10 Tempat Wisata di Kabupaten Buton yang Menawan dan Sulit untuk Dilupakan

Diposting pada

Tempat wisata di Kabupaten Buton sangat beragam dan menarik di kunjungi, selain terkenal dengan daerah penghasil aspal terbaik di Indonesia, tempat ini banyak menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona, kultur budaya yang unik, serta kulinernya yang lezat.

Untuk itu jika anda berkunjung ke Sulawesi Tenggara sempatkan lah untuk menjelajahi dan mengeksplorasi tempat wisata di Kabupaten Buton, dijamin anda akan merasakan pengalaman yang sulit dilupakan, karena tempat ini menyimpan sejuta pesona dan masih banyak yang belum diketahui masyarakat, banyak tempat yang masih sangat alami dan terjaga kelestariannya.

Berikut beberapa daftar tempat wisata di Kabupaten Buton yang bisa anda jadikan inspirasi mengisi waktu liburan :

1. Permandian Mata Air Ki’i


Lokasinya berada di Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. HTM gratis (tergantung izin dari warga setempat), buka 24 jam.Tempatnya sangat dekat dengan perkampungan warga, hanya berjarak 5 menit jalan kaki. Pemandian alam ini berbentuk lingkaran dengan kolam air di tengahnya.

Terdapat dinding batu karang dan beberapa pepohonan sebagai pembatasnya, airnya sangat bening sehingga batu dan ikan kecil dapat terlihat dari permukaan. Tempat ini sering digunakan untuk mandi oleh warga sekitar terutama anak-anak setiap sore karena memiliki air yang sangat segar.

Hal unik yang ada di sini adalah sumber mata air pemandian terhubung langsung dengan laut, jadi saat laut surut air kolam menjadi tawar sedangkan saat laut pasang air kolam menjadi asin. Tak jauh dari lokasi terdapat sebuah rumah adat kecil yang bernama Bantea, biasanya digunakan untuk menjalankan ritual atau pesta.

2. Permandian Baluwu


Berlokasi di Desa Matanauwe, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Pemandian baluwu berbentuk seperti kolam renang besar dengan air berwarna biru kehijauan yang sejuk dan segar, kolam utamanya memiliki kedalaman setinggi dada orang dewasa. Terdapat pula kolam kecil di sebelahnya yang biasa digunakan untuk anak-anak berenang.

Selain digunakan untuk mandi beberapa mata air yang ada disini dimanfaatkan oleh warga untuk mencuci pakaian dan mandi. Terdapat sebuah mitos mengenai asal mula pemandian ini. Pada saat itu ada seorang sultan yang sedang berburu dengan anjingnya, setelah ber jam-jam ia belum juga mendapatkan hasil.

Hingga pada suatu masa anjingnya tidak mau diam dan terus menggonggong pada salah satu lokasi rumput bambu, penasaran akhirnya sultan itu mencabut bambu dan ajaibnya muncul air dari dalam tanah yang kini menjadi pemandian baluwu.

3. Pantai Lembo

Berlokasi di Kelurahan Wakoko, Kecamatan Pasarwajo, Buton, Sulawesi Tenggara. HTM Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil, buka 24 jam. Pantai ini sering menjadi tujuan rekreasi bagi warganya karena memiliki suasana yang sejuk dan asri

Di sekitar pantai banyak ditumbuhi pepohonan rindang yang di bawahnya dapat anda gelari tikar untuk bersantai. Pasir pantainya putih dengan ombak yang tenang sangat nyaman jika anda ingin menyejukkan badan dengan berenang atau sekadar main air.

Selain itu disediakan pula 2 gazebo yang bisa anda gunakan untuk beristirahat atau jika ingin menikmati segarnya hembusan angin laut anda bisa duduk di bangku kayu yang dibangun diatas hamparan batu kerikil.

4. Benteng Lipuogena Takimpo


Berada di Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Jika anda ingin berwisata sejarah tidak ada salahnya untuk mengunjungi benteng ini. Benteng ini berada diatas perkampungan warga, jarak tempuh menuju lokasi hanya 15 menit dari jalan besar.

Menurut bahasa daerahnya Lipuogena berarti Kampung Besar. Material utama dari bangunan benteng ini adalah batu karang dan batu kapur yang di tumpuk kemudian dilekatkan dengan putih telur.

Setelah memasuki pintu gerbang benteng anda akan dapat menemukan beberapa bangunan tua seperti masjid, dan makam. Terdapat pula sebuah Parabela (kursi dari batu) yang berfungsi sebagai tempat pelantikan ketua adat yang baru. Dari atas benteng anda bisa melihat pemandangan teluk Pasarwajo.

5. Bukit Teletubbies

Berada di Desa Wakaokili, PasarWajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Tempat ini merupakan bagian dari Taman Nasional Aopa Watumohai, lokasinya berbentuk lapangan luas yang ditutupi padang rumput berwarna hijau serta angin yang sejuk. Seperti namanya tempat ini memiliki bentuk hampir serupa dengan rumah Teletubbies lengkap dengan beberapa bukit kecilnya.

Saat musim kemarau tiba warna rumput berubah kekuningan. Selain dijadikan tempat untuk bersantai tempat ini juga dijadikan sebagai spot foto seperti foto prewedding, berkemah, dan hiking. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi tempat ini adalah saat sore hari.

6. Wisata Letter Buton


Berlokasi di Kambula Mbulana, Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Tempat ini wajib anda kunjungi jika ingin merasakan wisata kuliner khas Buton, menyediakan tempat makan outdoor dengan menu makanan khas daerah bercita rasa lezat serta harga terjangkau, ditambah dengan pemandangan alam yang indah menghadap laut, serta udara yang segar.

Tersedia pula aneka jenis makanan ringan seperti gorengan dan minuman khas seperti sarabba. Waktu yang pas untuk berkunjung kesini adalah saat sore hari, selain bisa menikmati makanan yang lezat anda juga bisa melihat keindahan matahari terbenam.

7. Air Terjun Wining

Terletak di Desa Kabungka, kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Lokasinya dapat ditempuh selama 30 menit dari kota Pasarwajo. Air terjun ini berada dekat dengan kawasan hutan lindung lambusango, airnya berasal dari sungai wining.

Keindahan air terjun terlihat dari air yang mengalir melewati tebing kapur yang curam, air terjunnya tidak terlalu tinggi namun memiliki aliran air yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan serta bercabang. Dalam satu lokasi bisa terdapat hingga 3-6 cabang air terjun. Selain berfoto anda juga bisa main air, mandi, sekaligus berenang.

8. Air Terjun Kandawu Ndawuna


Lokasinya berada di di Desa Waondo Wolio, Kecamatan Kapuntori, Buton. Akses menuju lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 selama 2 jam dari pusat kota Baubau.

Setelah sampai di poros jalan masuk air terjun hanya bisa dilewati dengan jalan kaki sejauh 2 KM. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30-50 meter. Aliran airnya melewati bebatuan alami yang bertumpuk. Buih yang dihasilkan membentuk kabut tipis yang menutupi pepohonan sekitar.

Suasana sangat asri karena air terjun ini berada di tengah hutan. Di bawah air terjun terdapat sebuah muara dengan air berwarna hijau kebiruan, anda bisa mandi atau hanya sekadar bermain air, bagi yang ingin berenang untuk berhati-hati karena kolam ini cukup dalam.

9. Wisata Kampung Bajo


Terletak di Desa Holimombo, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton. Tempat ini merupakan sebuah pemukiman apung milik suku Bajo, yang unik dari tempat ini adalah suasana kampung yang nyaman dan sejuk serta tidak bau amis, terdapat pula fasilitas umum seperti masjid dan sekolah.

Disini anda bisa belajar mengenai beberapa teknik untuk menangkap ikan khas suku Bajo, atau belajar mengolah bulu babi bersama ibu-ibu setempat, anda juga bisa bermain sampan atau perahu kecil yang biasa digunakan untuk alat transportasi warga. Dermaga kecil diujung kampung merupakan spot terbaik untuk menikmati sunset.

10. Danau Udang Merah


Terletak di di Desa Mopano, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton. Danau ini memiliki ukuran sekitar 70×25 meter yang berada di tengah hutan tepat di belakang Pantai Koguna. Hal unik dari danau ini adalah karena dihuni oleh salah satu spesies udang langka yaitu udang merah, pertama kali ditemukan pada Tahun 1971.

Karena keunikannya danau ini banyak mengundang para ilmuwan untuk menelitinya, jika anda berkunjung kemari anda tidak diperbolehkan untuk main air, berenang, dan menangkap udang merah. Anda hanya diperbolehkan untuk melihat atau memegangnya sebentar kemudian dilepaskan, hati-hati jangan sampai udang mati.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai tempat wisata di Kabupaten Buton yang bisa anda kunjungi diwaktu senggang. Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat. Terimakasih