11 Tempat Wisata di Kabupaten Toraja Utara yang Menawan Dan Recommended

Diposting pada

Toraja menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang enyimpan keindahan tersendiir. Tak heran banyak yang mencari tempat wisata di kabupaten Toraja Utara ini. Bagi anda yang hobi travelling atau berwisata, tentu nama dari Toraja sudah tidak asing lagi bagi anda bukan? Disini sendiri, anda aka menemukan keunikan tersendiri terutama tradisi dan budaya yang dimiliki.
Tempat wisata di Kabupaten Toraja Utara

Di kawasan Toraja Utara sendiri, anda bisa menemukan berbagai macam tempat eksotis yang khas Negara tropis yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat lain. Jika anda tertarik untuk mengunjungi Toraja Utara, berikut ini beberapa daftar tempat wisata di Kabupaten Toraja Utara yang wajib untuk anda kunjungi.

1. Londa


Londa merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat popular. Walaupun tempat ini memberikan kesan yang seram karena ini merupakan makam yang terletak di Toraja, ternyata hal ini tidak menyulutkan minat para wisatawan untuk tidak mengunjungi wisata ini. Londa biasanya dijadikan sebagai destinasi religi dimana tidak sedikit wisatawan yang datang kesini untuk memberikan doa.

Tempat wisata ini sendiri juga cukup mudah untuk dijangkau. Anda bisa datang ke kawasan Lembang Sangbuat, Kesu Kecamatan Tadongkon Kabupaten Toraja Utara. Walaupun kesan mistis cukup terasa, anda dijamin akan betah saat berada di tempat ini karena pemandangan di sekitar yang sangat cantik.

2. Batutumonga


Apabila anda sedang mencari tempat wisata alam yang ada di Toraja maka Batutumonga ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda. Batutumonga sendiri juga memiliki julukan sebagai negeri diatas awan. Hal ini bukan tanpa alasan karena ketika sudah sampai di tempat ini, anda akan melihat hamparan awan yang sangat luas dan indah.

Perpaduan pemandangannya juga sangat bagus. Tempat ini sendiri berada di lereng Gunung Sesean dan kurang lebih 25 km dari pusat kota Rantepao dan 10 km dari kawasan Lolai. Jika anda tidak tahu rutenya, maka anda bisa meminta bantuan dari warga setempat. Nah, untuk pemandangan yang cantik, anda bisa datang kesini saat pagi hari.

3. Tana Toraja


Tempat wisata di Kabupaten Toraja Utara yang satu ini tentu sangat popular bahkan seakan menjadi ikon dari kabupaten ini. Ya, Tana Toraja menjadi tempat yang recommended untuk anda datangi selama berlibur ke tempat ini. Bagi anda yang ingin melihat tradisi dan kebudayaan orang Toraja, maka datanglah ke sini.

Di tempat ini anda bisa melihat keunikan tersendiri dan memperlajari budaya orang Toraja. Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah saat bulan Desember. Hal ini karena saat bulan ini,, anda akan menemuka banyak festival menarik yang digelar. Tak hanya wisatawan local saja. Anda bisa datang ke kawasan Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

4. Limbong


Jika anda masih mencari tempat wisata di Kabupaten Toraja Utara, Limbong ini bisa menjadi pilihan yang terbaik. Setelah anda lelah mengelilingi beberapa tempat wisata di Toraja Utara, maka jangan sampai lupa untuk mampir ke Limbong ini. Dimana ini merupakan sebuah kolam alam yang sangat popular.

Tetapi untuk bisa mencapai ke pemandiannya, anda memang harus melewati medan yang cukup ekstrim yakni harus menaiki beberapa anak tangga. Kendati demikian, ketika sudah sampai ke tempatnya, anda dijamin tidak akan kecewa. Pesona yang dimiliki akan langsung menghipnotis anda. Datanglah ke Desa Limbong Kecamatan Rantepao dengan membayar tiket masuk 10.000 per orang

5. Museum Ne’Gandeng


Di Desa Pelangi tepatnya di Tagasari Kecamatan Balusu, anda bisa menemukan tempat wisata yang sangat unik yakni museum Ne’Gandeng. Ini merupakan salah satu museum yang paling popular di Toraja Utara. Museum ini sendiri dibangun oleh Ne’Gandeng dimana dia merupakan salah satu leluhur tertua di Tanah Toraja. Di tempat ini, anda juga bisa melihat beberapa pondok yang digunakan untuk pemakaman warga Toraja.

Jika anda tertarik, maka anda bisa datang ke Desa Pelangi, Tagasari Kecamatan Balusu denga membayar tiket masuk 10 ribu per orang.

6. Tongkongan Pallawa


Tongkongan Pallawa ini bisa menjadi tempat wisata di Kabupaten Toraja Utara yang akan memberikan pengalaman tidak terlupakan untuk anda. Disini, anda juga bisa menyaksikan upacara tradisi yang sangat kental. Tak hanya itu saja, Tongkongan Pallawa ini dimanfaatkan untuk menyimpan jenazah dengan bangunan rumah ada yang terbuat dari bamboo. Jika anda tertarik untuk datang kesini, segera menuju ke Pallawa Tana Toraja.

7. Kalimbuang Bori


Kalimbuang Bori ini merupakan sebuah situs yang sangat penting karena merupakan situs purbakala yang bisa anda temukan di kawasan Bori. Ini merupakan sebuah kuburan masyarakat Toraja yang sangat unik. Dan disini, juga sering diadakan upacara kematian. Batu-batu yang ada di tempat tersebut sebenarnya digunakan untuk tempat mengingat hewan-hewan.

8. Air terjun Tujuh Tingkat


Di Indonesia hamper setiap kawasan mempunyai air terjun yang sangat eksotis termasuk di Toraja utara tepatnya di Desa Kalean Marintang Simbuang tepatnya di kecamatan Mengkendek. Air terjun ini sendiiri memang mempunyai tujuh tingkat dengan ketinggian yang berbeda-beda. Tempat ini sanat cocok bagi anda yang sedang mencari ketenangan. Selain itu panorama alam yang dihadirkan di tempat ini juga akan membuat anda takjup. Tak sedikit para wisatawan yang mandi di tempat ini.

9. Air terjun Sarambu Assing


Bukan hanya air terjun Tujuh Tingkat yang dimiliki oleh Toraja Utara, air terjun Sarambu Assing ternyata juga menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Toraja Utara yang sangat popular. Jika anda ingin merasakan kedamaian yang jauh dari perkotaan maka datanglah ke sini. Tempat wisata ini sendiri berada di Lembang Patongan tepatnya di kecamatan Bittug. Aksen menuju ke tempat ini tidaklah mudah karena anda harus menuju ke pelosok. Tetapi setelah sampai, anda pasti akan terpesona.

10. Ranteallo


Tempat wisata di Toraja Utara yang selanjutnya adalah ranteallo. Ranteallo ini sendiri menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan berikutnya. Tak hanya wisatawan local saja. Tempat ini jugaa mempunyai keindahan tersendiri dimana anda akan menemukan deretan rumah adat Toraja yangsangat indah. Rumah disini memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Berfoto dengan objek wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

11. Ollon


Jika anda elum puas dengan deretan tempat wisata di kabupaten Toraja Utara diatas maka anda bisa mempertimbangkan untuk datang ke Ollon. Tempat ini sendiri memiliki pesona alam yang sangat cantik yakni berupa hamparan bukit hijau yang sangat luas. Tak sedikit orang yang memutuskan untuk berkemah kesini karena ingin mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Tips untuk datang kesini adalah bawalah kamera yang mendukung untuk menemani kegiatan fotografi anda

Sebenarnya masih ada banyak tempat wisata di kabupaten Toraja Utara yang bisa anda kunjungi. Jika anda belum tahu kemana akan menghabiskan liburan, datanglah ke tempat ini.