11 Tempat Wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang Wajib Anda Kunjungi

Diposting pada

Mendekati pertengahan tahun 2019 yang bertepatan dengan Hari Raya umat Islam, maka sudah sewajarnya jika banyak orang yang telah menyusun rencana liburan di pertengahan tahun ini. Sehingga anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang tentunya sangat memukau.

Tidak dapat dipungkiri jika liburan menjadi salah satu momen yang berharga karena dapat memiliki waktu untuk berkumpul dengan keluarga sembari menghilangkan stres akibat terlalu sibuk bekerja. Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur atau Boltim yang masih sangat asri. Berikut beberapa lokasi berlibur yang harus anda kunjungi, diantaranya :

1. Tanjung Silar


Meskipun dinamai dengan tanjung, tetapi destinasi wisata yang satu ini sebenarnya merupakan sebuah pantai dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Hanya saja di kedua sisinya diapit oleh tebing yang tinggi sehingga dinamakan dengan Tanjung Silar. Dari penampilannya, Tanjung Silar sangat menarik minat wisatawan asing sebab menyerupai Pantai Navagio yang berada di Yunani. Anda bisa mengunjungi Tanjung Silar kapanpun karena akses dibuka selama 24 jam dengan harga tiket sebesar 10 ribu rupiah saja.

2. Air Terjun Dodandian

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang sangat menarik dan asri. Terletak di Desa Matabulu sehingga kerapkali juga dikenal dengan Air Terjun Matabulu dengan ketinggian mencapai 75 meter. Untuk sampai ke air terjun ini, anda harus menempuh perjalanan sejauh 2 kilometer dari Desa Matabulu, dimana 15 menit terakhir harus anda tempuh dengan berjalan kaki karena akses yang masih sangat asri. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah untuk menikmati keindahan air terjun ini.

3. Pantai Abadi

Jika anda menyukai suasana pantai yang masih sangat asri maka Pantai Abadi wajib menjadi destinasi wisata yang akan anda kunjungi saat berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Pantai yang terletak di Kecamatan Nuangan ini akan mengagetkan anda dengan hamparan pasir putih sehalus bedak. Selain itu terdapat jejeran tebing bebatuan di bagian pinggir pantai yang sangat cocok untuk spot foto di pantai ini. Dengan keindahan yang tak tertandingi tersebut, anda cukup membayar 10 ribu rupiah saja agar bisa masuk ke kawasan pantai ini.

4. Air Terjun Purworejo


Merupakan tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang konon dapat menjadi sarana penyembuhan penyakit. Banyak wisatawan domestik percaya bahwa berendam di Air Terjun Purworejo ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan lingkungan yang masih sangat asri karena terletak di kaki Gunung Ambang. Sehingga untuk masuk ke dalam kawasan air terjun memang membutuhkan usaha yang ekstra.

5. Danau Mooat


Danau yang terbentuk dari gunung purba ini menjadi tempat wisata yang sayang jika dilewatkan. Danau yang berada di ketinggian 1100 mdpl ini memiliki kawasan dengan udara sejuk nan dingin yakni sekitar 14 sampai 19 derajat celcius. Danau seluas 617 ha ini dahulu pernah menjadi lokasi pelantikan Raja – Raja Bolaang Mongondow untuk menerima sumpah jabatan. Menurut cerita masyatrakat setempat, Danau Mooat ini terbentuk dari letusan gunung api purba dimana di tengah danau dipercaya terdapat kuburan dengan panjang mencapai 8 meter. Sungguh menarik untuk dikunjungi baik dari segi sejarah maupun keindahan alamanya.

6. Pulau Tiga


Selain menikmati keindahan dari pantai saja, anda juga bisa berkunjung ke kawasan Pulau Tiga. Dimana nantinya anda akan melihat tiga pulau yang saling berjejer rapi yang dikelilingi oleh pantai dengan air yang sangat jernih. Sehingga anda bisa melakukan kegiatan snorkelling untuk melihat berbagai jenis biota laut dan terumbu karang yang sehat. Meskipun begitu, kawasan Pulau Tiga hingga saat ini belum memiliki fasilitas yang memadai sebab tidak dikelola secara langsung oleh pemerintah setempat.

7. Pantai Bungin


Merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Hal tersebut dikarenakan pengelolaan kawasan wisata yang cukup baik dan tersedianya fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas yang tersedia seperti sarana kebersihan, restoran, tempat ibadah, dan lain – lain menambah daya tarik pantai ini selain dari garis pantai sepanjang 2000 meter yang dihiasi dengan pasir putih yang menawan. Anda juga bisa menyewa perahu dari pantai ini untuk menuju ke Pulau Molosing dengan jarak tempuh selama 15 menit.

8. Pemandian Air Panas Bakan


Pemandian Air Panas Bakan menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi karena selalu dipenuhi oleh pengunjung dengan berbagai macam tujuan. Ada yang hanya ingin sekedar berendam di air hangat bersama keluarga atau untuk terapi penyakit. Sebab air hangat memiliki kandungan fosfor yang memang baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan melancarkan peredaran darah. Pemandian yang terletak di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap serta harga tiket masuk yang cukup murah.

9. Tanjung Ompu

Tanjung Ompu sebenarnya merupakan tempat yang diperuntukkan untuk aktivitas penambangan pasir besi yang dilengkapi dengan dermaga kayu untuk bersandarnya kapal – kapal pengangkut hasil tambangan. Tetapi apabila anda ingin menikmati indahnya matahari terbenam di Kabupaten Bolaang, maka Tanjung Ompu menjadi tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang pas untuk menikmati momen sunset. Anda akan disuguhkan dengan perpaduan warna biru muda, kuning, oranye, dan kumpulan awan indah saat momen matahari terbenam yang cocok juga digunakan sebagai latar foto pre – wedding.

10. Pulau Nenas


Jika anda ingin mencari ketenangan saat berlibur, maka mengunjungi Pulau Nenas bisa menjadi solusi yang cocok. Pulau yang tidak berpenghuni ini yang terletak di bagian timur bibir Pantai Tutuyan memiliki alam yang masih sangat asri. Selain itu terdapat danau mini alami di salah satu sisi pulau ini. Pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Bambuyanoi ini bisa anda capai dengan menempuh perjalanan selama 15 -20 menit dari Pantai Tutuyan dengan menggunakan kapal nelayan.

11. Gunung Ambang

Bagi anda yang menyukai petualangan di kala liburan, maka mendaki Gunung Ambang bisa anda jadikan sebagai salah satu agenda saat liburan nanti. Gunung Ambang sendiri sebenarnya secara lokasi terletak di 3 kabupaten yakni Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Ketinggian gunung ini sekitar 1795 mdpl dan bisa anda capai dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit saja dari Kota Kotamobagu.

Setelah mengetahui beberapa tempat wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, maka anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk merencanakan agenda liburan di pertengahan tahun 2019 ini. Selain itu, yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan dan keasrian alam tempat wisata yang anda kunjungi.