

Tidak hanya terkenal dengan Taman Nasionalnya saja, ada beberapa tempat wisata di Kabupaten Maros yang memiliki nilai edukasi di dalamnya seperti taman sejarah dan desa agrowisata. Selain berlibur anda juga bisa mendapatkan ilmu, selain itu beberapa tempat wisata sudah memiliki fasilitas yang cukup mendukung walaupun banyak yang masih di bawah standar.

Untuk itu berikut beberapa daftar tempat wisata di Kabupaten Maros yang sayang untuk dilewatkan :

1. Taman Nasional Bantimurung


Taman Nasional ini merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Maros yang paling terkenal. Lokasinya berada di Maros-Bone Km.12, Bantimurung, Sulawesi Selatan. HTM Rp 20.000/orang.

Taman wisata ini berjarak 20 KM dari pusat Kota Makassar, terkenal dengan sebutan “The Kingdom of Butterfly” karena memiliki 20 jenis kupu-kupu, diantaranya terdapat spesies endemik Sulawesi Selatan seperti Helena Linne, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana.

Selain kupu-kupu taman Nasional ini juga memiliki koleksi tumbuhan sebanyak 117 jenis dan 735 jenis hewan liar termasuk kera hitam. Spot lain yang bisa anda jelajahi disini adalah Leang Pute, Leang Londrong, Gua Batu, Gua Mimpi, Pattunuang, dan Karaenta.

2. Rammang-Rammang


Lokasinya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Maros, Sulawesi Selatan, berjarak sekitar 40 km dari sebelah utara Kota Makassar. Untuk menuju lokasi dapat diakses menggunakan perahu, anda bisa menyewa perahu milik warga dengan tarif Rp 200.000 (1-4 orang).

Dalam bahasa setempat Rammang-Rammang berati sekumpulan kabut, karst terbesar ketiga di dunia ini menyimpan banyak spot wisata yang menarik di dalamnya dan menunggu untuk dijelajahi seperti Gua Telapak tangan, Gua bulu Karaka , Sungai Pute, Kampung Berua, Telaga Bidadari dan masih banyak lagi.

Jika anda berencana untuk menginap disini tersedia fasilitas penginapan dan kafe yang berbentuk rumah tradisional dengan tarif Rp 35.000/malam.

3. Bulu Tombolo


Lokasinya berada di dalam Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Maros, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata terbaru dari taman Nasional ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dari atas ketinggian.

Dari atas Anda bisa melihat gugusan pegunungan dan sawah dari kejauhan serta lebatnya pepohonan hutan, terdapat beberapa fasilitas pendukung yang bisa dijadikan sebagai spot selfi, rata-rata spot foto yang tersedia dibangun menggunakan material bambu.

4. Helena Sky Bridge


Lokasinya berada di kerajaan kupu-kupu taman Nasional Bantimurung. Buka pukul 08.00 – 17.00 WITA. HTM Rp 15.000 per orang. Destinasi yang baru buka pada tahun 2017 ini selalu sukses mencuri perhatian wisatawan, hampir setiap hari tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Jembatan atas awan yang memiliki panjang 200 meter ini menjadi salah satu spot foto yang banyak diincar wisatawan Bahakan mereka rela untuk mengantre. Keberadaan gunung kars ditambah jembatan yang unik membuat hasil foto menjadi sangat menarik. Tidak perlu khawatir akan terjatuh karena jembatan ini sudah dilengkapi dengan peralatan keamanan standar.

5. Wisata Tana Tengnga


Lokasinya berada di di Desa Cenrana Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Berjarak 2 jam perjalanan dari Pusat kota Maros. Objek agrowisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah karena lokasinya yang berbentuk perbukitan, di sepanjang jalan menuju desa banyak ditumbuhi pohon Pinus dan kakao.

Terdapat kebun buah strawberry bagian dari agrowisata, disini anda bisa memetik dan mencoba buah strawberry segar.

Selain wisata alam anda juga bisa bermain outbound seperti flying fox dan berenang. Tersedia 4 buah kolam renang, 2 di bagian depan dan 2 di belakang, kedua lokasinya sama-sama menawarkan pemandangan alam yang indah. Jika anda ingin bermalam disini tersedia beberapa villa dengan tarif terjangkau.

6. Pemandian Air Panas Reatoa Maros


Berlokasi di Desa Realolo, Kelurahan Samaenre, Maros, Sulawesi Selatan. Buka 24 jam HTM Rp 2.000 per orang. Pemandian ini berjarak 8 KM dari Puskesmas Mallawa.

Yang unik dari tempat ini adalah adanya 2 air terjun dengan suhu yang berbeda yaitu air terjun panas dan air terjun dingin, selain itu disini terdapat 2 buah kolam di bagian atas dan bawah, 2 buah kamar mandi, dan 2 buah kamar ganti.

Jika anda hendak berkunjung kemari sebaiknya membawa bekal makanan sendiri karena tidak ada pedagang di dekat lokasi pemandian.

7. Kuri Caddi Beach


Lokasinya berada di Jl. Kuri Lompo, Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. HTM Rp 10.000 per orang ,buka 24 jam. Pantai pasir putih yang cantik dengan gugusan be batuan magma, terlihat makin indah saat air laut sedang surut.

Pantai yang luas dan landai sangat cocok digunakan untuk camping. Pemandangan sore hari sangat indah terutama saat sunset. Di sebelah pantai terdapat hutan bakau yang bisa anda jadikan spot foto yang keren.

8. Bulu Saukang


Lokasinya berada di Benteng Gajah, Kecamatan Tompo Bulu, Maros, Sulawesi Selatan. Bulu Saukang merupakan gunung pembatas ikon dari Gowa dan Maros, diatas puncak gunung terdapat tugu pembatas wilayah.

Pemandangan dari puncak sangat indah terlihat pematang sawah dan rindangnya pepohonan hutan berwarna hijau menyegarkan, udara pagi hari sangat menyegarkan ditambah pemandangan sunrise yang indah, butuh sedikit perjuangan untuk mencapai puncak apalagi setelah hujan, jalanan terjal be batuan menjadi licin. Anda bisa mendirikan tenda dan berkemah di puncak.

9. Grand Mall


Berlokasi di Jl. Poros Makassar-Maros KM.20, Kecamatan Mandai, Maros, Sulawesi Selatan. Buka pukul 10.00 – 22.00 WITA. Mall bisa menjadi pilihan wisata belanja yang menyenangkan selain terdapat berbagai macam jenis barang-barang yang menarik desain unik di bagian dalam mall dapat dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable.

Bangunan mall bergaya Eropa ini tidak pernah sepi pengunjung beberapa sudut mall menjadi tempat favorit untuk berfoto seperti patung kuda, pintu masuk, beberapa toserba, dan sudut lainnya.

10. Bukit Kanari Cenrana


Berlokasi di Baji Pamai, Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Suasana bukit tenang dan sejuk saat sore dan pagi hari, namun panas saat siang hari karena tempatnya yang terbuka dan minim pepohonan.

Terdapat beberapa gardu pandang dengan desain yang menarik seperti sayap burung, love, pintu surga, balai panggung dengan bendera di atasnya. Di-puncak bukit anda bisa mendirikan tenda karena lokasinya yang lumayan landai.

11. Air Terjun Lacolla


Berlokasi di Dusun Malaka, Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. HTM Rp 10.000 per orang. Jarak air terjun dari Dusun Malaka hanya sekitar 2 KM, untuk menuju lokasi air terjun pertama tama anda harus melewati anak tangga sebanyak 1001 buah serta melewati tebing setinggi 300 meter.

Lelah dan letih akan terbayar setelah anda sampai ke lokasi. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan, aliran air terjun yang lumayan deras bisa dijadikan sebagai pijat alam untuk mengatasi pegal-pegal, selain mandi anda juga bisa berendam sambil menikmati buih dan kabut yang berasal dari air terjun.

12. Wae Merrungnge


Berlokasi di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. HTM Rp 10.000 per orang. Buka pukul 08.00 – 18.00 WITA. Daya tarik dari tempat ini adalah telaganya yang jernih berwarna biru cerah dilengkapi dengan pohon-pohon rindang di sekitarnya.

Selain indah tempat ini juga sangat sejuk dan nyaman, hal yang bisa anda lakukan adalah berendam dan berenang. Terdapat fasilitas pendukung seperti tempat parkir, mushola, kamar mandi, penginapan, kantin, dan masih banyak lagi.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Kabupaten Maros yang bisa anda tambahkan ke dalam daftar agenda liburan bersama keluarga, teman, atau kekasih. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.