10 Tempat Wisata di Kabupaten Buton Selatan yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat wisata di Kabupaten Buton Selatan sangat beragam. Busel merupakan sebuah daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Buton pada Tahun 2014 silam. Wilayahnya terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil seperti seperti Pulau Kadatua, Siompu, dan Batu Atas, Pulau ular dan masih banyak lagi.

Karena daerahnya banyak yang berbentuk pulau kecil tempat wisata di Kabupaten Buton Selatan ini banyak menyimpan pantai pasir putih yang sangat indah, wisata sejarah, danau yang unik, serta air terjun yang menawan, masih banyak diantara tempat tersebut yang jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang tersembunyi dan jarang terekspos keluar.

Berikut beberapa daftar tempat wisata di Kabupaten Buton yang bisa anda jadikan alternatif mengisi liburan :

1. Pantai Bahari

Lokasinya berada di Desa Bahari, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, tempat ini berjarak sekitar 40 km dari kota Bau-bau. Akses menuju lokasi dapat ditempuh melalui jalur darat selama 2 jam dari Buton Selatan. Pantai ini pernah menjadi lokasi shooting film Barakati yang dirilis pada Tahun 2014 silam.

Pesona yang paling menarik dari tempat ini adalah batu-batu karangnya yang besar membentuk sebuah pulau pulau kecil. Bisa dibilang pantai ini merupakan Raja Ampatnya Buton Selatan, ditambah hamparan pasir putihnya yang lembut serta air lautnya yang jernih berwarna kebiruan. Saat surut anda bisa melihat hamparan batu karang yang subur.

2. Tugu Buton Selatan


Terletak di Lawela, Batauga, Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Tugu sekaligus taman ini merupakan perbatasan antara kota Baubau dengan Buton Selatan, tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto dan tempat nongkrong anak muda. Taman yang berada di tempat ini bisa dijadikan alternatif jalan-jalan sore hari bersama keluarga, teman, maupun pasangan anda.

3. Wisata Kali Biru


Lokasinya berada di Jl. Pangeran Limboro, Banabungi, Pasar Wajo, Kabupaten Buton Selatan. Dulunya tempat ini bernama Kalilakua yang artinya “Kepala berambut putih”. Kemudian pada tahun 2010 berganti nama menjadi kali biru. Hal ini dikarenakan tempat ini memiliki kemiripan dengan objek wisata kali biru di Kulon Progo.

Tempat ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, daya tarik tempat ini adalah pemandangan alam yang indah, banyak terdapat peninggalan benda-benda kuno seperti meriam, kolam air yang jernih dan bersih serta segar saat digunakan berenang. Menjadi pilihan spot yang nyaman untuk menikmati keindahan sunset, harga makanan yang terjangkau dan lezat.

4. Masjid Tua Wawoangi


Masjid ini cocok untuk anda yang ingin berwisata sejarah religi. Berlokasi di Desa Wawoangi, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Dibangun pertama kali oleh Syekh Abdul Wahid pada tahun 1527.

Keunikan dari masjid ini adalah bangunannya masih asli dan berdiri kokoh, walaupun tidak pernah dipugar selama ratusan tahun. Akses menuju lokasi hanya bisa dilalui dengan jalan kaki atau kendaraan roda 2. Selain memiliki bangunan yang unik pemandangan di sekitar masjid sangat indah, bersih, dan asri. Sangat sejuk dipandang dan nyaman.

5. Pantai Lakadao


Berlokasi di Burangasi Rumbia Selatan, Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan. Akses menuju lokasi hanya bisa di jangkau menggunakan perahu kecil milik warga yang dapat disewa dengan biaya Rp 20.000 per orang. Berjarak 30 menit dari Desa Wabula.

Pantai ini sebenarnya adalah sebuah pulau kecil yang memiliki ukuran panjang 30 meter dan lebar 5 meter. Saat sampai di pulau ini perjalanan panjang yang menegangkan akan terbayar karena pantainya memiliki panorama alam yang sangat indah.

Pasir putih lembut yang membentang luas, air lautnya yang menawan dengan 3 gradasi warna yang berbeda yaitu putih, hijau, dan biru serta pemandangan bawah air yang kaya akan terumbu karang dan biota laut yang cantik. Sangat sesuai untuk Anda yang memiliki hobi diving dan snorkeling.

6. Pantai Jodoh

Berlokasi di Kampung Jodoh, Desa Bola Kecamatan Batauga, Buton Selatan. Saat tiba di Pantai ini anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

Pantai ini memiliki pesona pasir putih bersih yang terlihat lebih indah saat surut datang, karena hamparan pasir putihnya menjadi lebih luas. Ditempat ini pula anda bisa melihat beberapa kapal dan perahu yang lalu lalang dari berbagai daerah. Jika beruntung anda bisa melihat kapal dari luar pulau.

Pantai itu pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar dan bisa digunakan untuk bermain selancar. Pemandangan sunset dan sunrise ditempat ini juga tidak kalah indah. Tersedia pula beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

7. Air Terjun Kasaka


Berlokasi di Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga, Buton Selatan. Akses menuju lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan dari kota Baubau selama 40 menit. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki selama 30 menit menyusuri hutan. Di sebelah air terjun terdapat lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk camping, lingkungannya bersih dan masih sangat alami.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih sangat alami dan terjaga kelestariannya serta suara-suara dari hewan penghuni hutan yang dapat membuat rileks. Setelah sampai di lokasi penat dan letih selama perjalanan akan terbayar, karena air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan segar.

8. Pulau ular


Lokasi pulau ini berada di antara Pulau Kadatua dan Pulau Siompu. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh dengan jalur laut dari pelabuhan Topa dengan menyewa perahu warga sebesar Rp 300.000 PP selama 30 menit. Tempat ini merupakan pulang tak berpenghuni namun tidak dihuni oleh hewan melata seperti namanya.

Pulau ular menyimpan banyak pesona antara lain pasir pantainya yang putih bersih. Air lautnya yang jernih kebiruan serta ikan-ikan kecil yang dapat dilihat dengan jelas dari atas perahu. Sunrise dan sunset dapat dilihat dengan jelas dari tempat ini.

Bagian dalam pulau tersimpan hamparan Padang rumput hijau yang menyejukkan mata dan dapat digunakan sebagai spot foto yang sangat keren. Anda bisa membuat perkemahan kecil di pantai bersama teman dan keluarga.

9. Danau Tei Lalo


Terletak di kecamatan Kadatua, Buton Selatan. Danau ini menjadi sah satu objek wisata andalan masyarakat Kadatua karena danau ini memiliki ke unikan yang tidak dimiliki danau lain pada umumnya yaitu danau ini berbentuk telapak kaki serta sumber mata air danau bergantung pada pasang surutnya air laut.

Padahal danau ini memiliki jarak yang sangat jauh dengan laut serta danau ini memiliki air asin. Terdapat beberapa pohon beringin yang tumbuh subur di sekitar danau membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Di dalam danau hidup berbagai macam jenis ikan, kura-kura, dan penyu. Selain dijadikan sebagai objek wisata tempat ini juga digunakan sebagai tempat latihan para atlet renang.

10. Air Terjun Samparona


Berlokasi di Lipumangau, Sampolawa, Buton Selatan. Perjalanan menuju lokasi dapat di akses menggunakan kendaraan selama 20 menit dari pusat kota Baubau. Setelah sampai di depan jalan poros perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan semak belukar selama +- 1 jam.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter yang keberadaannya diapit oleh dua tebing dan dikelilingi oleh hutan, suasana di sekitar air terjun terasa nyaman, santai, dan sejuk. Airnya jernih dan segar saat digunakan untuk mandi terdapat kolam kecil di dasar air terjun yang dapat dicapai dengan melewati jalan setapak.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai tempat wisata di Kabupaten Buton Selatan yang dapat anda jadikan inspirasi pengisi liburan bersama orang terkasih. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.