12 Tempat Wisata di Kabupaten Buton Utara yang Wajib Dijelajahi

Diposting pada

Kabupaten Buton Utara memiliki topografi wilayah berbentuk dataran rendah dan diberkahi dengan tanah yang subur, kekayaan alam yang melimpah berupa bahan tambang seperti aspal dan emas, serta terdiri dari deretan pegunungan di sebelah Utara wilayahnya. Oleh sebab itu banyak tempat wisata di Kabupaten Buton Utara yang perlu diekspos.

Bentuk wilayah yang sedemikian rupa membuat tempat wisata di Kabupaten Buton Utara sangat beragam memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Seperti air terjun, pantai, wisata alam bawah laut, danau, wisata sejarah, kuliner, hingga pemandian air panas.

Berikut ada beberapa tempat wisata di Kabupaten Buton Utara yang tidak boleh anda lewatkan :

1. Pasar Ereke

Lokasinya berada di Lakonea, Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. Buka 24 jam setiap hari. Pasarnya sangat bersih dengan bangunan ruko semi modern.

Pasar Ereke merupakan pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam barang kebutuhan baik mentah maupun matang. Disini anda bisa menemukan beraneka jenis jajanan tradisional dengan harga terjangkau.

2. Pantai membuku


Lokasinya berada di 2 km dari bagian timur kota Ereke, Buton Utara, Sulawesi Tenggara. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi sekitar 3-6 meter, sehingga banyak peselancar yang datang. Selain itu pasir pantainya yang putih membentang luas sepanjang bibir pantai.

Terdapat pula pohon-pohon kelapa yang tumbuh subur di sekitar pantai membuat suasana menjadi lebih sejuk dan asri. Ekosistem terumbu karangnya masih sangat terjaga dan menjadi rumah bagi biota laut yang cantik dan beragam, sangat sesuai untuk anda yang hobi snorkeling.

Selain wisata air, tempat ini juga memiliki spot panjat tebing yang disebut tebing kampa. Jaraknya sangat dekat dengan pantai membuku hanya 75 meter dari bibir pantai.

3. Danau Moloku


Lokasinya berada di Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara, Sulawesi Tenggara. Danau air asin ini memiliki air yang sangat jernih, sehingga para wisatawan dapat dengan mudah melihat kehidupan bawah air seperti ikan dan kerang.

Selain dapat menikmati keindahan alam yang masih sangat terjaga, anda juga bisa mencoba kuliner yang berbahan dasar dari kepiting Soka, karena selain dijadikan objek wisata danau ini sekaligus dijadikan sebagai tempat penangkaran kepiting Soka.

4. Desa lamoahi

Terletak di di Desa Lamoahi, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. Daya tarik utama tempat ini adalah adanya kabundo-bundo atau biasa disebut danau kecil yang memiliki air asin, padahal letaknya berada di pegunungan, hal ini dikarenakan air yang keluar dari celah bebatuan langsung bermuara dengan laut terdekat.

Air yang muncul dari celah bebatuan dapat dilihat langsung oleh mata karena airnya sangat jernih. Terdengar pula suara gemericik air ditambah suasana sejuk dari pepohonan yang rindang membuat siapa saja betah berada disini.

Hal unik lainnya yang bisa anda temukan disini adalah adanya perbedaan waktu pada jam digital. Jadi jika anda datang kemari membawa perangkat jam digital baik itu ponsel maupun jam tangan, penunjuk waktunya akan mundur 1 jam dari waktu sebenarnya. Dari WITA menjadi WIB.

5. Danau Sarambolaea

Terletak di Lemo, Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. HTM Rp 10.000 per orang. Tempat ini memiliki panorama yang indah, air jernih dan sejuk. Bagi yang membawa anak kecil diharapkan berhati-hati karena tebingnya curam dan licin.

6. Pemandian Alam EeNgkapala

Lokasinya hanya berjarak 50 meter dari Pantai Bone kabupaten Buton Utara. HTM Rp 10.000 per orang. EeNgkapala berarti air di dalam kapal. Karena di sekitar danau dikelilingi oleh batu karang yang menyerupai kapal. Ukuran danau air tawar ini tidak terlalu besar dengan kedalaman hanya 10 meter, airnya jernih berwarna kehijauan.

7. Wisata alam Pantai Bone


Berlokasi di Desa Malalanda, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara. Wisata alam ini memiliki pantai pasir putih yang membentang sepanjang 4 KM. Terdapat pula jembatan yang menjorok ke laut sepanjang 300 meter yang dilengkapi dengan gazebo untuk tempat istirahat.

Terdapat beberapa villa dan homestay yang dapat disewa untuk menginap serta tempat pemancingan ikan. Oleh-oleh yang wajib dibawa saat berkunjung kemari adalah ikan asapnya. Rasanya sangat lezat dengan harga yang terjangkau karena homemade.

8. Pemandian Air Panas EeKarede


Lokasinya berada di kaki Gunung Wa Ode Kalowo, Desa Eensumala, Kecamatan Bonengunu, Buton Utara. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit warga sekitar untuk merelaksasi tubuh. Air dalam kolam berasal dari sumber air panas alami yang mengandung belerang.


Karede dalam bahasa setempat berarti mendidih, airnya memang memiliki suhu yang cukup panas sekitar 50 derajat Celsius. Tempat pemandian disini berbentuk kolam berukuran 15×15 meter, dengan lantai besi yang konon peninggalan zaman penjajahan Belanda. Walaupun cukup dalam namun masih aman digunakan anak-anak.

9. Air Terjun La Ocu


Terletak di Desa Buranga, Kecamatan Bonegunu, Buton Utara. Air terjun ini memiliki 2 tingkatan dengan keindahan yang berbeda. Untuk mencapai lokasi anda bisa melewati 2 jalur yang pertama darat dan yang kedua jalur laut.

Biaya sewa mobil per orang kira-kira Rp 55.000 dan untuk jalur laut dibutuhkan biaya sekitar Rp 40.000 harga terus berubah pastikan untuk selalu bertanya lebih dulu.

Tingkatan pertama air terjun memiliki ketinggian 32 meter dan kolam yang tersebar di sekitarnya, namun sebelum mulai berendam pastikan kedalaman kolam pas untuk anda karena kolam memiliki kedalaman yang bervariasi.

Di sekitar air terjun terdapat lahan kosong yang cukup luas dan dapat digunakan untuk camping. Untuk tingkat kedua berada tepat diatas tebing, akses menuju lokasi cukup ekstrem namun akan terbayarkan setelah anda sampai diatas. Karena pemandangannya sangat indah dengan kolam yang sangat jernih.

10. Pantai Mowuru


Berlokasi di Desa Linsowu, Kecamatan Kalisusu, Buton Utara. Akses untuk menuju lokasi lumayan sulit karena harus melewati jalan tanah agak susah saat musim hujan serta menerobos semak belukar. Namun untuk menuju lokasi kini sudah terdapat tangga jadi tidak perlu memanjat lagi.

Pantai ini memiliki pasir putih semi merah muda yang cantik ditambah air lautnya sangat jernih karena masih belum banyak terjamah tangan jahil manusia. Aktivis yang bisa dilakukan di pantai adalah berenang dan menyelam. Tempatnya sangat sejuk dan asri walaupun saat siang hari karena banyak ditumbuhi pohon kelapa.

11. Wisata Sejarah Benteng Wapala


Berlokasi di Bangkudu, Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. HTM Rp 10.000/orang. Benteng ini buka 24 jam dari Senin-Minggu. Dulunya benteng ini dijadikan sebagai tempat pertahanan dari penjajah dan bajak laut, kini benteng ini ditetalkam sebagai cagar budaya daerah.

12. Kebun Coklat Pak Qodirun


Berlokasi di Kotawo, Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. HTM Rp 10.000/orang. Buka 24 jam setiap hari Senin-Minggu. Tempat ini merupakan lokasi yang sangat pas untuk mencoba dan menikmati buah kakao berkualitas di Sulawesi.

Pengunjung bebas menikmati buah sepuasnya di lokasi namun harus membayar jika ingin dibawa pulang. Tidak perlu khawatir dengan harganya karena harga yang ditawarkan terjangkau dengan kualitas buah yang bagus.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Kabupaten Buton Utara yang wajib anda tambahkan kedalam agenda liburan anda. Buton Utara menawarkan pesona keindahan alam Indonesia Timur yang sulit untuk dilupakan. Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.