10 Tempat Wisata di Kabupaten Bombana Eksotik dan Cantik

Diposting pada

Sedang merencankan waktu untuk berlibur tahun ini tetapi belum memiliki tujuan kemanakah anda kan menghabiskan waktu liburan anda? Jika demikian, mengapa tidak mempertimbangkan untuk datang ke Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara? Ini bukan tanpa alasan sebab kabupaten ini ternyata memiliki daftar tempat wisata yang menarik. Jika anda penasaran dengan tempat wisata di Kabupaten Bombana ini, anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Berbicara soal Sulawesi memang tidak pernah ada habisnya. Termasuk Sulawesi Tenggar. Hal ini tidak lain karena banyaknya keindahan alam yang akan menghipnotis diri anda di tempat ini. Memiliki bentang alam yang cukup unik, tak heran apabila banyak tempat wisata di Kabupaten Bombana. Jika anda masih belum memiliki informasi banyak seputar tempat wisata disini, simak ulasan dibawah ini.

1. Goa Batu Buri


Jika anda mencari wisata alam yang disini, datanglah ke Goa Batu Buri. Tempat ini ternyata mempunyai keunikan tersendiri dimana anda akan melihat adanya bebatuan yang sangat indah berupa stalaktit dan stalakmit. Disini, anda juga bisa menyaksikan lukisan yang diperkirakan berasal dari zaman prasejarah.

Tak hanya itu saja, kabarnya, Goa ini juga dijadikan sebagai tempat Ratu Indaulu untuk tinggal sebelum membangun istana. Jika anda tertarik, anda bisa datang ke Desa Lengora, Kabena Barat, Bombana Sulawesi Tenggara.

2. Desa Wisata Tangkeno


Tak hanya kawasan di jawa saja yang memiliki desa wisata, ternyata kabupaten Bombana juga memiliki desa wisata yang sangat popular yakni desa wisata Tangkeno. Tempat ini ternyata juga dijadikan sebagai ikon wisata di kabupaten Bombana ini.

Selain itu, desa ini ternyata juga memiliki julukan negeri ditas awan lantaran letaknya yang berada di daerah penggunungan. Ketika baru pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini, anda dijamin tidak akan kecewa. Tertarik untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata, anda bisa datang ke Desa Tangkeno kecamatan Kabaena Tengah. Jangan lupa untuk membawa kamera.

3. Pulau Sagori


Pulau Sagori ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk anda kunjungi. Inilah yang menjadi daya tarik di tempat ini. Disini, anda juga bisa melihat keunikan yakni berupa karang yang memiliki bentuk berupa cincin karang. Tak hanya itu saja, anda juga bisa melihat garis pantai yang panjang melengkung.

Pantai berpasir putih ini juga menjadi salah satu lokasi favorit bagi para wisatawan untuk berburu foto. Tak hanya itu saja, keindahan pantai tersebut juga dipadukan dengan adanya pohon cemara yang menambah keindahan di tempat ini. Jika anda berencana untuk kesini, anda bisa datang ke Kecamatan Kabena Barat, Kabupaten Bombana. Kemudian menyeberang dari pelabuhan Sikeli kurang lebih 20 menit.

4. Hutan bakau di Pulau Kabaena


Jika anda ingin menyusuri hutan Bakau yang ada di Kabupaten Bombana ini, maka disarankan untuk mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bombana yang satu ini yakni Hutan Bakau di Pulau Kabena. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai petualangan dimana menyusuri hutan Bakau disini bisa menjadi pengalaman menarik untuk anda.

Tempat ini juga banyak dijadikan sebagai destinasi wisata ketika musim liburan. Salah satu kegiatan menarik disini adalah menyaksikan matahari tenggelam. Hembusan angina di tempat ini juga akan membuat anda tenang.

5. Pulau Motaha


Selain keindahan pulau Sagori, Pulau Motaha ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan di kabupaten Bombana ini. Pulau yang berlokasi di Kabena ini ternyata juga menyuguhkan keindahan tersendiri.

Dimana ketika sudah sampai di tengah pulau, anda bisa menemukan sebuah danau bernama danau Penyu. Danau tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil dan dikelilingi oleh batu karang. Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang mencari ketenangan jauh dari perkotaan.

6. Pulau Mutiara


Masih ada lagi pulau di Kabupaten Bombana yang menarik yakni pulau Motaha. Pulau ini sendiri ternyata juga banyak dijadikan destinasi wisata ketika liburan. Pulau yang berlokasi sebelah pelabuhan Kasipute ini ternyata mempunyai pesona alam cantik dimana terdapat pantai berpasi putih dengan gradasi laut yang indah.

Selain itu, pulau ini sendiri terdiri dari 4 pulau kecil yang mengelilinginya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini. Tak hanya itu saja, tiket masuk yang harus anda keluarkan juga sangat terjangkau.

7. Air terjun Lameroro


Jika anda ingin menyaksikan pesona air terjun yang dimiliki oleh Kabupaten Bombana maka anda bisa datang ke Air Terjun Lameroro. Air terjun ini sendiri menjadi pilihan bagi para wisatwan karena akan menghadirkan ketenangan tersendiri di jiwa.

Air terjun yang indah tersebut semakin lengkap karena dipadukan dengan hutan dengan pepohonan yang rindah. Akses untuk menuju ke tempat ini juga tidak sulit. Tetapi anda harus berhati-hati ketika akan berenang karena aliran sungai yang cukup deras.

8. Pulau Kondo


Masih ada lagi tempat wisata di Kabupaten Bombana yang layak untuk anda kunjungi yakni pulau Kondo. Walaupun tempat wisata ini baru dibuka, tetapi antuasias para masyarakat patut anda acungi jembol. Pasalnya tempat wisata yang ada di Bombana ini akan selalu ramai oleh para wisatawan.

Disini anda akan disuguhi dengan pesona pantai dengan hamparan pasir putih dengan terumbu karang yang sangat cantik. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota, kendati demikian pulau ini dijamin tidak akan membuat anda kecewa. Jika anda tertarik untuk datang kesini, anda bisa datang ke Desa Ranokomea, Kecamatan Paleang Barat.

9. Wisata Air Panas Desa Tahi Ite


Jika anda sudah lelah untuk mengunjungi deretan tempat wisata di Kabupaten Sulawesi Tenggara, maka anda bisa menyegarkan tubuh anda dengan berendam di air panas di desa Tahi Ite. Ya, ini merupakan tempat wisata yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda.

Disini, anda akkan melihat pemandian air panas alami dengan pesona alam disekitar yang dijamin tidak akan mengecewakan anda. Sayangnya, fasilitas di tempat wisata ini belum cukup lengkap. Walaupun demikian, tempat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda.

10. Bukit Teletubies Tinabite


Selain di kawasan bromo, anda juga bisa menemukan Bukit Teletubies di Kabupaten Bombana ini. Tepatnnya berlokasi di desa Tinabite Kecamatan Lantary Jaya. Ketika sampai di tempat ini, mata anda langsung disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat cantik berupa sabana yang mirip dengan New Zealand.

Lokasi dari bukit ini sendiri berada di kawasan perkembunan tebu milik dari PT Jhonlin Batu Mandiri dan berbatasan dengan Kabupaten Konawe Selatan di sebelah Utara. Datang kesini, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen terbaik

Demikian 10 daftar tempat wisata di Kabupaten Bombana yang bisa anda kunjungi. Jika anda masih bingung kemanakah akan menghabiskan waktu liburan, anda bisa datang ke Kabupaten Bombana saja.