12 Tempat Wisata di Kabupaten Buton Tengah yang Mempesona

Diposting pada

Buton Tengah adalah sebuah daerah di wilayah Indonesia bagian timur yang memiliki julukan 1000 gua. Masih banyak Tempat Wisata di Kabupaten Buton Tengah yang menarik namun belum banyak diketahui masyarakat. Jika kita mengeksplor keindahan alamnya lebih jauh Buteng memiliki gua alami dengan kolam air yang sangat jernih.

Selain gua dan pemandian alamnya, tempat wisata di Kabupaten Buton Tengah yang wajib untuk dijelajahi berikutnya adalah pantainya. Daerah ini menyimpan banyak sekali pantai pasir putih yang lembut dengan air laut yang jernih berwarna biru serta pesona keindahan sunset sore hari.

Tak lupa ekosistem terumbu karang yang masih sangat terjaga dan menyimpan aneka macam biota laut yang menarik dan cantik. Berikut daftar tempat wisata di Kabupaten Buton Tengah yang bisa anda jadikan inspirasi liburan :

1. Pemandian dan Gua Ma’obu


Berlokasi di Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. HTM Rp 10.000 per orang buka 24 jam. Pemandian ini merupakan sebuah kolam air payau di dalam gua. Airnya sangat jernih karena belum terkontaminasi, berwarna biru, dan sejuk.

Fasilitas yang disediakan sudah cukup untuk mendukung aktivitas disini, walaupun masih minim. Terdapat tangga untuk mempermudah akses menuju ke lokasi.

2. Gua Bidadari

Terletak di Desa Wadiabero, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah. Yang unik dari gua ini adalah terdapat kolam di dalam gua yang memiliki air jernih, sejuk dan segar. Saat akhir pekan banyak warga yang berkunjung kesini hanya untuk melepas penat dengan berenang di dalam gua.

Akses menuju lokasi cukup sulit karena harus melewati bebatuan yang licin jadi harus ekstra hati-hati agar tidak tergelincir.

3. Permandian Gumanano, Mawasangka

Lokasi pemandian ini terletak di Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Akses menuju lokasi cukup mudah jalanan dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 dan roda 4. Pemandian ini terletak di bawah gazebo kecil berbentuk persegi panjang dengan lebar 5 meter dan panjang 10 meter.

Di samping pemandian terdapat dinding batu gamping yang berdiri kokoh setinggi 13 meter. Kolam air tawar ini memiliki air yang sangat jernih dengan warna hijau kebiruan. Di samping itu pemandangan alam yang masih sangat alami menciptakan suasana yang tenang, sejuk, dan nyaman. Sangat pas digunakan untuk melepas penat dan stres.

4. Pantai Gubari atau pantai kenangan


Terletak di Desa Lamena, Mawasangka Timur, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Dinamakan gubari karena masyarakat disini percaya bahwa siapapun yang datang ke pantai ini akan meninggalkan kenangan indah yang sulit dilupakan. Pesona pantai ini dapat dilihat dari pasir putihnya yang lembut membentang luas sepanjang bibir pantai serta airnya yang sangat jernih.

Saat surut tiba akan terlihat terumbu karang yang masih sangat terjaga kelestariannya. Kebersihan pantai sangat terjaga, tidak terlihat sampah yang berserakan. Di pinggir pantai disediakan rumah panggung untuk istirahat. Akses menuju lokasi cukup mudah bisa melewati jalur darat maupun jalur laut.

5. Pantai Wantopi


Berlokasi di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Akses menuju lokasi dapat ditempuh menggunakan jalur darat selama 30 menit dari Labungkari. Pantai ini dulunya berpenghuni namun karena tsunami yang menerjang pada tahun 1992 pulau ini ditinggalkan penduduknya. Pantai ini memiliki air laut yang jernih dan tenang.

Sepanjang bibir pantai ditumbuhi pohon kelapa yang membuat suasana menjadi sejuk. Pantai ini dilengkapi dengan jembatan kayu yang menghubungkan dengan pulau sekitarnya serta villa-villa yang dapat digunakan untuk bersantai dan beristirahat. Area pantai yang luas dan bersih bisa digunakan untuk camping bersama keluarga maupun teman.

6. Pantai Mutiara

Terletak di Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah Sulawesi Tenggara. HTM Rp 10.000 per orang, buka 24 jam setiap hari. Untuk menuju lokasi dapat menggunakan jalur laut dengan waktu tempuh selama 5 jam. Penat saat perjalanan akan terbayar saat anda sampai.

Pantai ini memiliki pasir putih halus membentang sepanjang bibir pantai, sangat cantik dilihat saat air sedang surut karena bisa melihat pulau sekitar seperti Kabaena, Talaga, Pulau Siompu dan Kadatua Buton Selatan. Selain itu pesona sunset yang disuguhkan sangat indah.

Air lautnya sangat jernih dan berwarna biru, anda dapat menghabiskan waktu dengan berenang atau memancing. Terdapat taman yang bisa anda jadikan sebagai spot foto.

7. Benteng Lasayidewa

Terletak di Desa Gumanano, Mawasangka, Buton Tengah. Posisinya sangat dekat dengan pantai mutiara. Benteng ini memiliki 7 pintu dan merupakan benteng peninggalan kesultanan Buton. Dulunya benteng ini digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung dari bajak laut Tobelo. Kini benteng ini hanyalah peninggalan sejarah yang wajib kita jaga dan lestarikan.

8. Pantai Katembe


Terletak di Desa Madongka, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. HTM Rp 5.000 per orang buka 24 jam setiap hari. Katembe dalam bahasa daerah berarti tawar, hal ini dikarenakan terdapat sebuah sumur air tawar disalah satu sudut pantai.

Selain itu pantai ini memiliki pasir putih yang membentang seluas 1.5 KM, dan di sepanjang bibir pantai ditumbuhi pohon kelapa. Ombaknya cukup tenang dengan air jernih berwarna kebiruan. Aktivitas yang bisa dilakukan seperti berenang, memancing, dan snorkeling. Terdapat gazebo untukberistirahat dan kamar mandi.

9. Gua Koo


Terletak di Desa Lantongau, Kecamatan Mawasangka Tengah, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Akses menuju lokasi cukup sulit karena jalan rusak. Gua ini memiliki kedalaman 30 meter.

Pesona yang ditawarkan adalah pantulan cahaya dari air kolam gua yang sangat indah. Disarankan untuk datang pagi hari karena saat siang hari sinar matahari membelakangi gua yang membuat air berwarna gelap.

10. Danau Oemamba


Lokasinya berada di Buton Tengah, Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara. Danau ini terletak tak jauh dari Maobu hanya berjarak sekitar 15-20 menit perjalanan darat.

Terdapat taman yang bisa anda jadikan sebagai spot foto.

11. Pantai Bungi

Terletak di Desa Wantoopi, Kecamatan Mawasangka Timur, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Pantai ini memiliki pasir putih dan berbentuk tanjung yang terbuat dari pasir menuju ke pulau kecil di seberangnya dengan lebar jalanan hanya 15 meter.

Air laut sangat jernih, berwarna biru dan tidak terlalu dalam untuk daerah bibir pantai, serta memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga aman untuk berenang. Bagi anda yang tidak bisa berenang bisa memancing ikan. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah snorkeling.

12. Danau Pasi Bungi


Lokasinya sangat dekat dengan pantai Bungi hanya berjarak 900 meter. Danau air payau ini memiliki diameter 800 meter dan panjang 1 KM merupakan salah satu danau terbesar di Sulawesi Tenggara.

Airnya jernih, terdapat berbagai macam jenis burung yang bersarang di sekitar danau. Ada sebuah legenda yang cukup terkenal di masyarakat mengenai asal mula terbentuknya danau tersebut yang masih dipercaya sampai sekarang. Selain cantik danau ini memiliki aura mistik yang kental.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai tempat wisata di Kabupaten Buton Tengah yang tidak boleh anda lewatkan. Cukup sekian semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.