12 Tempat Wisata di Kabupaten Kolaka yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Kabupaten Kolaka berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Topografinya terdiri dari perbukitan, pegunungan, pantai dan beberapa gugusan kepulauan kecil. Membuat tempat wisata di Kabupaten Kolaka memiliki daerah yang sangat indah serta wajib untuk dijelajahi.

Kolaka merupakan potret keindahan alam Indonesia timur yang tidak boleh dilewatkan dan wajib ditambahkan dalam agenda liburan anda. Mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Kolaka tidak akan membuat anda menyesal, malah akan membuat anda ketagihan.

Berikut ada beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Kolaka yang wajib anda kunjungi :

1. Sungai Tamborasi


Sungai Tamborasi merupakan sungai terpendek di Dunia terletak di Tamborasi, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Aliran airnya sangat jernih dan memiliki perbedaan suhu antara hulu dengan hilir. Bagian hulu memiliki suhu air yang dingin sedangkan hilir memiliki suhu air yang hangat.

Terdapat mitos yang cukup terkenal yaitu apabila ada seseorang yang datang ke Sungai Tamborasi dan berhasil mengikatkan tali pada akar pohon maka jodohnya akan segera datang, apabila yang datang sudah berkeluarga maka keluarganya akan semakin harmonis.

Aliran sungai ini mengarah ke bibir pantai dengan view pemandangan alam hutan dan pantai yang sangat indah. Akses menuju lokasi cukup mudah cukup menempuh perjalanan selama 1-2 jam dengan jarak 90 KM dari kota Kolaka. Akses masuk lokasi gratis.

2. Pantai pitura


Terletak di kecamatan Watubangga, Kabupaten Watubangga, Sulawesi Tenggara. Akses menuju lokasi sangat mudah dapat di jangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat karena letaknya dekat dengan jalan raya serta berjarak 75 km dari pusat kota Kolaka. Tempat Wisata di Kabupaten Kolaka satu ini menyimpan sejuta pesona.

Salah satu Pesona yang ditawarkan dari pantai ini adalah keindahan alamnya, pantai dengan pasir putih yang bersih, air laut biru khas teluk Bone yang dihiasi beberapa jenis tanaman bunga serta hutan Pinus yang asri. Yang unik dari tempat ini adalah terdapat ribuan kelelawar yang bergantungan bebas di ranting pohon Pinus.

3. Tanjung Kayu Angin

Pantai ini terletak di Desa Sani-Sani, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Lokasinya cukup mudah di jangkau dan dekat dengan pusat kota Kolaka, hanya berjarak 25 KM.

Pantai ini bisa dibilang Raja Ampatnya Kolaka karena posisi pantai yang terletak diantara pulau-pulau kecil berpasir putih bersih. Selain memiliki pemandangan alam yang indah pantai ini juga merupakan surga para penyelam.

Berada di kedalaman 10-20 M tersembunyi ekosistem terumbu karang yang indah, sehat, dan terjaga yang dihuni berbagai macam spesies hewan laut yang unik dan cantik.

4. Wisata Alam Permandian Ulunggolaka


Terletak di Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latmbaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sekitar 12 km dari pusat kota. Lokasi yang sangat cocok digunakan untuk merelaksasi otot dan stres.

Pemandian air panas ini sangat terkenal di daerah asal dan sekitarnya karena di sekitar lokasi terdapat banyak tebing-tebing kokoh dan gua-gua telaga serta panorama alamnya yang indah karena kelestariannya masih sangat terjaga.

5. Gua Firdaus

Letaknya berada di wisata alam permandian Ulunggolaka. Gua ini terletak di ketinggian 200 MDPL. Di bagian atas gua tumbuh pohon beringin yang sangat besar dan akarnya sampai menembus dinding gua. Di bagian dalam gua terdapat sekumpulan kelelawar yang hidup damai.

Menurut pemangku adat setempat dahulu gua ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan benda-benda pusaka yang memiliki 7 tingkatan, dan dipercaya hanya orang yang memiliki hati bersihkan yang dapat mencapai puncak ke tujuh.

6. Wisata Alam Mangolo


Tempat wisata ini terletak di daerah hutan lindung Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara dengan luas 5.200 hektar. Beberapa tempat wisata menarik yang dapat kita temukan adalah air terjun mangolo yang memiliki air sejuk dan sangat jernih serta pemandian air panas.

Tempat pemandian air panas ini dihiasi tebing dengan bebatuan berwarna merah tua serta air terjun mini ditambah pemandangan hutan hujan tropis yang asri membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan. Jika anda beruntung anda bisa melihat ribuan kupu-kupu cantik yang beterbangan bebas di sekitar pemandian.

7. Danau Biru

Berlokasi di Desa Walasiho, Kabupaten Kolaka Utara. HTM Rp 5.000/orang. Panorama alam yang ditawarkan adalah pesona keindahan dari perpaduan bukit batu yang, rindangnya pepohonan hijau, dan air danau yang berwarna biru. Danau ini memiliki kedalaman 7 meter. Hal yang bisa anda lakukan disini adalah berenang, memancing, snorkeling, dan kegiatan fotografi.

8. Desa Lakuya


Berlokasi di Desa Lakuya, Kecamatan Samaturu, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Tempat wisata satu ini sangat unik dikarenakan terhampar daratan sulfur yang membentang seluas 1 hektar bagaikan padang tandus yang sangat eksotis dengan konstruksi tanah unik yang terbentuk secara alami.

Selain wisata alam sulfur di Desa Lakuya juga terdapat beberapa sumber pemandian air panas yang mengandung belerang dan dapat anda coba. Selain itu tempat ini juga menyimak air terjun yang dengan pemandangan alam yang sangat indah serta gua-gua yang menunggu untuk dijelajahi.

9. Pulau Bintang

Lokasinya berada di Tolala, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Untuk mengakses lokasi ini hanya bisa menggunakan jalur laut selama 30 menit dari Tolala. Pesona tempat ini menjadi surga bagi para wisatawan yang hendak camping atau snorkeling.

Selain menawarkan panoramanya yang indah mulai dari pasir putih bersih yang masih terjaga, keindahan dan keragaman biota alam bawa laut serta gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya, pulau ini juga memiliki beberapa villa dan kolam laut yang disediakan khusus untuk wisatawan.

10. Pulau Padamarang


Terletak di Desa Towau, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Pulau ini merupakan salah satu pulau terbesar di Kabupaten Kolaka yang terletak di sebelah timur Teluk Bone. Akses menuju lokasi dapat ditempuh melalui jalur laut dengan menyewa sebuah kapal Rp 500.000 (PP).

Pulau ini memiliki pasir pantai berwarna putih dan lingkungan yang bersih. Di sekitar pantai terdapat tebing-tebing kokoh yang menjulang tinggi sekitar 300-650 MDPL. Di puncak tebing ditumbuhi beberapa macam jenis flora yang cantik serta pemandangan yang sangat indah. Keindahan lautnya menjadi surga untuk diving dan snorkeling.

11. Pantai Mandra

Berlokasi di Desa Lamokato, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Pantai Mandra merupakan ikon Tempat wisata di Kabupaten Kolaka. Nama Mandra sendiri diambil dari nama seorang artis yang terkenal pada tahun 1990.

Dulunya tempat ini merupakan kawasan hutan bakau yang kemudian diubah menjadi pantai saat pemerintah daerah melakukan perluasan wilayah. Terdapat fasilitas wisata terapi dan penginapan untuk wisatawan yang berasal dari luar daerah. Pantai ini merupakan spot yang pas untuk menikmati keindahan kota Kolaka saat malam hari, menikmati kelezatan kuliner laut khasnya.

12. Air Terjun Uluiwoi


Terletak di Desa Likuwalanapo, Kecamatan Uesi, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju lokasi ini membuat waktu selam 5 jam , dengan 3 jam menggunakan kendaraan dan 2 jam jalan kaki melintasi hutan.

Air terjun ini disebut-sebut sebagai hidden paradise karena lokasinya yang tersembunyi serta akses yang cukup sulit, namun semua akan terbayarkan saat anda sampai di lokasi. Terdapat puluhan anak air terjun dengan ketinggian 5 meter. Sedangkan air terjun utamanya memiliki ketinggian lebih dari 15 meter.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Kabupaten Kolaka yang sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki keindahan alam yang luar biasa. Sekian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Terimakasih.